Kamis, 25 Desember 2014

Makalah kepribadian Muhammadiyah

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Latarbelakang yang mewarnai dilahirkanya Kepribadian Muhammadiyah adalah masuknya pemikiran dan cara-cara politik dalam mengelola dan menggerakan Muhammadiyah setelah Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia) dibubarkan dan orang-orang Muhammadiyah yang berkecimpung di Partai Politik Islam tersebut kembali ke Muhammadiyah.
Muhammadiyah sebagai organisasi dan gerakan sosial keagamaan didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan (1868-1923) pada awal abad kedua puluh, tepatnya pada 8 Dzulhijjah 1330 H, bersesuaian dengan tanggal 18 Nopember 1912. Pendirian organisasi ini, antara lain, dipengaruhi oleh gerakan tajdîd (reformasi, pembaruan pemikiran Islam) yang digelorakan oleh Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhab (1703-1792) di Arab Saudi, Muhammad ‘Abduh (1849-1905), Muhammad Rasyîd Ridhâ (1865-1935) di Mesir, dan lain-lain.
Masing-masing tokoh tersebut memiliki corak pemikiran yang khas, berbeda satu dengan yang lain. Jika Muhammad ibn ‘Abd al-Wahhâb menekankan pemurnian akidah, sehingga gerakannya lebih bersifat puritan (purifikasi), maka Muhammad ‘Abduh lebih menekankan pemanfaatan budaya modern dan menempuh jalur pendidikan, dan karena itu, gerakannya lebih bersifat modernis dan populis.
 Sementara itu, Rasyîd Ridhâ menekankan pentingnya keterikatan pada teks-teks al-Qurân dalam kerangka pemahaman Islam, yang dikenal dengan al-Rujû’ ilâ al-Qur’ân wa al-Sunnah (kembali kepada al-Qur’an dan al-Sunnah). Oleh karena itu, gerakannya lebih bersifat skriptualis (tekstual), yang kelak menjadi akar fundamentalisme (al-ushûliyyah) di Timur Tengah (Syafiq A. Mughni, 1998).
B. Rumusan Masalah.
1. Untuk mengetahui Pengertian dan fungsi Kepribadian
        Muhammadiyah
2. Apakah Muhammadiyah itu?
3. Dasar dan amal usaha Muhammadiyah.
4. Pedoman amal usaha dan perjuang Muhammadiyah.
5. Sifat-sifat Muhammadiyah.














BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kepribadian Muhammadiyah
Kepribadian Muhammadiyah adalah rumusan yang menggambarkan hakekat Muhammadiyah, serta apa yang menjadi dasar dan pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah, serta sifat-sifat yang dimilikinya. Fungsi Kepribadian Muhammadiyah
Kepribadian Muhammadiyah berfungsi sebagai Landasan, Pedoman, dan Pegangan bagi gerak Muhammadiyah menuju cita-cita terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Kepribadian Muhammadiyah itu mengandung empat pokok pikiran :
1. Apakah Muhammadiyah itu?
2. Dasar dan amal usaha Muhammadiyah.
3. Pedoman amal usaha dan perjuang Muhammadiyah.
4. Sifat-sifat Muhammadiyah.
Sejarah dirumuskannya “kepribadian muhammadiyah”
“Kepribadian Muhammadiyah” ini timbulnya pada waktu Muhammadiyah dipimpin oleh Bpk. Kolonel H.M. Junus Anis, ialah periode 1959 – 1962.“Kepribadian Muhammadiyah” ini semula berasal dari uraian Bpk. K.H. Faqih Usman, sewaktu beliau memberikan uraian dalam suatu latihan yang diadakan oleh PP. Muhammadiyah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pada saat itu almarhum K.H. Faqih Usman menjelaskan “Apa sih Muhammadiyah itu?”
Kemudian oleh PP di musyawarahkan bersama-sama pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur (H. M. Saleh Ibrahim), Jawa Tengah (R. Darsono) dan Jawa Barat (H. Adang Afandi). Sesudah itu disempurnakan oleh suatu team yang antara lain terdiri dari; K.R. Muh. Wardan; Prof. KH. Farid Ma’ruf; M. Djarnawi Hadikusuma; M. Djindar Tamimy; kemudian terus membahas pula Prof. H. Kasman Singodimejo, SH. disamping pembawa prakarsa sendiri Bapak KH. Faqih Usman. Setelah rumusan itu sudah agak sempurna, maka diketengahkan dalam sidang Tanwir menjelang Muktamar ke-35 itulah “Kepribadian Muhammadiyah” mendapatkan pengesahan setelah mengalami usulan-usulan penyempurnaan.
Dengan demikian maka rumusan “Kepribadian Muhammadiyah” yang sekarang ini adalah merupakan hasil yang telah disempurnakan dalam Muktamar setengah abad ke-35 pada tahun 1962, akhir periode pimpinan H. M. Junus Anis.
Apakah kepribadian muhammadiyah itu?
Sesungguhnya Kepribadian Muhammadiyah itu merupakan ungkapan dari kepribadian yang memang sudah ada pada Muhammadiyah sejak lama berdiri. KH. Faqih Usman pada saat itu hanyalah mengkosntantir, mengidharkan apa yang telah ada. Jadi bukan merupakan hal-hal yang baru dalam Muhammadiyah. Adapun mereka yang menganggap bahwa Kepribadian Muhammadiyah sebagai perkara baru, hanyalah karena mereka mendapati Muhammadiyah dalam keadaan yang tidak sebenarnya.
KH. Faqih Usman sebagai seorang yang telah sejak lama berkecimpung dalam muhammadiyah, sudah memahami benar apa seseungguhnya sifat-sifat khusus/ciri-ciri khas dari Muhammadiyah itu. Karena itu, kepada mereka yang tidak berlaku sewajarnya dalam muhammadiyah, beliaupun dapat memahami dengan jelas.
Yang dirasakan benar oleh almarhum bahwa Muhammadiyah itu sebagai Gerakan Islam berdasar Islam, menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya bukan dengan jalan politik, bukan dengan jalan ketatanegaraan, melainkan dengan melalui pembentukan masyarakat, tanpa memperdulikan bagaimana struktur politik yang menguasainya. Zaman penjajahan Belanda, zaman militerisme Jepang, dan sampai dengan zaman kemerdekaan Republik Indonesia. Muhammadiyah tidak buta politik, Muhammadiyah tidak takut politik. Tapi Muhammadiyah bukan partai politik. Muhammadiyah tidak mencapuri soal-soal politik; tetapi apabila soal-soal politik memasuki Muhammadiyah, ataupun soal-soal politik itu mendesak-desak urusan agama Islam maka terpaksalah Muhammadiyah bertindak menurut kemampuanya dan menurut irama dan nada Muhammadiyah.
Sejak partai politik Islam Masyumi dibubarkan oleh Presiden Sukarno, maka warga-warga Muhammadiyah yang selam ini berjuang didalam medan politik praktis, merekapun masuk kembali dalam Muhammadiyah. Merekapun berjuang dan beramal dalam Muhammadiyah dengan masih membawa cara dan lagu-lagu berpolitik cara partai. Oleh almarhum KH. Faqih Usman dan PP Muhammadiyah pada saat itu, cara-cara yang demikian dirasakan sebagai cara-cara yang dapat merusak nada dan lagu Muhammadiyah. Muhammadiyah telah mempunyai cara perjuangan yang khas Muhammadiyah bukan bergerak untuk Muhammadiyah sebagai golongan, Muhammadiyah bergerak dan berjuang untuk tegaknya Islam, untuk kemenangan kalimah Allah untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Hanya saja Islam yang digerakkan oleh Muhammdiyah adalah Islam yang sadajah, Islam yang lugu/apa adanya, Islam yang menurut al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw. dan menjalankan dengan menggunakan akal pikiran yang sesuai dengan ruh Islam.
Dengan demikian, diperlukan untuk dipahamkan kepada para warga Muhammadiyah, apakah sebenarnya Muhammadiyah, dan bagaimana cara membawa/ menyebar luaskannya. Menyebarkan faham Muhammadiyah itu pada hakikatnya menyebarkan Islam yang sebenar-benarnya dan karena itu cara-caranya perlu mengikuti bagaimana Rasulullah saw. menyebarluaskan Islam pada mula-mula pertumbuhannya.
Memahami “Kepribadian Muhammadiyah”
Memahami Kepribadian Muhammadiyah berarti:
1. Memahamai apa sebenarnya Muhammadiyah
2. Karena Muhammadiyah ini sebagai organisasi, sebagai suatu persyarikatan yang berasaskan Islam maka perlu pula difahami Islam yang bagaimanakah yang hendak ditegakkan dan dijunjung tinggi itu, mengingat telah banyaknya kekaburan-kekaburan dalam Islam di Indonseia ini. Dan ini pulalah yang hendak dipergunakan mendasari atau menjiwai segala amal usaha Muhammadiyah sebagai organisasi.
3. Kemudian dengan sifat-sifat yang kita contoh atau kita ambil dari bagaimana sejarah da’wah Rasulullah yang mula-mula dilaksanakan, itu pulalah yang kita jadikan sifat-sifat gerak da’wah Muhammadiyah, dengan kita sesuaikan pada keadaan dan kenyataan-kenyataan yang kita hadapi.
Kepada Siapa Kepribadian Muhammadiyah Ini Kita Pimpinkan/ Berikan?
Seperti diatas telah kita uraikan, bahwa kepribadian ini pada dasarnya adalah memberikan pengertian dan kesadaran kepada warga kita, agar mereka itu tahu tugas kewajibannya, tahu sandaran atau dasar-dasar beramal usahanya, juga tahu sifat-sifat atau bentuk/nada-nada bagaimana mereka para warga pada saat melaksanakan tugas kewajibannya.

Lalu Bagaimana Cara Memberikan Atau Menuntunkan?
Tidak ada cara lain memberikan atau menuntunkan kepribadian Muhammadiyah ini kecuali harus dengan teori dan praktek penamaan, pengertian dan pelaksanaan-pelaksanaan.
1. Penandasan atau pendalaman pengertian da’wah/ bertabligh.
2. Menggembirakan dan memantapkan tugas berda’wah. Tidak merasa minderwaardig (rendah diri) dalam menjalankan da’wah walaupun dengan tidak memandang rendah dan busuk kepada saudara-saudara kita yang bertugas dalam lapangan lainya (politik, ekonomi, seni-budaya dan lain-lain).
3. Kemudian kepada mereka para warga hendaklah ditugaskan dengan tentu-tentu, bukan hanya dengan sukarela. Bila diperlukan dengan cara-cara yang mengikat seperti dengan perjanjian, dengan bai’at dan lain-lain.
4. Sesuai dengan masa sekarang, perlu dengan musyawarah sekarang yang sifatnya mengevaluasi tugas-tugas itu.
5. Sesuai dengan suasana sekarang, perlu pula dengan formalitas-formalitas yang menarik yang tidak melanggar hukum-hukum agama dan juga dengan memberikan bantuan logistik.
6. Pimpinan Cabang/Ranting bersama-sama anggota-anggotanya memusyawarahkan sasaran-sasaran yang dituju, bahan-bahan yang dibawakan petugas-petugas dibagi menurut kemampuan dan sasaran-sasarannya.
7. Pada musyawarah evaluasi, sekalian dapat ditambahkan bahan-bahan atau bekal yang diberikan kepada warga yang sebagai muballighin/muballighat.
Sejarah Lahirnya Kepribadian Muhammadiyah
Muhammadiyah adalah persyarikatan yang merupakan Gerakan Islam. Maksud gerakanya ialah Dakwah Islam dan Amar Ma’ruf nahi Munkar yang ditujukan kepada dua bidang: perseorangan dan masyarakat . Dakwah dan Amar Ma’ruf nahi Munkar pada bidang pertama terbagi kepada dua golongan: Kepada yang telah Islam bersifat pembaharuan (tajdid), yaitu mengembalikan kepada ajaran Islam yang asli dan murni; dan yang kedua kepada yang belum Islam, bersifat seruan dan ajakan untuk memeluk agama Islam.
Adapun da’wah Islam dan Amar Ma’ruf nahi Munkar bidang kedua, ialah kepada masyarakat, bersifat kebaikan dan bimbingan serta peringatan. Kesemuanya itu dilaksanakan dengan dasar taqwa dan mengharap keridlaan Allah semata-mata.
Dengan melaksanakan dakwah Islam dan amar ma’ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, Muhammadiyah menggerakkan masyarakat menuju tujuannya, ialah “Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.
Pemikiran baku tentang “ Kepribadian Muhammadiyah “ merupakan hasil keputusan Muktamar ke 35 (Muktamar setengah Abad) tahun 1962 di jakarta. Konsep awalnya berasal dari ceramah KH Faqih Usman pada masa kepemimpinan PP Muhammadiyah pereode 1959-1962 di bawah Ketua HM Yunus Anis. Ceramah itu berjudul “ Apa sih Muhammadiyah itu?” yang kemudian ditindak lanjudi tim perumus , untuk selanjudnya dibahas di Tanwir pada tanggal 25-28 Agustus 1962 dan akhirnya diputuskan di Muktamar ke 35 itu.
Apakah muhammadiyah itu?
Muhammadiyah adalah suatu persyarikatan yang merupakan “Gerakan Islam”. Maksud geraknya ialah, “Da’wah Islam & amar ma’ruf nahi munkar” yang ditujukan kepada dua bidang: perseorangan dan masyarakat. Da’wah dan amar ma’ruf nahi munkar pada bidang yang pertama terbagi kepada dua golongan: kepada yang telah Islam bersifat pembaharuan (tajdid), yaitu mengembalikan kepada ajaran-ajaran Islam yang asli murni; dan yang kedua kepada yang belum Islam bersifat seruan dan ajakan untuk memeluk agama Islam. Adapun da’wah dan amar ma’ruf nahi munkar yang kedua, ialah kepada masyarakat, bersifat perbaikan, bimbingan dan peringatan. Kesemuanya itu dilaksanakan bersama dengan bermusyawarah atas dasar taqwa dan mengharap keridlaan Allah semata.
Dengan melaksanakan da’wah dan amar ma’ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, Muhammadiyah menggerakkan masyarakat menuju tujuannya, ialah “terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”..
Dasar Dan Amal Usaha Muhammadiyah
Dalam perjuangan melaksanakan usahanya menuju tujuan terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, dimana kesejahteraan, kebaikan dan kebahagiaan luas-merata, Muhammadiyah mendasarkan segala gerak dan amal usahanya atas prinsip-prinsip yang tersimpul dalam Muqaddimah Anggaran Dasar, yaitu:
1. Hidup manusia harus berdasar tauhid, ibadah, dan taat kepada Allah.
2. Hidup manusia bermasyarakat.
3. Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan berkeyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat.
4. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ikhsan kepada kemanusiaan.
5. Ittiba’ kepada langkah dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
6. Melancarkan amal usaha dan perjuangannya dengan ketertiban organisasi
Pedoman Amal Usaha Dan Perjuangan Muhammadiyah
Menilik dasar prinsip tersebut di atas, maka apapun yang diusahakan dan bagaimanapun cara perjuangan Muhammadiyah untuk mencapai tujuan tunggalnya harus berpedoman “ Berpegang teguh akan ajaran Allah dan Rasul-Nya, bergerak membangun disegenap bidang dan lapangan dengan menggunakan cara serta menempuh jalan yang diridhai Allah.”
Sifat Muhammadiyah
Menilik: (a) Apakah Muhammadiyah itu, (b) Dasar amal usaha Muhammadiyah dan (c) Pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah, maka Muhammadiyah memiliki dan wajib memelihara sifat-sifatnya, terutama yang terjalin di bawah ini:
1. Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan.
2. Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah.
3. Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam.
4. Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan.
5. Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah.
6. Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik.
7. Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud ishlah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam.
8. Kerjasama dengan golongan Islam manapun juga dalam usaha menyiarkan dan mengamalkan agama Islam serta membela kepentingannya.
9. Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun Negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT.
10. Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana.
BAB III
PENUTUP
Demikian yang penulis sampaikan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan di atas maka dapat disimpulkan beberapa haldiantaranya sebagai berikut ::
1. Hidup manusia harus berdasar tauhid, ibadah, dan taat kepada Allah.
2. Hidup manusia bermasyarakat.
3. Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan berkeyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat.
4. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ikhsan kepada kemanusiaan.
5. Ittiba’ kepada langkah dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
6. Melancarkan amal usaha dan perjuangannya dengan ketertiban organisasi
.B.Saran
Penulis berharap semoga makalah ini dapat menjadi salah satu referensi untuk mengetahui tentang Kepribadian Muhammadiyah.

DAFTAR PUSTAKA
- khusnulurifah. kepribadian-muhammadiyah.
- http://ragelsaputra.blogspot.com/2012/06/kepribadian-muhammadiyah.html
- http://batang.muhammadiyah.or.id/content-77-sdet-kepribadian-muhammadiyah.html
- http://programbrsjhk2011umj.blogspot.com/2011/11/kepribadian-muhammadiyah-agus-tri.html


10 Kiat Sukses Membuka Usaha Makanan

Apakah anda sering mendengar ucapan, “Yang namanya urusan makanan itu lain lagi urusannya, tak bisa di ganggu gugat”, maling atau perampok sekalipun mereka berbuat itu untuk apa?.. Ya, anggapan tersebut memang ada benarnya, karena kebutuhan manusia akan makan dan minum sudah menjadi kebutuhan pokok yang sama sekali tidak bisa ditunda-tunda.
Dalam kondisi menghemat pun mungkin Anda bisa sengaja mengerem membeli keperluan sekunder, seperti pakaian beserta aksesorisnya. Tapi coba saja dalam kondisi lapar, Anda pasti tidak akan sungkan-sungkan untuk mengeluarkan kocek berapa pun untuk membeli makanan.
Dengan demikian, tak heran bila beberapa tahun belakang ini banyak pebisnis makanan betebaran di mana-mana, mulai dari pedagang makanan tradisional dengan istilah pedagang kaki lima, hingga pedagang makanan modern yang diklaim sebagai pengusaha kafe dan restoran. Mungkin Anda pun kini bisa mulai mencoba hal serupa.
Kendati demikian, bukan berarti untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda cenderung memilih membuka kafe dan resto sebagai permulaan usaha makanan Anda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di beberapa daerah di Indonesia, rata-rata pendapatan para pengusaha makanan dan minuman kaki lima dan rumahan berada di atas rata-rata upah minimum regional (UMR), menarik bukan? Anda seorang pengangguran, pelajar, ibu rumah tangga atau pegawai sekalipun dapat melakukannya, karena usaha makanan dapat di lakukan dengan modal sekecil apapun dan tanpa banyak menyita waktu.
Untuk mempermudahnya saya akan mencoba membaginya dalam beberapa kelompok :
1. kelompok usaha yang menjual makanan pokok sehari-hari seperti Rumah Makan Padang, Warung Tegal, warung nasi sederhana, nasi goreng atau nasi pecel lele.
2. Kelompok usaha makanan pengganti makanan pokok, seperti bubur, mie ayam, bakso, soto, sate, atau batagor.
3. kelompok usaha jajanan, seperti roti bakar, aneka kue, martabak, pisang bakar, gorengan, cireng, cilok atau somay.
4. kelompok usaha berbagai macam minuman, seperti es buah, es campur, jus, es kelapa muda, es cendok, es dawet hingga es teh sisri.
“Sebaiknya Anda memilih yang memang sesuai dengan keahlian dan minat Anda, sehingga dapat menjalankan usaha dengan nyaman dan tanpa beban. Satu hal yang harus Anda hindari adalah membuka usaha hanya karena mengikuti tren, tanpa tahu cara menjalankannya,”.
Adapun hal-hal yang perlu di perhatikan dalam memulai usaha makanan adalah :
1. Modal awal usaha
   Banyak cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya melalui mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.
   
     Bila modal anda sangat tipis dan ingin melakukannya sendiri itu lebih baik, karena anda tak akan pusing dalam hal lain anda dapat fokus dalam hal pemasaran, namun berhematlah untuk tambahan modal kelak, misakan anda ingin menjadi pengusaha keripik, anda membuat keripik singkong dengan modal hanya 10 ribu, anda goreng dan bungkus menjadi 40 bungkus dengan harga satuan Rp.500, sisihkan separuh keuntungan untuk tambahan modal, menjadi 50, 60, 100, 500 dan bukan hal mustahil hingga ribuan bungkus atau pabrikan.
   Bila memilih usaha patungan, sebaiknya Anda membuat surat perjanjian yang mengatur pembagian wewenang dan hasil usaha guna menghindari masalah di kemudian hari.
   Bila meminjam dari lembaga keuangan, maka biasakan untuk membuat laporan keuangan setelah usaha berjalan. Laporan keuangan tersebut mencantumkan pemasukan, pengeluaran, dan aset usaha yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar lembaga keuangan tersebut mengetahui secara pasti perkembangan usaha Anda.
2. Lokasi usaha
   Pilihlah lokasi usaha yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Jangan sampai modal Anda terkuras hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha, anda pun dapat melakukannya tanpa mempunyai tempat usaha tapi dengan menitip produk usaha anda dengan memilih ke strategisan lokasi atau tempat usaha mitra anda.
   Sejumlah lokasi usaha makanan yang strategis antara lain di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, dan tempat wisata.
3. Menu andalan
   Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.  
4. Pemasok bahan baku
   Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi.
   Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, anda pun dapat menjadi orang kepercayaan jika anda dalam keadaan sulit atau terjepit modal, selain itu anda juga bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.  
   Pembelian bahan baku dari pemasok ini biasanya menggunakan sistem pembayaran kredit atau tunai dengan potongan harga. Besarnya potongan harga relatif, tergantung kesepakatan kedua belah pihak, tapi pada umumnya berada pada kisaran 15-20 persen.
5. Sumber daya manusia (SDM)
   Idealnya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Tapi, bila usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat mempermudah pekerjaan Anda itu saja sudah lebih dari cukup.
   Jangan lupa untuk memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan tepat waktu. Hal ini untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan.
6. Target pemasaran
   Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala.
7. Promosi yang tepat
   Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha Anda ke banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.
   Dari pelanggan setia ini lah cerita tentang keunggulan usaha Anda akan menyebar ke publik. Bila ada dana lebih, tak ada salahnya mempromosikan usaha lewat media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, atau via jejaring sosial seperti Facebook atau twitter.
8. Perizinan usaha
   Demi keamanan dan kenyamanan usaha, pastikan Anda mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat.
   Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usaha Anda, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usaha Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).
9. Sikap dan perilaku
Penting untuk menjaga sikap maupun perilaku anda saat berhadapan konsumen, semakin anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan anda, coba anda bayangkan apakah anda mau berbelanja pada pedagang yang sombong, pelit atau jutek? Apalagi kalau kucel dan dekil.
10. Ora et labora
Ora et labora atau bekerja sambil berdoa adalah kunci keberhasilan anda, berjuanglah dan teruslah berdoa kepada yang maha pemberi dan pengatur rezeki, karena dialah yang menilai hasil kerja keras anda, jangan sesekali memakai magic dalam usaha karena sudah pasti akan hancur walau cepat berkembang, berusahalah bersih.
Nah, tips-tips yang saya ambil dari pengalaman tersebut di atas mungkin bisa jadi masukan bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha makanan dan minuman.
Sekarang, saatnya Anda tentukan menu makanan atau minuman apa yang akan Anda pilih. Anda tidak akan pernah tahu bila Anda tidak mencobanya, ide dapat di buat dari hal sekecil mungkin sesuai kemampuan anda, jangan sia-siakan setiap peluang yang terbuka di depan anda.

Langkah Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Usaha Sendiri

Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.
Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.
a. Menganalisis jenis usaha terkait
Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.
b. Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai
Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.
c. Siapkan Modal
Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari  anggaran keluarga Anda dalam bank
Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang
d.  Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui hukum
  • Tentukan struktur hukum untuk usaha Anda
  • Pilih nama yang baik bagi usaha Anda
  • Daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum
  • Siapkan dokumen-dokumen organisasi
  • Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan pengesahan
e. Perluas Networking Anda
Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.
Semoga tips dari Gajimu ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri. Selamat berusaha, semoga sukses!

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

Berikut beberapa tips berikut ini yang dilansir dari CIOL.com:
Pinjam uang
Teman yang ada ketika sedang dibutuhkan, inilah teman sejati. Pernah dengar kalimat seperti ini? Nah, pinjam uang dari teman dan jelaskan padanya mengenai potensi produk yang akan Anda luncurkan. Yakinkan dia seberapa besar profit yang bisa Anda dapatkan dari produk niche brilian itu. Tapi jangan terlalu membual, jelaskan dengan perhitungan yang masuk akal. Selain teman, Anda juga bisa meminjam uang dari kerabat keluarga.
Sewa tempat
Pernah dengan istilah SOHO? Artinya, small office home office. Jadi Anda tidak perlu pusing sewa tempat lagi untuk ruangan kantor. Kalau Anda punya sisa ruang di rumah, ubahlah jadi ruang kantor.
Cari rekanan kerja
Cari rekan kerja dari lingkaran teman-teman atau saudara Anda yang mau berinvestasi ke dalam bisnis Anda. Mungkin ini bisa meringankan beban sekaligus menolong Anda mendapatkan ide-ide baru. Mungkin juga, Anda dan rekan bisa menciptakan keajaiban baru.
Pekerjakan staf dengan sistem bagi hasil
Tidak ada salahnya mempekerjakan orang dengan sistem bagi hasil. Anda bisa menghemat banyak uang dan mereka akan mendukung penuh bisnis Anda.
Buat website
Google menawarkan website gratis bagi usaha kecil menengah. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menciptakan dan merancang sebuah website. Website bisnis bisa menggaet banyak pelanggan baru. Copy dan paste URL website ke akun jejaring sosial pribadi Anda, lalu minta bantuan teman-teman untuk mempromosikan ke kenalan mereka. Kemungkinan Anda menjaring pelanggan potensial sangat besar.
Fokus
Jika bisnis Anda tidak langsung menghasilkan profit (sebagian besar memang tidak), fokuslah untuk terus memperbaiki bisnis Anda dan cari tahu apakah ada yang salah.
Cari pekerjaan paruh waktu
Biasanya Anda akan menghadapi banyak tantangan dalam mengumpulkan modal. Jadi kalau Anda ada waktu atau kesempatan bekerja paruh waktu, ambil saja. Investasikan separuh gaji ke bisnis Anda.
Negosiasikan segalanya
Semuanya bisa dinegosiasi. Jadi, negosiasikan dengan bank-bank untuk membantu pemodalan bisnis Anda. Banyak bank di luar sana yang mau meminjamkan pinjaman bebas kolateral bagi start-up dan UKM. Yakinkan bank mengenai kehebatan dan potensi produk Anda.

Rahasia Bisnis Orang jawa

  Berbicara manusia tidak lepas dari budaya, setiap orang atau individu terbentuk dari lingkungan daerah setempat. Kebiasan dan tata cara pada tempat tersebut, akan membentuk sesorang menjadi diri sendiri sesuai dengan budaya pada tempat dimana seseorang tinggal. Pembentukan karakter merupakan proses perjalanan mencari jati diri yang membutuhkan proses sangat panjang tidak cukup 1 atau 2 tahun bahkan sampai puluhan tahun. Dalam membuktikan sebuah kebenaran perlu adanya pembuktian, ada pengecualian tentang kebenaran AlQur'an merupakan kebenaran mutlak dan tak bisa disanggah. Manusia lahir sudah dinaskan dalam arti setiap manusia lahir sudah mempunyai bakat dasar tinggal manusianya, bagaimana mereka bisa membuka potensi pada dirinya. Sehingga apa yang telah di kodratkan allah SWT bisa digunakan dalam kehidupn untuk kebaikan.
          Sejarah kehidupan orang jawa berbagai macam karakter dan kebiasan. Seorang pengabdi negara, pengabdi sosial, pedagang, buruh, petani dan sejenisnya mempunyai karakter tersendiri, contoh seorang pejabat lebih banyak berkrakter sebagai seorang raja sehingga dalam satu titik perubahan sangat sulit untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan yang merata. Hampir diberbagai belahan daerah tanah jawa demikian, perlu kita telusuri apa karakter terbentuk karena Pemerintahan Belanda lama berabad abad menjajah Tanah Nusantara atau memang karakternya orang jawa.
           Panjang jika menceritakan tentang karakter orang jawa dalam kesempatan ini. Mari bersama ungkap kebenaran ETOS DAGANG ORANG JAWA dengan singkat. Di daerah Ponorogo ada seorang pedagang setiap harinya berangkat kepasar jam 4 pagi dengan menempuh jarak 5 km dan itu dilakukan puluhan tahun sampai sekarang usia hidupnya lebih dari 60 tahun. Satu lagi dia seorang penjual opak dan krupuk setiap hari berjalan 10 km untuk menawarkan barang jualannya. Apa yang di peroleh dari selama hidupnya dan banyak sekali fenomena yang tersembunyi. Untuk mengungkap kesuksesan atau membuka rahasia sukses orang jawa tidak sulit dan perlu riset yang begitu lama.
            Karakter orang jawa, nerimo, sabar, ati- ati, ngormati dan titen. Nerimo artinya menirima atas semua rizki yang diberikan allah SWT. Sabar lebih kedalamnya menanti saat turunnya rizki dari allah dengan rasa syukur di aktualkan semakin banyak ibadah mendekat kepada sang pencipta. Ati-Ati sama dengan waspada lebih bermakna penuh perhitungan dalam mengambil perhitungan. Titen sama halnya teliti dalam bertindak, masa lalu sebagai pembelajaran yang tidak terlupakan. Ada tujuh hal menjadi prinsip sukses orang jawa sebagai awal pembuka lima hal tersebut bisa membawa seseorang menjadi sukses.

RAHASIA SUKSES BISNIS ETNIS TIONGHOA


Melejitnya perekonomian China sungguh mengagumkan banyak pihak. Siapa tidak kenal Haier, Huwaei, serta Levono? Di daratan China tidak sedikit raksasa multinasional yang di paksa memperbaharui manajemen bisnisnya karena para pengusaha China daratan tersebut terang-terangan telah menantang para pendatang yang mencoba mengeruk keuntungan dari konsumen lokal yang besarnya luar biasa, baik di sektor migas, ritel, elektronik, hingga telekomunikasi.
Mayoritas perdagangan dan industri di wilayah Macan Asia, yakni Taiwan, Hongkong, dan Singapura pun di kuasai oleh para pengusaha keturunan Tionghoa perantauan. Perusahaan kecil dan menengahtelah mempekerjaan separuh tenaga kerja di banyak negara-negara asia, dan etnis China memilki 90% dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Menyimak semua fakta menarik ini banyak orang mulai bertanya-tanya, Apa rahasianya di balik kisah sukses para pelaku bisnis etnis Tionghoa tersebut?
1. TEORI-TEORI EKONOMI RAKSASA
Di dunia ini ada dua teori ekonomi raksasa yang sangat berpengaruh. Teori pertama kita sebut saja Ekonomi Liberal. Di dalam bukunya Adam Smith mengatakan bahwa, apabila manusia di biarkan mengejar keuntungannya sendiri-sendiri tanpa di campuri sedikitpun oleh pemerintah, masyarakat seluruhnya akan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Teori yang kedua kita sebut saja Ekonomi Sosialis. Di dalam teorinya Karl Marx mengusulkan agar negara melalui pemerintahnya ikut campur tangan dalam kegiatan ekonomi para warganya untuk menghindari penumpukan kekayaan di kalangan terbatas pemilik modal atau kaum borjuis. Sistem ekonomi yang di anggap lebih adil dan tidak mengekang, jalan tengah atau modifikasi atas dua teori ekonomi besar itu antara lain di sebut Demokrasi Ekonomi.
Pasar Bebas
Adam Smith menulis manusia pada dasarnya adalah Homo Economicus yang selalu ingin memperoleh manfaat sebesar-besarnya dengan harga atau pengorbanan yang sekecil-kecilnya.
Amerika adalah contoh utama yang mengadopsi teori pasar bebas ke dalam sistem ekonominya yang di tandainya dengan minimnya campur tangan pemerintah. Mereka selalu berusaha menekan harga produk sehingga selalu ada kemungkinan buruh yang bekerja di perusahaan, mereka di gaji dengan upah rendah walau di lengkapi dengan jaminan sosial. Sebagai dampak dari upah yang sangat rendah ini ekonomi secara keseluruhan meningkat karena barang yang di hasilkan menjadi sangat murah dan kompetitif. Ekspor meningkat sehingga devisa masuk.
Adam Smith sendiri menganjurkan persaingan bebas karena kapitalisme tidak akan berjalan tanpa persaingan bebas. Oleh karena itu setiap orang harus menanamkan pada diri mereka sendirimotif mencari keuntungan dan mengumpulkan kekayaan yang amat di butuhkan untuk kesuksesan usaha dan kemakmuran bangsa.
Orang denagn sendirinya akan terdorong untuk melakukan hal yang mulia apabila mereka dapat melihat suatu keuntungan pribadi di dalamnya. Maka Adam Smith menganjurkan biarlah orang yang bertindak sendiri. Pada saatnya, hati nurani mereka akan mengontrol segala tindakannya dan melakukan hal-hal yang baik. Sementara masyarakat akan mengikuti nasib hidupnya sendiri di atas materialisme, intelektualisme, dan individualisme.
Sosialisme Ekonomi
Dalam Manifesto Komunis Marx menyebutkan,”sejarah seluruh masyarakat adalah sejarah perang antar kelas”. Marx menamakannya Materialisme Dialektis. Kelas yang di maksud oleh Marx yaitu :
• Para kapitalis yang memilki dan mengontrol sarana produksi.
• Kelas pekerja yang menggantungkan nasibnya pada para pemilik modal.
• Kelas menengah yaitu para usahawan kecil, kaum profesional, dan pekerja setingkat manajer.
Rusia dan RRC adalah sponsor utama yang mengadopsi teori ekonomi sosialis. Produksi, distribusi, konsumsi, pembagian pendapatan dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi di atur oleh pemerintah melalui badan perencanaan nasional.
Demokrasi Ekonomi
Para ekonom sepakat bahwa sistem ekonomi pasar dan pengakuan hak milik adalah sistem yang terbaik. Tetapi harus ada modifikasi melaui kebijaksanaan dan pengaturan noleh pemerintah. Pemerintah harus mengenakan pajak pada yang kaya untuk di pakai memberi bantuan dan merangsang produktivitas kepada bagian masyarakat yang kecil serta ya ng membutuhkan. Denagn demikian pweran negara dalam demokrasi ekonomi dianggap penting untuk menghindarkan beberapa keadaan yang mungkin terjadi.
Pelaku Bisnis Etnis Tinghoa
Untuk masuk dalam orbit ekonomi global segala sumber daya harus di eksplorasi, segala potensi harus di gali dan di jual ke pasar global. Akan tetapi apa pun yang masiuk ke dalam orbit ekonomi global harus terlebih dahulu mengalami liberalisasi.
Kita tahu kemajuan ekonomi RRC hingga saat ini baru mulai setelah menangnya kelompok Deng Xiao-Ping atas Kelompok Empat.
Mulai tahun 2007 Pemerintah RRC telah berupaya memutuskan untuk menagdopsi UU Hak Properti yang menjamin hak kepemilikan properti individu maupun swasta, serta UU Pajak Perusahaan. Keputusan ntersebut merupakan suatu langkah maju di dalam sistem ekonomi sosialis yang di anutnya selama ini.
Faktor kultur etnik lebih-lebih di aplikasikan dalam rangka pembangunan dan perluasan jaringan bisnis serta pendukung usaha. Jaringan tersebut pada dasarnya bersifat kekeluargaan. Memang ini semacamkeunggulan pengusaha etnis Tionghoa yang tidak mudah di tiru oleh etnis lain. Walaupun demikian sikap kompetitif di antara mereka tetap terpelihara secara sehat. Hal ini semakin mempewrkuat kinerja bisnis di kalangan mereka bahkan saat terjadi krisisataupun munculnya tantangan besar, mereka akan saling bekerja sama. Oleh sebabitu bisnis keluarga sebagai penopang jaringan bisnis yang mereka bentuk dalam konteks ini sangatlah penting.
2. SEJARAH dan PROFIL BISNIS ETNIS TIONGHOA di INDONESIA
Dalam ajaran KONFUSIUS terdapat konsep ‘langit yang tidak kuasa di ubah oleh manusia’. “Langit” ini bahkan sangat menentukan. Jika konsep “langit” di jabarkan dalam kehidupan bisnis, kita akan menemukan beberapa nasehat penting yang mengandung kebenaran. Dalam konsep yang lebih modern “langit” dapat di artikan sebagai tatanan kekuasaan dan politik, kebudayaan setempat, keadaan alam, atau pun situasi pasar pada umumnya. Seiring denagn perkembangan zaman dan pengalaman bisnisnya, prinsip-prinsip prilaku ekonomi etnis Tionghoa di Indonesia pun beubah dari masa ke masa.
Dalam suatu studi banding tentang kegiatan bisnis antar generasi pertama dan geneasi berikutnya di kalangan etnis Tionghoa, ternyata orang Tionghoa “totok” yang kebanyakan dari para emigran itu lebih berhasil di bandingkan ertis Tionghoa peranakan. Penyebabnya antara lain enis Tionghoa “totok”cenderung inovatif dan berani mengambil resiko tinggi sebagai wiraswasta. Kondisi status ekonominya mereka pun apda umumnya masih berada di bawah sehingga cenderung dinamis dan berorientasi dagang.
Sebaliknya etnis Tionghoa peranakan lebih konservatif dalam usaha. Mereka tinggal meneruskan atau mengembangkan bisnis keluarga. Diantara mereka bahkan ada yang cenderung lebih berminat menjadi kaum profesional dari pada wiraswasta.
Perilaku ekonomi etnis Tionghoa di perantauan secara umum lebih mengarah pada usaha yang sifatnya aman dan netral, dalam arti tiak mengandung banyak resiko bagi kese;amatan dan kesejahteraan diri dan keluargaanya.
Perilaku ekonomi cenderung proaktif, berbentuk usaha atau perusahaan keluarga memang sudah menjadi ciri khas etnis Tionghoa di kawasan Asia, twermasuk Indonesia. Itu sebabanya bentuk kolaborasi perilaku etnis Tionghoa di Indonesia sangatnlah kental terutama kelas menengah dan keatas. Kemajuan etnis Tionghoa di pengaruhi oleh latar belakang pengalaman masa lampau, yang merupakan dasar untuk melangkah maju meraih langkah-langkah hidup mereka di masa kini dan yang akan datang. Lintasan nsejarah bisnis etnis Tionghoa di Indonesia secara umum dapat kita lihat dengan mengikuti perkembangan zamannya, yaitu Zaman Kolonialisme, Republik, Pemerintahan Orde Baru, dan Reformasi.
Masa Kolonialisme
Pada zaman kolonial, berbagai peluang dalam jajaran birokrasi, ketentaraan dan pendidikan umumnya tertutup bagi orang timur asing etnis Tionghoa. Di tenagh-tengah politik kolonial yang diskriminatif itu, bidang yang relatif terbuka bagi etnis Tionghoa adalah perdagangan. Pada awal sampai pertengahan abad ke-19, perdagangan eceran menjadi tumpuan utama bisnis etnis Tionghoa.
Di Sumatera banyak dari kalangan etnis Tionghoa yang menjadi tengkulak, pedagang ikan, penjaja keliling kecil-kecilan, atau pemilki penggilingan beras. Dari titik bawah ini mereka mulai membangun bisnisnya, di samping aktif pula memperluas jaringan bisnisnya sendiri. Perlahan-lahan mereka pun akhirnya sanggup bersaing dan menyisihkan para pedagang serta usahawan kecil pribumi, tetapi tidak usahawan-usahawan Belanda.
Zaman Republik
Peran ekonomi etnis Tionghoa pada awal kemerdekaan Risedikit demi sedikit memasuki usaha grosir dan ekspor impor yang waktu itu masih di dominasi Belanda. Kalangan etnis Tionghoa pada bidang jasa dan profesi secara kuantitatif meningkat. Peran etnis Tionghoa di bidang ekonomi semakin meluas pada zaman perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dan Demokrasi Terpimpin. Keberhasilan usaha mereka dalam menagmbil alih perusahaan-perusahaan besar belanda yang di nasionalisasikan juga tidak kalah memiliki arti strategis bagi kelanjuatan dan pertumbuhan bisnis mereka di Indonesia.
Di Bawah Pemerintahan Ode Baru
Pada awal pemerintahan orde baru etnis Tionghoa kelas menengah telah melakukan Huaman Capital besar-besaran di bidang pendidikan, terutama yang bersifat teknis dan manajerial. Politik rasial masih di jalankan secara twrang-terangan di masa pemerintahan Orde Baru. Pada saat yang sama sejak awal Orde Baru, Soeharto bersama rezimnya menggunakan etnis Tionghoa sebagai kuda beban yang menarik kereta Orde Baru untuk mengejar tingkat kemakmuran sesuai dengan keyakinan pemerintah. Pusat Data Bisnis Indonesia antara tahun 1992-1996 mencatat 300 konglomerat yang mayoritas keturunan Tionghoa menguasai penjualanRp.227,2 triliun denagn aset Rp.425 triliun.
Walau dengan catatan ekonomi yang spektakuler dari kalangan pebisnis etnis Tionghoa pemerintah Orde Baru tetap melancarkan politik rasialnya dengan memasang rambu-rambu yang membuat pebisnis etnis Tionghoa tidak dapat berbuat banyak. Kendali etnis Tionghoa terhadap kegiatan perekonomian bagaimana pun akhirnya memicu kecemburuan dan kebencian dari kalangan pribumi Indonesia. Demonstrasi justru berakhir dengan penyerangan dan penghancuran rumah-rumah etnik Tionghoa.
Gaya pembangunan ekonomi elitisme yang di pertontonkan Orde Baru ternyata memang rapuh. Dipicu oleh krisis moneter yang berlarut-larut kalangan masyarakat lalu bergerak dengan sejuta amarah dan ketidakpuasan terahdap situasi dan kondisi kehidupan sosial ekonominya. Kerusushan Mei 1998 sudah tentu sangat berpengaruh pada pelaku bisnis etnis Tionghoa. Diantara mereka banyak yang lari keluar negeri, dan sebagian ada yang melarikan modalnya juga. Usaha perniagaan etnis Tionghoa di kota kota besar secara umum vakum. Mereka baru berani bangkit setelah ada jaminan keamanan dari Presiden Habibie.
ERA REFORMASI
Reformasi di Indonesia di tadain dengan komitmen bersama untuk membangun sistem demokrasi yang substantif, demokrasi yang melahirkan kesejahteraan. Reformasi di bayangkan akan menghasilkan perubahan dan kemajuan setahap demi setahap karena memang sangat berlainan artinya dengan revolusi. Di dunia bisnis, krisis ekonomni 1998 memang memicu ambruknya banyak konglomerat terutama nketurunan Tionghoa karena menggunakan bank sendiri untuk mendanai proyek bisnis dengan rentabilitas rendah.
Menurut catatan di Bursa Efek setelah krisis Moneter 1997-1998, kekuatan ekonomi konglomerat keturunan Tionghoa rupanya tidak serta merta meredup. Hingga saat ini tampaknya penguasaan bisnis konglomnerat keturunan etnis Tionghoa masih kuat. Sesungguhnya yang paling terpukul langsung akibat krisis moneter Asia adalah perekonomian nasional yang begitu rapuhnya karena di gerogoti oleh bisnis para pejabat dan pengurus partainya.
“Wait and see” adalah satu-satunya sikap yang di anggap lebih bijaksana untuk merespons kampanye pebaikan ekonomi di pemerintahan orde Reformasi yang silih berganti ini. Pelaku ekonomi etnis Tionghoa sesungguhnya masih menunggu langkah-langkah konkret pemerintah dalam memperbaiki situasi perekonomian dan usaha nasional. Namun demikian bisnis hau berjalan terus. Dalam situasi negara yang di warnai oleh berbagai bentui kampanye anti korupsi, kolusi, dan nepotisme ini pelaku ekonomi etnis Tionghoa tampaknya menjadi lebih terfokus dan bahkan cukup merasa aman memilih berbasis di sektor hilir denagn tingkat resiko yang kecil namun masih dapat menguntungkan.
3. KARAKTER SUKSES BISNIS TIONGHOA
Jalan Sutera yang terkenal dalam sejarah perniagaan dunia, di rintis mulai dari Xian, ibu kota provinsi Shaanxi China tenagh sampai ke Rusia, Utara India, Afganistan, Persia dan berakhir di kota pelabuhan Tire di Libanon. Ekspedisi di bidang perniagaan melalui jalan itu merupakan penanda hubungan pertama orang-orang Tiongkok dengan peradapan seluas dunia. Jalan itu kemudian menjadi jalur utam dan pusat perdagangan orang-orang Tiongkok. Dalam hal ini kaum perintis jalur perniagaan tersebut tidak dapat mengandalkan siapa-siapa kecuali orang-orang mereka sendiri. Sejak saat itu lah orang-orang Tionghoa mulai di kenal sebagai kaum perantauan yang tangguh dan paling banyak di dunia. Orientasi mereka terutama pada perdagangan barang ataupun jasa.
Ciri-ciri usahawan Tionghoa di perantauan ini pada umumnya merasa tidak punya tanah air, cepat mengadaptasi bahasa dan cenderung mengikuti standar barat. Namun demikian mereka akan tetap bergerak di antara keluarga mereka sendiri. Sejak dahulu, sekarang, sampai masa mendatang bisnis etnis Tionghoa kelihatannya akan tetap di kelola oleh anggota keluarga inti secara eksklusif.
Keturunan Tionghoa khususnya peranakan atau pribumi memili keluarga-keluarga besar dan bersifat nepotisme yang arinya wajib menolong keluarga. Sesama migran etnis Tionghoa di mana pun berada harus saling menjaga dan membantu.
Berdasarkan kesamaan etnis dan subetnis itulah mereka dapat memetik keuntungannya antara lain:
• Memaksimalkan “contact points” untuk informasi bisnis atau pekerjaan.
• Tukar menukar berita atau komoditi dagangan.
• Memberi atau mendapatkan dukungan psikologis maupun dukungan moral.
Kontak bisnis yang bersifat rasila meeka di permudah oleh pandangan hidup kosmopolitan dan eksklusif dari kebudayaan China. Melalui jaringan ini pula pelaku bisnis etnik Tionghoa dapat menawarkan barang dan jasa dari negri-negri lain dengan cepat dan harga bersaing.
Kesamaan Tujuan Bisnis
Mereka mempunyai tujuan bisnis yang fokus dan selalu mencari cara untuk mewujudkan keinginannya serta mau membayar harganya. Untuk bisa di terima dalam pergaulan ya ng membantu perkembangan bisnisnya mereka melakukan dua hal penting yaitu :
• Mereka menjadikan dirinya sebagai pribadi yang kompeten melalui proses belajar yang keras dan terus menerus.
• Mereka menjadikan dirinya pribadi yang supel, memilki empati, dan di sukai serta pandai membawa diri.
Dengan demikian mereka siap di persatukan lewat jaringan bisnisnya dalam satu tujuan yaitu sukses bersama. Kesamaan tujuan hidup itu tidak lain berbicara tentang bisnis keluarga mereka agar bertahan dan terus berkembang.
Kaum Pekerja Keras
Untuk sukses merteka membutuhkan orang lain atau jaringan bisnis. Mereka berpandangan bahwa sukses itu sesungguhnya adalah penghargaan yang mereka terima dari orang lain, sebagai mana nimbalan atas jasa atau kontribusi mereka kepada orang lain. Mereka percaya bahwa sukses brsifat mutual benefit yanitu timbal balik atau saling menguntungkan. Dan itu harus di tebus dengan kerja keras. Orang-orang Tionghoa pekerja keras, mereka sangat peka terhadap sifat-sifat pamer yang tanpa alasan seperti biasa di lakukan oleh orang-orang yang lemah. Sudah tentu orangorang yang malas dan karenanya mudah menyerah tidak akan mendapat kepercayaan.
Semangat Untuk Hidup Tinggi
Senantiasa menghasilkan uang sudah menjadi kebiasaan sekaligus kesenangan mereka. Sikap hidup orang Tionghoa sedemikian itu mengarah pada kemakmuran.
Nilai-nilai yang di ajarkan seorang ayah kepada anaknya tidak pernah lepas dari unsur kerja keras, ulet, menghargai waktu serta modal, disiplin, hemat, menepati janji dan dapat di percaya. Ketika mereka mulai besar dan di libatkan dalam usaha keluarga, di ajarkan juga :
• Pengenalan medan untui mengetahui daya beli serta selera masyarakat.
• Pelayanan terhadap konsumen denagn mengutamakan banyaknya pelanggan, meskipun untungnya sedikit.
• Mencari kontak-kontak dalam rangka memperoleh atau memperdalam pengetahuan, maupun mendapatkan atau memperluas daerah pemasaran bagi barang-barang dagangannya.
• Meningkatkan kualitas dan kuantitas barang dagangan di samping kerja pribadi.
• Konstinuitas dan konsistensi dalam bisnis yang di anggap sangat menentukan bagi kelangsungan bisnis, dan di atas semua itu semangat untuk hidup tinggi.
Sejak kecil anak-anak dididik untuk memilki kepatuhan moral, perlunya mencari konsensus, mengendalikan diri, memiliki rasa tanggung jawab, berterima kasih pada orang tuaserta menghormati yang lebih senior. Cara dan kebiasaan para pelaku bisnis menyelenggarakan bisnis mereka telah tumbuh sejak lama, bahkan dapat di katakan telah tepola berdasarkan sejumlah prinsip dasar pebisnis.
4. FILSAFAT UNTUK KEMAKMURAN
Bangsa Tiongkok merupakan suatu kelompok mesyarakat yang penuh dengan segala macam legenda, misteri, dan tradisi yang telah mengakar kuat dari turun temurun.
Kadang-kadang orang asing yang menggolongkan etnis Tionghoa sebagai bangsa yang paling sukar untuk di mengerti. Etnik langka yang ansih dapat mempertahankan tradisi serta kepercayaannya. Namun pada waktu yang bersamaan mampu menyesuaikan diri alam abad komputer seperti sekarang ini.
Kalau kita mau berpegang pada asumsi bahwa pelaku binis etnis Tionghoa terkenal sebagai pekerja keras, hemat, dan ulet, maka keutamaan-keutamaan itu mengandaikan pelaku bisnis memilki perencanaan jangka panjang dan bukan orientasi pada keuntungan tinggi yang segear di dapat. Asumsi ini bisa menjadi salah satu rahasia keberhailan usaha etnis Tionghoa. Orang-orang Tionghoa ini juga percaya bahwa untuk berhasil sering kali harus lebih dahulu melakukan pengorbanan dan investasi. Orang Tionghoa sejak nenek moyangnya turun-temurun hingga sekarang adalah sebagai penganut sistem nilai yang bermuara pada ajaran Konfusius.
Hukum Timbal Balik dan Abadi
Tujuan ideal Konfusianisme adalah menjadi seorang yang berbudi mulia denfgan berpegang teguh pada prinsip moralitas dan tidak sedikitpun meninggalkan perbuatan baik, bahkan tidak akan berbuat sekedar untuk sesuap nasi.
Konfusius berkata, orang yang dapat mempraktikkan lima hal dimana-mana, di bawah langit, akan berwatak peramah dan penyayang. Kelima hal itu adalah sopan-santun, kemurahan hati, kepercayaan, kerajinan, dan keramahan.
Hubungan dengan orang lain menurut Konfusius adalah kerja sama demi kehidupan yang damai dan bukan permusuhan. Pengusaha keturunan Tionghoa pada umumnya sangat mementingkan jaminan masa depan dan tempat berusaha yang aman dan tenang. Pola barat sangat menekankan ketepatan laporan keuangan, neraca, laba rugi, sedangkan pengusaha China lebih menekankan pada kepercayaan yang dalam terhadap integritas yang terdapat dalam diri seseorang. Dengan kata lain pertimbangan dalam hubungan probadi sangat menentukan walaupun proses ini memakan watu lama.
Perubahan Sebuah Keniscayaan
Seorang cendikiawan Tiongkok yang hidup antara 1762-1836 menggambarkan bagaimana orang-orang Tionghoa menyadari keadaannya dan mau menjalani perjuangannya dari tingkat bawah serta penuh harga diri. Konfusius percaya semua energi dalam alam semesta ini mengalami perputaran seperti halnya pagi, siang, sore, dan malam, demikian terus berulang, tidak ada satu pun yang abadikecuali perubahannya itu sendiri. Sukses adalah hasil upaya manusia yang secara teus menerus belajar memperbaharui diri agar sikapnya baru selamanya. Sedangkan menjadi insan berbudi mulia adalah cita-cita tetinggi dari seorang konfusian. Cita-cita itu akan tercapai bila seseorang terus berupaya dengan tekun dan telaten. Keberahsilan dalam bisnis menurut ajaran Konfusius sebagian besar di tentukan oleh sikap-sikap tersebut. Tugas utama setiapa manusia yang memasuki bidang apa pun ialah ikut mendamaikan dunia.
Pengetahuan
Konfusius percaya bahwa masyarakat yang ideal hanya bisa di bentuk oleh orang-orang yang berpengetahuan. Ia berkata pengetahuan itu terdiri atas lima langkah :
• Pertama, pelajarilah secara meluas
• Kedua, bertanyalah secara cermat
• Ketiga, berpikirlah secara seksama
• Keempat, saringlah secara jelas
• Kelima, jalankanlah secara sungguh-sungguh
Kelima prinsip pengetahuan itu jika di aplikasikan dalam sebuah perencanaan bisnis akan menghasilkan sebuah perencanaan dahsyat yang tentu saja akan menghasilkan kesuksesan, seperti yang umum kita lihat pada bisnis-bisnis etnis Tionghoa.
Melihat pada ajaran Konfusius, pengetahuan berguna apabila memilki pengaruh pada kehidupan seseorang. Proses berpengetahuan seperti itu memnag memerlukan di siplin yang tinggi. Bukan sekedar pengetahuan untuk mengetahui melainkan untuk kegunaan yang bermanfaat bagi kehidupan, pergaulan yang bermartabat, serta jalan keutamaan.
5. PENGARUH ELEMEN ALAM ; ANTARA MITOS dan FAKTA
Masyarakat Tionghoa memilki tradisi yang kuat untuk mentransfer nilai-nilai tradisional yang di ketahuinya pada anak cucu. Mereka meyakini ada lima faktor yang mempengaruhi hidup manusia yaitu :
• Nasib pada saat lahir
• Hoki
• Feng Shui
• Pendidikan atau pengalaman
• Amalan
Nasib dan hoki yang mempengaruhi hidup manusia dapat di teropong dengan menggunakan alat berupa kalender Tiongkok yang di wujudkan dalam bentuk Shio.
Shio dan Elemen-Elemen Alam
Setiap Shio atau kurun waktu tertentu di beri nama binatang. Adapun batas-batas Shio ini terkait erat dengan fenomena alam yaitu peredaran matahari dan bulan.
Dari sana mereka akan mendapat gambaran :
• Ciri-ciri individu seperti elemen, karier yang cocok, ataupun keadaan kesehatannya.
• Model interaksi yang mungkin terjadi antara individu dari Shio tertentu denagn individu-individu bershio lainnya.
• Pengaruh waktu untuk meramal nasib individu atau keadaan di tahun mendatang.
Ada lima unsur atau elemen yang membentuk alam semesta sehingga di akui dalam kalender Tionghoa. Kelima elemen itu adalah logam, air, kayu, api, dan tanah.
Setiap unsur rupa-rupanya juga mempunyai pengaruh khas terhadap individu yang lahir pada tahun Shio yang bersangkutan.
Logam
Seseorang yang berunsur logam dikenal kaku dan tegas. Akan tetapi ia cepat dalam memberikan ide baru serta kreatif. Adapun bisnis yang banyak mengandung elemen logam adalah bisnis di bidang manufaktur, kesehatan, perawatan kulit, salon, dan teknologi informasi.
Air
Air merupakan unsur yang paling esensial. Unsur tersebut mencerminkan keinginan yang kuat serta kekuasaan. Seseorang yang berunsur air di kenal terampil mengutarakan ide-ide serta mempengaruhi orang lain. Bisnis yang banyak mengandung elemen air ini adalah adalah bisnis di bidang perusahaan air minum, jurnalistik, penulis, kesehatan, perikanan, dan laundry.
Kayu
Secara alami unsur kayu berhubungan dengan musim semi di Tiongkok. Seseorang dengan elemen ini secara alamiah terlihat lebih hidup. Antusias dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan, dan ia di kenal sangat menghargai etikadan pergaulan. Adapun bisnis yang banyak mengandung elemen kayu adalah bisnis di bidang penerbitan buku, furnitur, atau tekstil.
Api
Unsur api berhubungan dengan mesim panas. Seseorang yang mempunyai unsur api berpembawaan riang, merasa selalu senang, gembira dan santai. Kkemampuannya menonjol da;lam kepemimpinan sebab dalam elemen api terdapat spirit, ekspresi, dan kapasitas seseorang untuk mempejuangkan kebahagiaan. Bisnis yang mengandung elemen api seperti di bidang pasar saham, perbankkan, restoran, pemasaran, entertainment dan lain sebagainya.
Tanah
Unsur tanah memegang peranan menstabilkan segala macam situasi. Seseorang dengan unsur tanah mempunyai kemampuan untuk mengayomi dan mendukung orang lain. Ia sanggup menciptakan kedamaian dalam lingkungnya serta berfikir jernih karena kemampuan berkonsentrasi serta mencerna informasi secara cermat.
Bisnis yang banyak mengandung elemen tanah terutama di bidang properti, pertambangan, pertanian, perhotelan, dan asuransi.
Feng Shui
Dalam menjalankan bisnis sehai-hari orang Tionghoa sangat memperhatikan Feng Shui.
Logika dasa dari Feng Shui besumbe pada pemahaman akan elemen-elemen alam beikut fungsinya. Alam ini adalah susnan gabungan elemen-elemen yang berada dalam suatu dimensi ruang dan waktu yang terus beubah.
Banyak hl mengenai Feng Shui di gali dari kitab I-ching (kitab dari berbagai ilmu tradisional Tiongkok) yang di percaya tidak saja mampu meningkatkan hoki dan kemakmuran, tetapi juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan dan keharmonisan hubungan-hubungan manusiawi.
Ada tiga jenis keberuntungan yaitu :
• Keberuntungan manusia karena perilaku, pendidikan, dan pengalaman.
• Keberuntungan bumi karena Feng Shui
• Keberuntungan langit karena talenta atau hoki.
Beberapa manfaat yang dapat di nikmati oleh pelaku bisnis yang melibatkan praktisi Feng Shui dengan keahlian tinggi yaitu :
• Meniadakan energi negatif yang menghalangi kemajuan bisnis atau karier.
• Menciptakan kedamaian pikiran dan lingkungan hidup yang menyenangkan.
• Membangun rasa percaya diri dan meningkatkan daya saing.
• Memaksimalkan potensi seseorang.
• Menjalin hubungan yang harmonis denagn pasangan, teman, rekan kerja /bisnis.
• Menjadikan lebih makmur bukan hanya finansial namun juga aspek kehidupan lainnya.
• Meningkatkan kinerja secara keseluruhan dan kesehatan yang lebih baik.
Feng Shui adalah salah satu bagian dari Taoisme yang mengajarkan bahwa alam tersusun harminis atas lima unsur yakni : kayu (mu), api (huo), tanah (tu), logam (cin), serta air (shui). Diantara kelima unsur ini salah satunya dapat menjadi elemen yang mempengaruhi peruntungan menurut periode tahun-tahunnya atau shio.
Feng Shui yang sudah di gunakan sejak 4 ribu tahun yang lalu di daratan Tiongkok di dasarkan pada perhitungan logis, sehingga relatif bisa di terima di seluruh dunia.
Tatanan Tempat Usaha
Budaya Tiongkok memang sangat kuat di pengaruhi oleh ajaran Taoism dan Confucianism. Feng Shui sebagai metodologi peramalan dan analisa tata letak ruang. Berdasarkan Feng Shui jika kita bisa berinteraksi serasi dan selaras dengan alam, maka kita akan mendapatkan suasana yang menguntungkan sehingga mendatangkan banyak berkah atau pengaruh keberuntungan dalam hidup.
Membuat rencana tata letak atau ruang yang baik dalam Feng Shui rumah atau tempat usaha ahrus memperhatikan beberapa hal berikut yaitu :
• Tata Pencahayaan
• Sirkulasi Udara
• Keindahan
• Aspek Keamanan
• Kebersihan
• Kenyamanan
• Warna
Lahan yang bagus adalah yang memberi keuntungan serta memilki energi tumbuh. Jelasnya dalam setiap bangunanselalu terdapat dua sektor, yaitu sektor tumbuh dan mati. Sektor tumbuh bisa di gunakan untuk ruang tamu, ruang rapat, dan ruang kerja. Sedangkan sektor mati cocok di gunakan untuk kamar mandi dan gudang.Yang tahu persis perhitungan sektor tumbuh dan sektor mati aalah Feng Shui.
Berikut adalah beberapa pengetahuan Feng Shui yang berkaitan dengan penataan kantor atau tempat usaha :
• Pintu
Bagi orang Tionghoa pintu memilki fungsi dan makna sangat strategis. Mereka tidak akan menghadapkan pintu kesembarangan arah agar tidak menapatkan musibah. Berkaitan dengan maksud mengundang keberunnan, pintu biasanya di hadapkan ke utara.
• Tata Letak Ruang
Ruangan atau tempat bekerja hendaklah di atur sedemikian rupa agar tidak langsung menghadap tangga, lorong jalan, gudang, ataupun bersebelahan dengan toilet. Sebab hal-hal di atas memberikan efek yang kurang menguntungkan.
• Tempat Penyimpanan Kantor
Umumnya untuk mengoptimalkan ruang kantor di pergunakan kabinet. Kabinet dapat menghalangi pergerakan chi kedalam ruang kantor dan ruang kehidupan jika di pasang menghalangi bukaan pintu.
• Lingkungan
Lihat dan pwerhatikan aspek-aspek keseimbangan alam yang terdiri dari air, pohon, dan kontur tanah. Air adalah unsur yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Dalam Feng Shui air membawa chi.
• Cermin Pakua
Cermin pakua ynag di gantungkan pada bagian ruangan tertentu menurut saran ahli Feng Shui biasanya bertujuan untuk menegosiasikan keharmonisan bangunan atau ruang bagian tertentu dengan kekuatan alam sekitar, demi menangkal energi negatif dan mendatangkan hoki. Ying Yang merupakan konsep dasar filosofi Tiongkok lainnya yang merujuk pada keseimbangan alam dan tidak bisa di remehkan.
Kegiatan bisnis juga tidak lepas dari hukum alam, oleh karena itu jika di imbangkan tidak ada, masalahpun di percaya akan datang menimpa. Imbangan yang di maksud dalam hal ini yaitu bisnis tidak semata-mata merupakan kegiatan mencari untung.
16 PRINSIP BERBISNIS TAO CHU KUNG
1) Rajinlah dan Tekun Berusaha, Kemalasan Berakibat Petaka.
Faktor terpenting di balik keberhasilan bisnis adalah berusaha dengan konsisten. Hadiah yang di peroleh tanpa keringat mudah menyebabkan orang malas berpikir, mals bekerja, dan suka mencari jaln pintas.
2) Hematlah dalam Pengeluaran, Pemborosan Menggerogoti Modal.
Keluarkan uang terutama untuk tujuan-tujuan produktif, kecerobohan dan sifat senang berfoya-foya hanya akan mengakibatkan perusahaan bangkrut karena tidak di perhatikan.
3) Ramahlah pada Setiap Orang, Ketidaksabaran Mendatangkan Kerugian.
Banyak kebiaaan buruk yang tidak saja menggerogoti uang, tetapi juga merusak hubungan baik dengan orang-orang di sekitar. Cara paling efektif untuk menghindari kebiasaan buruk adalahtidak pernah memulainya dan bahkan jangan pernah memikirkannnya.
4) Janganlah Menyia-nyiakan Kesempatan, Penundaan Menghilangkan Peluang.
Gagasan cemerlang biasaanya sederhana, penting, mudah di terima, dan selalu mengacu pada tindakan yang nyata. Kadangkala penundaan gagasan yang cemerlang membuat anda kehilangan segalanya.
5) Lugaslah dalam Transaksi, Keraguan Membawa Pertikaian
Tegas dean jelaslah dalam negosiasi agar semua jai serba pasti. Sederetan angka dalam transaksi dan pembukuan sesungguhnya bisa menjelaskan sejuta situasi. Dengan menghargai hal-hal yang ditail itu pula orang dapat melakukan efesiensi dan memaksimalkan akumulasi kekayaannya.
6) Berhati-hatilah dalam Memberi Hutang.
Jangan mudah percaya karena data atau kepercayaan umum belum tentu benar. Segala sesuatu ada konsekuensinya. Siapa yang menabur akan menuai,namun menabur bibit yang buruk di tanah yang buruk akan menuai hasil yang buruk juga.
7) Periksalah Semua Catatan Keuangan dengan Cermat, Kelalaian Menghambat Rezeki.
Asal percaya saja berartikelalaian, orang tidak bisa memenangi persaingan bisnis baru dengan menggunakan strategi lama. Ujilah senantiasa sistem kerja dan keuangan yang anda terapkan. Kalau perlu ubahlah segera sehingga memberi kepastian bahwa anda aman secara finansial.
8) Bedakanlah yang Baik dari yang Jahat, Ketidak pedulian Melumpuhkan Usaha.
Keberadaan seorang pengusaha di tentukan oleh bagaimana ia merespon perubahan yang muncul maupun belum kelihatan. Setiap orang bisa mempelajari bagaimana sebuah perubahan datang tetapi tidak bisa mengambil keuntungan darinya tanpa kepedulian dan adaptasi.
9) Kendalikanlah Sediaan dengan Sistematis.
Satu-satunya yang menjamin rasa aman di dunia ini adalah pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan. Tanpa tiga hal tersebut kekayaan dan modal yang sekarang ada di tangan akan cepat terkikis habis.
10) Adillah dan Tidak Pilih Kasih terhadap Karyawan, Prasangka Menimbulkan Kemalasan.
Jangan hanya pandai menuntut karyawan, sebab akan tiba juga gilirannya bagi pemilik perusahaan untuk membayar kesalahannya denagn harga yang jauh lebih besar di saat-saat yang tidak mereka duga.
11) Periksalah dengan Cermat Semua Nota Pengeluaran dan Pemasukan, Kealpaan Berakibat Mahal.
Bedakan antara tujuan produktif denfgan konsumtif, keuangan perusahaan dengan keuangan rumah tangga. Mereka yang sukses pada umumnya cenderung mengarahkan uangnya untuk tujuan-tujuan produktif dan memenuhi kebutuhan konsumsinya dengan secukupnya.
12) Periksalah Dagangan Sebelum Di terima, Kesembronoan Mendatangkan Kemalangan.
Jangan mudah di kelabui siapa pun. Periksalah dan uji sendiri kebenaran mutu barang yang hendak di jual sebab bisnis adalah soal hidup dan mati.
13) Kajilah dengan Teliti Setiap Perjanjian, Ingkar Menghancurkan Kekayaan
Untuk menjadi orang yang berhasil dalam bisnis kerja keras saja tidak cukup. Kerja keras harus di imbangi dengan kecerdasan dalam menemukan dan membedakan hal-hal yang menguntungkan atau merugikan, kecepatan dalam mengambil keputusan, tingkat ketelitian serta akurasi yang tinggi.
14) Bijaksanalah dan Jujur dalam Usaha, Manajemen yang Buruk Membuka Peluang bagi Korupsi.
Kontrol keuangan anda, sekalipun anda sudah mempercayai seseorang haruslah selalu melakukan pengawasan dan pengendalian agar orang anda tidak menganggap anda lengah.
15) Tunjukkanlah Rasa Tanggung jawab, Sikap Tidak Bertanggung Jawab Mengundang Kesulitan.
Sekalipun orang wajib tahu bagaimana haus hidup dan mengisi kehidupan agar hidupnya menjadi berarti dan berharga. Orang-orang yang sukses umumnya memilki kesamaan karakter yaitu mengetahui tujuan hidup mereka, mempunyai strategi, aksi terencana,dan tekad baja untuk mencapainya.
16) Bersikaplah Tenang dan Penuh Percaya Diri, Sikap Nekad Menghambat Perkembangan.
Benar, belum tentu menang dan salah belum tentu kalah. Orang yang memilki kekuasaan biasanya pandai memanipulasi kebenaran sekehendak hatinya. Oleh karena itu hendaknya jangan suka mencari perkara terutama dengan orang-orang yang berkuasa, sikap gegabah hanya mengundang bencana. Orang tidak akan berhasil kalau hanya memikirkan uang. Tujuan utama orang-orang berhasil sesungguhnya adalah mewujudkan gagasannya dan membuat gagasannya di terima oleh banyak orang.
Orang Tionghoa di Asia umumnya menjunjung tinggi etika bisnis Tao Chu Kung ini agar bisnis mereka membuahkan hasil. Tewtapi dalam kenyataannya sering kali di kesampingkan untuk keuntungan sesaat. Untuk itulah nasehat di atas di sertai pula dengan catatan atau peringatan yang selalu mungkin di perlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Inti dari setiap keputusan strategis maupun operasional dalam bisnis etnis Tionghoa adalah berharap sukses dalam bisnis, tercapai pula cita-citanya menjadi manusia berbudi mulia.

RAHASIA BISNIS ESES MENGHADAPI ORANG CINA




1. Dunia Bisnis Orang Cina

a. Jika ingin berhasil dari orang lain, kita tidak punya pilihan kecuali bekerja dengan lebih giat dan rajin.

b. Jumlah jam kerja antara 16-18 jam per hari

c. Berdagang sama dengan belajar dan merupakan proses yang berkelanjutan

d. Tidak seorang pun yang dapat mengatakan “berhenti” pada diri kita

e. Persepsi orang cina pada perdagangan adalah positif. Dunia dagang adalah dunia yang menjanjikan kesenangan, kemewahan, dan kebahagiaan.

f. Mereka yang berdagang dianggap sebagai golongan matang dan dewasa, serta menjadi tempat rujukan.

2. Falsafah Bisnis Orang Cina

a. Sejarah orang cina menunjukkan bahwa kebanyakan dari meraka terlibat dalam pertanian

b. Para pedagang tidak mendapat tempat yang tinggi, dan menduduki strata sosial yang paling rendah.

c. Segala kesulitan bagi orang cina adalah suatu kekuatan untuk bangkit, persepsi orang cina bahwa untuk sukses, mereka harus berdagang.

d. Keberhasilan dan kegagalan bergantung pada sikap, usaha, dan keyakinan

e. Banyak pedagang gagal karena bersikap hangat-hangat tahi ayam dan sekedar ikut-ikutan

f. Berdagang dapat dijadikan hobi, tapi bukan untuk mengisi waktu luang

g. Perdagangan ibarat harga diri yang harus dipertahankan

h. Pedagang yang jatuh akan merasa sakit, tetapi rasa sakit itulah yang membuatnya bangkit kembali

i. Tidak ada batas waktu bagi seseorang untuk memulai kegiatan perdagangannya

j. Keuntungan yang diperoleh seharusnya tidak dibelanjakan, tapi keuntungan tersebut harus digunakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi

k. Dalam falsafah orang cina, pedagang tidak boleh mengharapkan keuntungan pada saat baru memulai perdagangannya.

3. Konsep Bisnis Orang Cina

a. Pedagang sejati tidak takut pada persaingan dan kerugian

b. Tidak ada rasa iri dan rasa dengki terhadap pedagang lain

c. Persaingan merupakan kunci kesuksesan dan mengasah keterampilan, produktivitas, kemahiran, kreativitas, dan pemberian banyak pengalaman yang berguna

d. Konsep perdagangan orang cina lebih berdasarkan pada prinsip simbiosis, yaitu setiap pedagang saling melengkapi

e. Pedagang musiman bukan saja tidak dapat berkembang, melainkan juga akan menghadapi masalah modal dan ketersediaan dana untuk memulai perdagangan

f. Harus mempunyai uang recehan untuk kembalian

g. Jangan mengeluh dihadapan pelanggan apalagi menunjukkan emosi negatif

h. Pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat, fisien, dan cermat

i. Pedagang cina membolehkan terjadinya tawar menawar. Meskipun proses ini memakan waktu yang lama dan mengurangi keuntungan, hal ini dapat menggembirakan hati pelanggan

j. Pelanggan adalah raja

4. Prinsip Bisnis Orang Cina

a. Orang cina bisa berdagang dikampung melayu, tetapi orang melayu belum tentu bisa berdagang dikawasan orang cina

b. Tidak ada orang yang menjadi kaya dengan mendapat gaji, kecuali bekerja sendiri atau menang lotre

c. Pedagang harus bisa mengetahui bagaimana membedakan antara urusan pribadi dan kegiatan perdagangan. Keduanya tidak boleh dicampur adukkan

d. Dalam kegiatan perdagangan, tidak ada konsep kompromi dan bertenggang rasa terutama jika berkenaan dengan barang, untung, dan rugi

e. Uang harus jadi uang, bukannya menimbun utang dan beban

f. Peluang hanya datang sekali dan tidak untuk kedua kalinya, sehingga jangan banyak menunggu untuk mengambil peluang tersebut

g. Waktu adalah uang dan melepaskannya berarti membuang keuntungan serta menolak kekayaan

h. Berdagang adalah suatu kegiatan yang penuh dengan resiko. Orang yang berani harus berani mencoba, membuka, dan memajukan kegiatan perdagangannya

i. “Biar kalah tetapi jangan gagal”

j. Harus mempunyai jiwa dan mental yang kukuh untuk menghadapi bentuk tekanan apapun. Bagi orang cina, untuk berhasil, seseorang harus mengalami rasa sakit, kesusahan, dan juga penderitaan terlebih dahulu.

k. Tidak mudah menyerah pada nasib.

l. Pedagang harus bersikap terbuka dan berlapang dada apabila berhadapan dengan situasi yang sulit, setelah itu barulah bisa mencari jalan keluarnya.

m. Sekedar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal. Harus didukung dengan sikap agresif, berani, tahan banting, semangat, dan rela berjuang untuk merebut segala peluang yang ada.

5. Budaya Bisnis Orang Cina

a. Ketekunan merupakan salah satu faktor keberhasilan orang cina dalam kegiatan perdagangan

b. Ketika orang lain sedang tidur nyenyak dininabobokkan mimpi indah, orang cina sudah keluar untuk bekerja dan mencari rezeki

c. Orang cina rela bangun dini hari dan terus bekerja sampai malam hari

d. Bagi orang cina, hidup adalah untuk makan dan untuk mendapatkan makanan, mereka harus bekerja

e. Orang cina akan mengerjakan apa yang mereka katakan

f. Jika berhasil dalam berdagang, mereka menganggap hanyalah bonus bagi mereka

g. Apabila orang cina mengatakan akan berdagang, mereka biasanya tidak akan berfikir panjang untuk melakukannya. Pengalaman dan kemahiran tidak penting karena hal itu dapat dipelajari kemudian

h. Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya untuk tetap berjuang. Sebaliknya, akan membuatnya lebih gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya

i. Menjadi satu kesalahan besar jika perdagangan dijadikan sebagai alat untuk cepat kaya tanpa menghiraukan tanggung jawab sosial yang harus dilaksanakan

j. Apabila melibatkan diri dalam kegiatan perdagangan, kita harus menetapkan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang

k. Budaya dagang orang cina mengutamakan hal penting seperti “ siapa cepat dia dapat “

6. Sistem Bisnis Orang Cina

a. Sistem orang cina adalah perdagangan yang berorientasi pada para pelanggannya

b. Orang cina mengizinkan para pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik tempat

c. Orang cina lebih suka fokus pada satu perdagangan saja sebelum mengembangkannya pada kegiatan perdagangan lainnya

d. Pelanggan tetap diberikan kebebasan dan pelayanan yang istimewa dalam mendapatkan layanan yang ada. Pelanggan baru diiming-imingi dengan potongan harga dan kemudahan kredit

e. Para pekerja juga akan menikmati untung dari perdagangan orang cina, seperti pemberian bonus pada akhir tahun atau pada tahun baru

7. Seni Bisnis Orang Cina

a. Dunia dagang penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karenanya, pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni bela diri perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apa pun dan kemungkinan yang akan datang

b. Seni berdagang memerlukan kecermatan yang teliti dan tidak cukup jika kita mempelajari teorinya saja. Berdagang perlu praktik dan menuntut seseorang senantiasa bersikap fleksibel.

c. Seni berdagang orang cina mengutamakan prinsip win-win ( pedagang dan pembeli sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan)

d. Pedagang harus bersikap rajin bekerja, ramah, dan menjadikan pelanggan mereka sebagai saudara atau paling tidak sebagai sahabat dekat

e. Pedagang tidak boleh menjadi pengikut, tetapi harus berusaha menjadi pemimpin dalam bidangnya

f. Pedagang harus mempunyai daya tahan, mental, dan jiwa yang kuat

g. Pedagang harusnya mendapat banyak kawan, bukannya musuh atau lawan

8. Cara Bisnis Orang Cina

a. Tanpa mengalami kerugian, keuntungan tidak mungkin datang

b. Bagi orang cina, lebih baik menggaji orang yang sudah mereka kenal dan memiliki pertalian saudara dari pada mengambil orang lain

c. Pekerja harus diperlakukan secara adil untuk memastikan mereka tidak berubah hati

d. Kemampuan dalam menejemen perdagangan tidak akan menjamin adanya keuntungan, jika tidak disertai dengan kemampuan dalam mengurus sumber daya manusianya

e. Pedagang tidak seharusnya sok pintar, tetapi harus senantiasa menghormati pelanggan setiap waktu

f. Image pedagang yang baik adalah yang mampu memenuhi segala permintaan dan harapan pelanggannya

g. Orang cina akan merasa rendah diri jika mereka gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya. Selagi seseorang itu bekerja dengan mendapat gaji, selama itulah dia tidak bisa menjadi kaya dan meningkatkan kedudukan sosialnya

h. Orang cina jarang memandang rendah kepada mereka yang gagal dalam perdagangan karena hal itu dianggap sebagai langkah awal untuk menuju kesuksesan

i. Tujuan utama orang cina menjalani perdagangan adalah ingin membentuk fondasi keuangan yang lebih kukuh dan aman sebagai jaminan bagi kehidupan keluarga dan masa depannya

j. Pedagang harus hidup secara sederhana, jangan suka pamer karena itu adalah sikap yang tidak menguntungkan

9. Etika Bisnis Orang Cina

a. Kerugian jangka pendek merupakan jalan yang dilalui untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang

b. Pedagang cina mempunyai kode etik yang melarang penggunaan cara-cara kotor, menjatuhkan perdagangan orang lain adalah perbuatan yang terkutuk

c. Orang cina tidak menganjurkan perdagangan barang yang sama antara pedagang lainnya

d. Bagi masyarakat cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak patuh dan tidak berpegang pada etika ini akan dikenakan hukuman

e. Pedagang tidak boleh terlalu kaku. Namun sebaliknya, perlu memperbolehkan proses tawar-menawar

f. Orang cina rela bertenggang rasa, berkompromi, dan bertoleransi serta tidak berburuk sangka

g. Pedagang cina selalu bersikap serius dengan kata-kata janji

10. Rahasia Bisnis Orang Cina

a. Meskipun kasih sayang dan sikap patuh tidak dapat dinilai dengan uang, kekayaan akan dapat memberikan kebahagiaan dan meningkatkan status sosial keluarga dalam masyarakat

b. Beberapa faktor yang mendorong keberhasilan orang cina adalah kemiskinan, perasaan kurang aman. Survival (kemampuan bertahan hidup) ditempat orang, tidak ada pilihan, dan ajaran falsafah yang didapat sejak kecil

c. Tidak ada magic dalam keberhasilan perdagangan orang cina

d. Dalam sosialisasi orang cina. Anak laki-laki adalah ahli waris keturunan. Salah satu cara menunjukkan penghormatan kepada kedua orang tua dan mengangkat martabat keluarga adalah menjadi kaya. Cara satu-satunya menjadi kaya adalah melalui perdagangan

e. Kekuatan yang memotivasi dan mendorong orang cina untuk berkecimpung dalam kegiatan perdagangan adalah ajaran konfusianisme (mengutamakan ketaatan kepada ibu bapak dan penghormatan kepada orang yang lebih tua)

f. Uang tidak pernah dijadikan sebagai penghalang. Asal ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Yang penting, kita harus berusaha, tabah, dan sanggup menderita untuk hidup susah

g. Orang cina tidak suka mendapat gaji. Orang cina dianjurkan berdagang meskipun hanya kecil-kecilan

h. Rahasia kesuksesan orang cina adalah karena tidak membatasi diri dalam menggeluti bidang perdagangan

11. Petuah Bisnis Orang Cina

a. Petuah untuk berhasil dalam bidang perdagangan adalah menjadi pedagang yang dapat dipercaya, mudah kalau berurusan, dan tidak banyak bicara

b. Untuk menjadi pedagang yang berhasil, mereka harus dapat memberikan dan mendapatkan keyakinan dari para pelanggannya

c. Menjadi pedagang yang berhasil, harus dapat memberikan dan mendapatkan keyakinan dari para pelanggan

d. Pedagang harus bersikap bersahabat, peduli, dan mempunyai ingatan yang kuat kepada pelanggan, seperti nama, pekerjaan, tempat tinggal serta wataknya

e. Para pedagang cina sangat mementingkan pelayanan kepada pelanggannya

f. Pedagang cina tidak takut dan tidak pelit untuk mengeluarkan sedikit biaya asal mereka dapat “menangkap” dan memikat hati pelanggan

g. Para pedagang cina mementingkan konsep kepercayaan

12. Keberhasilan Bisnis Orang Cina

a. Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis

b. Kegagalan dapat menjadi guru yang baik untuk mereka yang ingin berdagang

c. Tekad yang kuat sangat membedakan pedagang yang sukses dengan pedagang yang sedang-sedang saja

d. Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan kesabaran, niscaya akan menjadi aset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.

e. Dalam masyarakat cina, tidak ada konsep perdagangan yang dianggap biasa-biasa atau tingkat rendah

f. Orang cina cenderung memilih berdagang karena bidang ini tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan tempat. Selain bebas, kegiatan perdagangan juga menyediakan ruang yang luas bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuannya

13. Bakat Bisnis Orang Cina

a. Dimana ada air, disitu ada orang cina

b. Orang cina bisa membuka restoran dinegara kenya dan menjalankan perdagangan ritel di papua nugini yang sebagian besar penduduknya masih primitif

c. Dimanapun orang cina berada, mereka akan menguasai ekonomi

d. Yang dikatakan bakat dagang pada orang cina sebenarnya adalah dorongan yang menggerakkan mereka agar terjun dalam kegiatan perdagangan

e. Beberapa ciri yang menunjukkan seseorang itu memiliki bakat berdagang : mukanya bulat dan manis dipandang, badan berisi, dahi cerah dan luas serta begitu bergairah terhadap uang

f. Maju mundurnya sebuah perdagangan selalu dijadikan indikator oleh orang cina untuk menunjukkan apakah seseorang itu berbakat atau tidak dalam perdagangan

14. Kepandaian Bisnis Orang Cina

a. Emas yang tersembunyi hanya dapat dikeluarkan jika seseorang itu berusaha mencari dan menggalinya

b. Usahawan dan pedagang sejati tidak pernah menjadikan tempat sebagai alasan untuk tidak berdagang

c. Orang cina mengibaratkan perdagangan seperti pertambangan emas yang terbentang luas

d. Pedagang harus senantiasa mencari dan menggali

e. Dalam bidang perdagangan tidak ada istilah rasa sakit, yang ada adalah bangkit dan jangan takut pada sesuatu yang pahit rasanya

f. Pedagang tidak boleh mengerjakan pekerjaan setengah jalan, tetapi harus selesai dan tuntas serta menjadi sukses

g. Tidak ada kata gagal, hanya belum berhasil

h. Orang cina tidak suka mencari-cari alasan. Mereka berusaha menghilangkan alasan apapun dan menjauhkan diri dari pendapat-pendapat yang tidak membantu mereka

i. Orang cina tidak punya waktu untuk memikirkan alasan

j. Pandai atau tidaknya seorang pedagang hanya dapat diketahui setelah dia berhasil mengatasi segala rintangan yang dihadapi dalam perdagangan yang berisiko tinggi

15. Psikologi Bisnis Orang Cina

a. Sekali melangkah, mereka akan terus melangkah. Tidak ada kata mundur

b. Orang cina percaya, nasib buruk dapat diubah. Sial dan malang dapat dibuang dan digantikan dengan nasib yang baik

c. Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum melangkah ke dunia perdagangan adalah waktu yang sesuai, lokasi yang strategis, dan keberuntungan

d. Pemikiran dan pemahaman secara psikologi orang cina dipengaruhi oleh alam sekitarnya. Alam dapat dikatakan memegang peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam perdagangan

e. Keyakinan dan kepercayaan merupakan aspek penting dalam pemahaman secara psikologi yang dimiliki oleh para pedagang cina

16. Pemikiran Bisnis Orang Cina

a. Masalah adalah batu loncatan dan bukan penghalang untuk sebuah keberhasilan

b. Bagi orang cina, sebagian pedagang tidak harus cerdik dan memiliki otak yang cerdas. Yang diperlukan adalah keberanian menghadapi tantangan apa pun yang datang menghadang

c. Harus bisa memikirkan ide-ide dan peluang baru dalam perdagangan

d. Orang cina berfikir bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini bisa menghasilkan uang

e. Penting bagi pedagang untuk memiliki pemikiran yang dinamis karena dapat membantu mereka melihat dunia perdagangan secara menyeluruh dan tidak terbatas dalam lingkungan sekitar saja

f. Kedinamisan dalam masyarakat cina berkaitan erat dengan cara berfikir pedagang cina yang fleksibel. Orang cina mudah beradaptasi menyesuaikan dengan perubahan iklim ekonomi dan perilaku pasar

g. Orang cina selalu berfikir kedepan dan jarang sekali menoleh kebelakang

17. Cara Bisnis Orang Cina

a. Semakin besar angpau yang diberikan, semakin banyak keuntungan yang akan masuk

b. Pedagang cina biasanya tutup buku pada setiap akhir tahun. Suatu perdagangan dikatakan berhasil jika pada akhir tahun itu mencatat keuntungan. Para pedagang cina akan menyelesaikan utang tiga hari menjelang tahun baru

c. Pedagang tidak boleh mengatakan sesuatu yang tidak baik ketika memulai babak baru perdagangannya

d. Untuk mendapatkan ikan yang besar, kita harus menyediakan umpan dan alat yang baik

e. Tempat dalam berdagang harus mudah untuk didatangi, dihubungi, dan dicari

f. Warna memainkan peranan yang penting dalam membantu memajukan perdagang mereka. Sebab itu, orang cina suka memilih warna terang dan cerah sebagai latar belakang tempat perdagangan mereka

g. Lokasi perdagangan yang dianggap baik adalah yang memiliki kemudahan memarkir kendaraan, pengangkutan umum, dan tidak jauh dari pusat administrasi pemerintah

h. Impian tinggal impian jika pedagang terus bertahan di batas bawah dan tidak mau melakukan perubahan paradigma pada sikap dan tindakan

i. Orang cina merealisasikan impiannya dengan menyusun strategi bagaimana untuk memperbaiki kedudukan dan masa depannya

j. Resiko dan kerugian dalam perdagangan dapat diperkecil jika pedagang memiliki strategi menggunakan modal kerja dengan tertib

k. Pedagang tidak boleh mengikuti apa yang ada dalam kepalanya saja, sebaliknya mereka harus mengikuti perilaku, minat, dan kecenderungan orang banyak serta tren pasar

l. Ikatan yang kuat memungkinkan mereka memonopoli setiap aspek perdagangan yang berkaitan dengan bidang ritel

m. Dominasi orang cina dalam perdagangan ritel sulit untuk ditandingi karena mereka sudah membentuk satu jaringan dan asosiasi perdagangan yang mantap

n. Para pedagang cina lebih suka mencari titik temu daripada membesar-besarkan perbedaan yang ada diantara mereka

o. Pengalaman dan rasa kurang aman menjadi salah satu pendorong utama keberhasilan orang cina dalam perdagangan

p. Konsep berdagang orang cina adalah bekerja sendiri. Dengan bekerja sendiri, seseorang dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya

q. Pedagang harus memiliki daya tahan dan semangat juang yang tinggi. Mereka tidak mudah takluk pada keadaan, tetapi berusaha membuat keadaan takluk dan tunduk pada kehendak mereka

r. Modal bukan penentu utama untuk berhasil atau tidaknya sebuah perdagangan. Kadang kala modal yang sedikit diiringi dengan pengetahuan seluk-beluk perdagangan yang mantap dapat membuat pedagang berhasil

s. Ciri-ciri pedagang cina :

1. Sabar

2. Tidak mudah putus asa

3. Pandai merebut peluang

4. Memiliki kehumasan yang baik

5. Berpegang pada janji

6. Berusaha meyakinkan pelanggan selama menjalankan usaha dagang

7. Memiliki daya tahan yang dan semangat juang yang tinggi

8. Tidak suka menunggu karena peluang tidak pernah menunggu mereka

t. Tidak menjadi masalah jika pedagang tidak pandai membaca dan menulis, yang penting bisa menghitung dan mengurus uang

u. Mereka yang sudah memiliki tekad untuk berdagang tidak perlu membuang waktu membuat perencanaan yang rapi, memikirkan resiko, dam mempertimbangkan untung rugi. Yang perlu adalah tindakan nyata setelah memikirkan strategi dagang yang terbaik

v. Keberhasilan orang cina bukan disebabkan karena keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesunguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat dan air mata serta pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga

w. Orang cina rela menebalkan muka, menahan caci maki orang, dan hidup sederhana

x. Agar keuntungan terus bertambah, sebagian dari keuntungan harus disalurkan kepada mereka yang memerlukan

y. Dalam perdagangan, ada waktunya muncul dan tenggelam. Jika tenggelam, harus muncul kembali, jika jatuh harus bangun dengan kekuatan baru

18. Tips Bisnis Orang Cina

a. Pedagang harus menunjukkan kejujuran dan keikhlasan selagi melaksanakan urusan dagang

b. Pedagang harus mewujudkan kepercayaan dan ikatan yang akrab dengan pelanggan, tidak peduli apakah pelanggan itu pelanggan besar atau kecil dan pelanggan tetap atau baru

c. Pedagang harus melayani para pelanggannya dengan baik karena mereka adalah bagian penting dari perdagangan

d. Pedagang harus menuruti dan mengikuti permintaan pelanggan

e. Pedagang harus selalu bermuka manis dan murah senyum

f. Pedagang tidak boleh marah bahkan membentak pelanggan

g. Pedagang harus siap memberikan pelayanan tambahan dalam konteks perdagangan ritel, mengantar barang ke rumah pelanggan

h. Pedagang tidak boleh ragu-ragu menjawab segala pertanyaan yang banyak

i. Pedagang harus menunjukkan bahwa beliau merupakan seseorang yang serbatahu terutama dalam bidang yang berkaitan dengan perdagangannya

j. Pedagang harus menjadikan para pelanggan sebagai sahabat, bukannya pembeli yang datang dan pergi

k. Pedagang harus bangun pagi-pagi sekali dan membuka perdagangannya secepat mungkin

l. Pedagang harus memberikan pelayanan yang cepat dan gesit serta jangan membiarkan pelanggan menunggu

m. Pedagang tidak boleh bersikap suka berperasangka atau menghakimi para pelanggan dan orang lain

n. Pedagang harus selalu berfikiran terbuka dan positif

o. Pedagang harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa dia selalu sibuk

p. Pedagang tidak boleh tidur sewaktu menjalankan tugas dagang

q. Pedagang harus berusaha menciptakan suasana ceria, bukannya menimbulkan kebosanan

r. Pedagang harus memberikan kebebasan kepada pelangan untuk membuat pilihan

s. Pedagang harus membuat pelanggan merasa bahwa kehadirannya dielu-elukan

t. Pedagang tidak boleh berkata “ TIDAK” kepada pelanggan

u. Pedagang harus menyediakan uang receh sebagai uang kembalian bagi pelanggan

v. Pedagang tidak boleh menunjukkan kemewahannya di depan pelanggan karena image bukan datang dari perhiasan, melainkan pelayanan yang diberikan

w. Pedagang jangan sekali-kali makan di depan pelanggan karena dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan

x. Pedagang harus menempel pengumuman jika tempatnya ditutup sementara waktu

y. Pedagang harus menyimpan cadangan dan stok barang supaya tidak terjadi kekurangan

z. Pedagang tidak boleh menipu karena kepercayaan menjadi dasar utama dalam perdagangan.