Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran, ada baiknya jika Anda
mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk
Anda. Sebab tanpa informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa
besar potensi pasar yang ada, minat pasar akan produk Anda, apa saja peluang
pasar yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, serta tingginya tingkat persaingan pasar saat ini. Maka dari itu, adanya analisa
produk sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda menawarkan produk tersebut.
Salah satu
cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT.
Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor
internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang
terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi
para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka
menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
Beberapa faktor SWOT yang dapat
digunakan untuk menganalisa sebuah produk antara lain :
1. Kekuatan (Strengths)
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk
menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang
menarik, harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain
itu support dari team maupun manajemen, serta dukungan teknologi
untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk
yang berkualitas dan mampu bersaing.
2. Kelemahan (Weakness)
Selain
kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu
dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja
seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal,
proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih
kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa digunakan untuk
meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang dapat digunakan
sebagai media iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM
dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin
konsumtif. Sehingga mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produknya.
4. Ancaman (Threats)
4. Ancaman (Threats)
Yang keempat
yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus
meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku
karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.
Dengan
mengetahui hasil analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada
produk yang Anda ciptakan, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi apa yang
paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produk.