Senin, 16 Maret 2015

Tips Menjadi Mahasiswa Gaul

Kuliah memang tugas yang sangat penting yang harus kamu jalani sebagai tanggung jawabmu , tapi sebagai manusia apalagi seorang mahasiswa yang cenderung berusia yang masih muda, maka amat disayangkan apabila kamu tidak memanfaatkan masa muda kamu tersebut. Atau dengan kata lain, masa muda kamu hanya diisi dengan kuliah dan kuliah. Jiwa kita juga memiliki kebutuhan sosial yang dilakukan dengan berinteraksi dengan banyak orang, memiliki banyak teman, dan lain sebagainya. Dibawah ini terdapat 8 tips agar kamu bisa menggunakan sedikit waktu kamu untuk bersosialisasi.




Ikuti sebuah klub

Pilih sebuah klub yang sesuai dengan minat. Misalkan kamu suka dengan dunia jurnalistik, maka cobalah untuk bergabung dengan salah satu klub jurnalistik di kampus ataupun di luar kampus. Dengan masuk menjadi anggota klub, kamu akan mendapat kesenangan dan hiburan karena telah melakukan hal yang kamu sukai. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru yang kemungkinan bisa dijadikan teman.


Mempertimbangkan untuk berolahraga

Biasanya di kampus-kampus terdapat banyak unit atau perkumpulan suatu bidang olahraga yang keanggotaannya terbuka untuk seluruh mahasiswa. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencoba salah satu jenis olahraga yang kamu sukai. Selain membuat badan sehat, dengan ikut bergabung dalam unit olahraga di kampus kamu juga akan memperbanyak relasi pertemanan.


Kuliah prioritas pertama

Jangan pernah lupa dengan kewajiban kamu sebagai mahasiswa. Sebelum kamu ikut serta dalam sebuah klub atau melibatkan diri dengan kegiatan di luar kegiatan pendidikan, pastikan bahwa kamu menempatkan kuliah kamu sebagai prioritas utama. Hal ini penting agar nantinya kamu tidak terlalu asik dengan dunia sosial kamu.


Selalu luangkan waktu untuk bermain bersama temanmu

Walaupun kamu mempunyai berjuta hal untuk dilakukan, luangkanlah waktu untuk bisa bersenang-senang dengan teman kamu walaupun hanya sekedar makan malam. Hal ini bermanfaat agar otak kamu bisa beristirahat. Dan ketika kamu kembali dengan rutinitas, kamu kamu akan merasa lebih senang dan lebih segar.


Kombinasikan antara sekolah dengan bersenang-senang

Menurut kata dalam peribahasa “ Menyelam sambil minum air”. Kamu bisa mempraktikan peribahasa tersebut dalam kehidupanmu. Kamu bisa belajar bersama atau belajar kelompok dengan beberapa temanmu. Selain mendatangkan manfaat pendidikan bagi kamu, hal ini sekaligus juga bisa sambil bermain-main.


Jalani dengan santai

Kuliah mungkin benar-benar membuat kamu stress, namun jangan terlalu dipikirkan. Buat diri kamu santai menatap hari-hari kuliah kamu. Hal ini dapat membuat tugas kuliah kamu yang segunung itu terasa lebih ringan karena kamu melaksanakannya dengan santai.


Lakukan beberapa hal secara bersama-sama

Mahasiswa kuliah terkenal dengan individualisme, apalagi mahasiswa yang kuliah di kampus yang menerapkan sistem siapa yang rajin maka dia yang akan cepat lulus kuliah. Hal ini berbeda dengan sistem di SMA yang siswanya masuk SMA bersama luluspun bersama-sama. Walaupun kamu seorang yang sangat mandiri sehingga kamu bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Akan lebih baik apabila kamu dapat melakukannya secara bersama-sama. Misalnya, kamu terbiasa makan sendiri atau berbelanja sendiri, hal ini memang bisa dilakukan dengan efektif atau tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Tapi, cobalah untuk melakukannya bersama-sama dengan teman kamu hal yang sederhana dapat menjadi sebuah hiburan yang menyenangkan bagi diri kamu.


Terima berbagai undangan yang datang

Apabila teman kamu mengajak kamu untuk ikut dalam suatu klub atau perkumpulan, tidak ada salahnya untuk menerima undangan teman kamu tersebut dan mencoba untuk hadir. Kamu bisa mencoba hal baru yang mungkin akan menjadi hobi baru kamu. Selain itu kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru.


Ingat bahwa sosialisasi juga penting

Menjadi mahasiswa yang baik dengan selalu belajar, mengerjakan tugas memang hal yang baik. Tapi perlu kamu ingat, mengerjakan hal-hal tersebut bukanlah suatu hal yang susah untuk dilakukan. Kesempatan besar selagi kamu kuliah yaitu, kamu dapat menambah pengalaman kamu untuk bertemu dengan orang-orang, menjalin hubungan persahabatan dan membangun koneksi dengan orang lain. Jangan biarkan diri kamu terjebak dengan segala aktivitas kuliah.

Tidak ada komentar: