Senin, 06 April 2015

Filosofi Logo

Filosofi logo atau makna logo adalah sebuah unsur logo yang tidak boleh dihilangkan. Logo akan menjadi mahal bukan karena desainnya semata, namun juga serangkaian unsur yang ada didalamnya meliputi, desain, filosofis, maupun riset yang sebelumya telah dilakukan guna menciptakan sebuah logo. Kepandaian dan kreativitas designer logo menuangkan filosofis dalam bentuk visual yang didasarkan pada riset merupakan inti dari sebuah pembuatan logo. Fisosofi pada umumnya diaplikasikan dalam bentuk maupun warna. Itulah sebabnya logo memiliki istilah "big massages in the small object". Artinya adalah banyak pesan yang termuat dalam sebuah logo.
Pada logo perusahaan umumnya mereka membuat simbol-simbol logo sesuai dengan visi dan misi mereka. Terkadang juga dalam sebuah logo terdapat simbol-simbol tertentu yang sifatnya rahasia dan itu hanya diketahi oleh owner dan pembuatnya saja. Berikut beberapa hal yang biasanya dijadikan filosofi dari sebuah logo:
1. Corporate culture (kultur perusahaan)
2. Visi misi (tujuan dan arah kedepan perusahaan)
3. Nilai-nilai perusahaan
 
Filosofi yang paling sering diterapkan dalam logo adalah nilai-nilai. Misal: religius, profesional dan ramah lingkungan. Hal demikian sering divisualisasikan dalam warna, seperti warna biru menggambarkan profesionalitas dan warna hijau menggambarkan sebuah perusahaan yang ramah lingkungan.
 
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hendaknya urusan diserahkan pada ahlinya. Carilah jasa pembuatan logo yang profesional dan memiliki kapasitas yang baik untuk menciptakan sebuah logo. Logo tidak sesederhana desain, logo adalah desain yang memiliki detail dan makna filosofi di dalamnya. Bila perlu datanglah ke konsultan brand atau sekalian datang ke perusahaan yang melayani jasa branding. Salam, semoga artikel berikut dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan dibidang desain, filosofi logo, maupun branding.

Filosofi Burung angsa

Kalau kita tinggal di negara empat musim, maka pada musim gugur akan terlihat rombongan burung angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin. Burung-burung angsa tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf "V". Kita akan melihat beberapa fakta ilmiah tentang mengapa rombongan burung angsa tersebut terbang dengan formasi "V".


Fakta:

Saat setiap burung mengepakkan sayapnya, hal itu memberikan "daya dukung" bagi burung yang terbang tepat di belakangnya. Ini terjadi karena burung yang terbang di belakang tidak perlu bersusah payah untuk menembus “dinding udara” di depannya. Dengan terbang dalam formasi "V", seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71% lebih jauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian.

Pelajaran:

Orang-orang yang bergerak dalam arah dan tujuan yang sama serta saling membagi dalam komunitas mereka dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih mudah. Ini terjadi karena mereka menjalaninya dengan saling mendorong dan mendukung satu dengan yang lain.

Fakta:

Kalau seekor burung angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.

Pelajaran:

Kalau kita memiliki cukup logika umum seperti seekor burung angsa, kita akan tinggal dalam formasi dengan mereka yang berjalan di depan. Kita akan mau menerima bantuan dan memberikan bantuan kepada yang lainnya. Lebih sulit untuk melakukan sesuatu seorang diri daripada melakukannya bersama-sama.

Fakta:

Ketika burung angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan burung angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

Pelajaran:

Adalah masuk akal untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dan penuh tuntutan secara bergantian dan memimpin secara bersama. Seperti halnya burung angsa, manusia saling bergantung satu dengan lainnya dalam hal kemampuan, kapasitas dan memiliki keunikan dalam karunia, talenta atau sumber daya lainnya.

Fakta:

Burung-burung angsa yang terbang dalam formasi ini mengeluarkan suara riuh rendah dari belakang untuk memberikan semangat kepada burung angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.

Pelajaran:

Kita harus memastikan bahwa suara kita akan memberikan kekuatan. Dalam kelompok yang saling menguatkan, hasil yang dicapai menjadi lebih besar. Kekuatan yang mendukung (berdiri dalam satu hati atau nilai-nilai utama dan saling menguatkan) adalah kualitas suara yang kita cari. Kita harus memastikan bahwa suara kita akan menguatkan dan bukan melemahkan.

Fakta:

Ketika seekor burung angsa menjadi sakit, terluka, atau ditembak jatuh, dua burung angsa yang lain akan ikut keluar dari formasi bersama burung angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka akan tinggal dengan burung angsa yang jatuh itu sampai ia mati atau dapat terbang lagi. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka.

Pelajaran:

Kalau kita punya perasaan, setidaknya seperti seekor burung angsa, kita akan tinggal bersama sahabat dan sesama kita dalam saat-saat sulit mereka, sama seperti ketika segalanya baik.

Jadi apa keuntungan yang kita dapat dari perdebatan takberujung karena perbedaan? Bukankah lebih baik kita bahu membahu saling mengisi kekurangan kita? Mencari solusi terbaik bersama-sama disaat kita berbeda pandangan? Ingatlah kawan, bangsa ini bukan hanya milik kita tapi milik penerus & keturunan kita juga. Akankah kita mewariskan bangsa ini pada penerus kita bangsa yang carut marut tanpa arti? Jawabannya ada pada sahabat sekalian.

"Burung angsa pun bisa melakukannya, bagaimana dengan kita, sahabat?"

Kisah Perjalanan dan Filosofi Bisnis Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha sukses asal Indonesia. Menko Pereknomian yang menjabat sejak Mei 2014 ini mendirikan perusahaan Para Grup yang membawahi beberapa perusahaan lain. Pada 2011, Forbes menempatkan Chairul Tanjung di peringkat 11 orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar 2,1 miliar dolar AS. Kesuksesan tersebut tersebut tidak diperolehnya begitu saja. Chairul Tanjung harus berusaha dari sedikit demi sedikit dari bawah.

Pada awalnya keluarga Chairul Tanjung cukup berada. Namun saat Orde Baru terbentuk, usaha surat kabar kecil milik ayahnya harus ditutup karena tulisannya berseberangan dengan pemerintah. Sejak itulah keluarga mereka hidup dalam kemiskinan. Namun ayah dan ibu Chairul Tanjung menolak pasrah begitu saja. Demi nasib yang lebih baik, mereka berusaha sekuat tenaga untuk menyekolahkan anak-anaknya. Bahkan demi mendaftarkan Chairul Tanjung ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI), sang ibu harus menjual kain batik halusnya. Namun pengorbanan tersebut tidak sia-sia. Pada 1984-1985, Chairul Tanjung menerima penghargaan sebagai mahasiswa teladan.

Semasa kuliah, Chairul Tanjung tak hanya dikenal sebagai mahasiswa teladan. Ia juga dikenal sebagai pengusaha kecil-kecilan. Pada masa inilah insting bisnisnya mulai tumbuh. Demi membiayai kuliah, ia membuka berbagai macam usaha seperti usaha fotokopi di UI, toko peralatan kedokteran dan laboratorium, hingga berjualan kaos dan buku stensilan. Sayangnya usaha tersebut belum berhasil. Akhirnya setelah lulus kuliah, ia dan rekan-rekannya mendirikan PT. Pariarti Shindutama yang memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor. Keberuntungan mulai berpihak pada Chairul Tanjung. Perusahaan ini mendapat pesanan 160 pasang sepatu dari Italia. Namun PT. Pariarti Shindutama terpaksa bubar karena perbedaan pandangan dalam berbisnis. Chairul Tanjung pun memutuskan untuk membuat perusahaan sendiri.

Chairul Tanjung mendirikan perusahaan konglomerasi bernama Para Group, dengan Para Inti Holdindo sebagai father holding company. Perusahaan ini memiliki tiga sub-holding, yaitu Para Global Investindo yang berfokus pada bisnis keuangan, Para Inti Investindo yang berfokus pada media dan Investasi, serta Para Inti Propertindo yang berfokus pada properti.

Di bawah Para Group, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan. Di bidang keuangan, ada Bank Mega Tbk, Asuransi Umum Mega, Mega Finance, Bank Mega Syariah, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, dan Mega Capital Indonesia. Sedangkan di bidang properti dan Investasi, ada Mega Indah Propertindo, Batam Indah Investiondo, Para Bandung Propertindo, dan Para Bali Propertindo. Kemudian di bidang penyiaran dan multimedia ada Trans Studio, Trans7, Trans Fashion, Mahagagaya Perdana, dan Trans Lifestyle. Selain itu Para Group juga memiliki Bandung Supermall.

Pada 1 Desember 2011, Chairul Tanjung mengubah Para Grup menjadi CT Corp. Perusahaan ini memiliki tiga perusahaan sub-holding yaitu Trans Corp, Mega Corp, dan CT Global Resources. Pelayanannya melingkupi bidang hiburan, finansial, media, gaya hidup, ritel, dan sumber daya alam.

Di balik kesuksesannya, Chairul Tanjung memiliki beberapa filosofi bisnis. Filosofi-filosofi itulah yang membuatnya tak mau menyerah saat menghadapi kegagalan serta tak gentar menghadapi tantangan. Berikut ini adalah filosofi bisnis Chairul Tanjung :


1. Sabar menaiki anak tangga kesuksesan satu demi satu

Dunia bisnis membutuhkan pengusaha yang sabar. Sebab, kesuksesan tidak bisa diperoleh secara instan. Setiap pengusaha harus memulai bisnisnya dari bawah. Terkadang dibutuhkan waktu yang lama dan usaha yang besar untuk naik tingkat. Namun jangan khawatir, perjuangan Anda akan berbuah manis. Tak perlu mengambil jalan pintas dengan cara curang. Nikmati perjuangan Anda, baik sisi enak maupun sisi tidak enaknya.


2. Kesuksesan tidak terletak pada modal, tetapi pada kerja keras

Modal yang besar memang memudahkan Anda dalam berbisnis. Namun modal bukanlah segalanya. Justru jika tidak bisa mengelola, modal akan menjadi pedang bermata dua. Bisa-bisa Anda mengambil langkah keliru dalam berinvestasi atau bangkrut seketika karena menghabiskan uang sesukanya. Modal yang sedikit justru membuat pengusaha lebih menghargai uang.

Poin utama yang menentukan kesuksesan adalah kerja keras. Tidak ada pebisnis sukses yang tidak bekerja keras. Mereka justru bekerja berkali-kali lipat dari orang lain. Ketika orang lain tidur, mereka bekerja. Ketika orang lain bekerja, mereka bekerja makin keras. Hindari sikap malas. Lakukan pekerjaan yang ada di hadapan Anda, jangan menunda-nunda. Jadikan kerja keras sebagai sebuah kebiasaan.


3. Menjalin relasi dengan semua orang

Bayangkan pengusaha sebagai orang yang berada di dalam rumah. Jika kesuksesan adalah pemandangan, maka relasi adalah jendela dan pintu rumahnya. Semakin banyak relasi yang Anda miliki, semakin banyak pula kesempatan untuk sukses. Mari jalin hubungan baik dengan semua orang. Jangan membatasi pergaulan. Bisa saja sebuah perusahaan tak ternama memberi keuntungan besar bagi perusahaan Anda.

Bagaimana cara menjalin relasi kerja? Manfaatkan acara-acara bisnis seperti seminar kerja, peluncuran perusahaan baru, pesta pengangkatan manajer suatu perusahaan, dan sebagainya. Datang saja ke acara tersebut dan bawa kartu nama Anda. Usahakan berbicara dengan sebanyak mungkin orang. Tukar kartu nama Anda dengan kartu nama mereka.


4. Berani menjalin kerja sama dengan perusahaan multinasional

Terkadang, pengusaha merasa rendah diri terhadap perusahaan multinasional. Akibatnya ia menolak kesempatan kerja sama dengan perusahaan tersebut. Hal ini sangat disayangkan, sebab sebenarnya ia bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Perusahaan multinasional biasanya merupakan perusahaan besar, maka mereka sanggup membayar biaya tinggi. Saat ini di Indonesia ada perusahaan Adidas, Google, Coca-Cola, Microsoft, Puma, Pepsi, dan sebagainya. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan perusahaan Anda. Misalnya saja Anda memiliki perusahaan penghasil sepatu. Mengapa tidak mencoba bekerja sama dengan Adidas atau Puma? Namun sebelumnya, pastikan bahwa kualitas perusahaan Anda sudah memadai. Sebab Anda membawa nama baik Indonesia. Selama bekerja sama dengan perusahaan multinasional, beri kesan bahwa pengusaha Indonesia memiliki potensi dan kemampuan yang patut diacungi jempol.


5. Tidak boleh cengeng dan mudah menyerah

Pengusaha akan menghadapi banyak kegagalan sebelum mencapai kesuksesan. Dibutuhkan keberanian untuk bangkit dari kegagalan. Jangan cengeng, apalagi mudah menyerah. Anda tak pernah tahu kapan Anda akan sukses. Sungguh sayang jika ketika Anda menyerah, ternyata jarak menuju kesuksesan tinggal satu inci lagi. Oleh karena itu milikilah mental yang kuat.


6. Menciptakan bisnis yang tidak biasa

Jika ingin meraup keuntungan besar, ciptakan ide bisnis yang unik. Perhatikan sekeliling Anda. Mungkin selama ini ada kebutuhan yang luput dari mata pengusaha lain. Beranikan diri untuk terjun ke bidang itu. Misalnya saja perusahaan AQUA. Pada awalnya tidak ada pengusaha yang berpikir untuk memproduksi air mineral kemasan. Pendiri AQUA, Tirto Utomo, memberanikan diri untuk menjadi pelopor. Kini perusahaan AQUA telah sukses dan mendominasi bisnis air mineral kemasan.

Filosofi Bisnis Yang Dianut Para Entrepreneur Sukses Dunia

1. Dustin Moskovitz (27 tahun)
Ia adalah co-founder Facebook yang kemudian memilih untukmendirikan perusahaannya sendiri, Asana. Ia juga dikenalmenjadi investor di berbagai perusahaan yang berbasisteknologi informasi.
MULAI SEGERA
"Karena kita mulai sejak usia 20-an, kita punya waktu beberapa dekade ke depan untuk mencari tahu apa kemungkinan yang punya dampak terbesar dari sumber (pengetahuan) yang kita miliki."

2. Yoshikazu Tanaka (34 tahun)
Ia adalah pendiri social media network terbesar asli dari Jepang, Gree.jp.
BERPIKIR GLOBAL
"Platform Gree terbaru yang kami kembangkan ini menunjukkan komitmen bahwa kami akan terus membangun ekosistem global untuk mobile developersyang gratis untuk dimainkan. Tujuan kami adalah menawarkan pengalaman bermain game berbasissosial networkterbaik untuk semua pemain di dunia."

3. Oleg Bakhmatyuk (37 tahun)
Pria dari Ukraina ini usahanya cukup unik. Ia berhasil jadi triliuner dari bisnis telur yang berada di bawah grup usaha Avangard dan Ukrlanfarming. Dari pengusaha gas, ia berpindah ke bisnis telur karena menganggap bahwa memberi makan pada banyak orang agar tidak kelaparan adalah bisnis masa depan.
KERJA SAMA
"Perjanjian ini akan memberikan keuntungan tambahan bagi semua pemangku kepentingan Avangard, yakni dengan memberikan kepastian jaminan keamanan, persediaan, serta meningkatkan kemampuan penjualan dan pemasaran yang saling terintegrasi."

4. Chen Tianqiao (39 tahun)
Ia adalah pengusaha hiburan berbasisgame terbesar di China, yakni Shanda Interactive Entertainment. Ia membesarkan usaha ini bersama istrinya, Qianqian Luo dan saudaranya, Danian.
SUKSES BUTUH DUKUNGAN ORANG TERDEKAT
"Kebahagiaan keluarga lebih penting daripada kesuksesan sebuah bisnis."

5. Mikhail Abyzov (38 tahun)
Merupakan salah satu triliuner dari Moskow, Rusia, yang menjulang namanya berkat perusahaannya, E4 Group, yang bergerak di bidang penyediaan energi.
BERPIKIR UNTUK KEPENTINGAN YANG LEBIH BESAR
"Kami ingin menciptakan pusat materi dan teknologi ketenagaan baru serta mengujinya sebagai energi yang lebih efisien. Tujuan dari proyek ini bukan hanya sebagai ajang ujicoba teknologi abad 21 yang memungkinkan keuntungan dalam periode singkat, tapi menciptakan kondisi yang penting untuk kebutuhan di Rusia, karena masyarakat kita sangat butuh hal ini."

Kreativitas yang Akan Melambungkan Bisnis Anda

Kenali pola yang umum dalam hal yang berbeda.
 Akibat mempelajari kebiasaan dan rutinitas, ide baru terkadang terdengar sama dengan yang lama. Orang-orang kreatif mendapatkan hasil dari mengombinasikan hal-hal yang justru tidak umum.
Menantang perubahan dengan mengganti tantangan.
 Mengubah cara pandang terhadap sesuatu, maka hal yang Anda lihat akan berubah. Hal yang terus menerus dan terjadi berulang kali akan menghalangi visi dan menempati imajinasi Anda. Kadang sangat berguna untuk membayangkan pendekatan yang bertolak belakang, atau bekerja dengan urutan yang terbalik.
Berpikir tentang hal yang tak terpikirkan.
Kita perlu melakukan cara untuk mengacaukan imajinasi, demi mengeksplorasi batasan terluar atau alternatif, supaya kita dapat memperoleh hasil yang tidak biasa.
Pelaksanaan adalah kunci dari berpikir kreatif.
 Kebanyakan seniman gagal dalam pelaksanaan. Anda harus melakukan segala sesuatu secara berurutan.

Tugas Direktur, Komisaris, & CEO



Direktur :
- Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif
- Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya bekerjasama dengan MD atau CEO)
- Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat; menyesuaikan alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan.
- Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar.
- Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapainya keselarasan dan efektivitas.
- Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh BOD atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting BOD.
- Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum, sebagai referensi dalam … (apapun standar dokumen kebijakan direktur yang mungkin Anda gunakan).
Komisaris :
- Memerintah (to govern) organisasi dengan menetapkan kebijakan-kebijakan dan tujuan-tujuan luas dari perusahaan tersebut.
- Memilih, mengangkat, mendukung, dan menilai kinerja dewan eksekutif
- Memastikan keberadaan dan kecukupan sumber keuangan.
- Mengesahkan anggaran tahunan.
- Bertanggung jawab atas kinerja perusahaan kepada para anggota pemegang saham.
- Menentukan gaji dan kompensasi mereka sendiri.
CEO :
Bertanggung jawab atas tugas-tugas operasionalisasi sehari-hari hingga tindakan yang diperlukan dalam langkah bisnis.
Perbedaan dari tiap-tiap posisi tersebut yakni jika komisaris lebih kepada pengawasan, sedangkan direktur yakni mempertanggungjawabkan kepada direksi dan CEO memiliki tanggung jawab lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Kriteria Bisnis Berbasis Passion



  1. Bila bisnis tersebut bila dikerjakan kita tak akan pernah bosan.
  2. Bisnis yang kita jalani tersebut akan selalu disupport oleh ide – ide kreatif dari otak kita, misalnya ide untuk berinovasi, mengadakan perubahan, dan strategi – strategi baru.
  3. Kita rela menghabiskan waktu tersebut hanya untuk bisnis tersebut.
  4. Tak pandang waktu dan tak pandang kata LELAH, kita akan terus semangat untuk menjalankan bisnis tersebut.
  5. Sekecil apapun peluang usaha yang dapat dihasilkan dari bisnis tersebut kita ambil, seperti peluang kerja sama, dsb.

Ide Bisnis Yang Menjanjikan



  1. Berjualan Kepentingan Kehidupan – Berjualan, seperti makanan pokok, bahan pokok, minuman, pakaian, peralatan rumah tangga, alat pendidikan, dsb.
  2. Membuka Kursus Online – Bisnis yang tiada matinya, teruslah menuntut ILMU. Dan Teruslah berbagi ILMU, salah satunya dengan membuka kursus online, bisa berupa kursus kepandaian, ilmu, bisnis, dll.
  3. Desain grafis – kebutuhan akan desain dari waktu ke waktu sangat dibutuhkan pada era globalisasi menjadi suatu peluang usaha yang menjanjikan bagi anda yang berminat pada hal desain. Seperti, desain website, kartu nama, logo, banner, sampul buku, dsb.
  4. Animator – animasi pada tahun 2014 ini sangat dibutuhkan, perikalanan produk yang semakin banyak membutuh para animator terus dicari oleh para suplier produk.
  5. Bisnis travel – berbisnis ke mancanegara adalah hal yang  umum pada saat ini dan wisata keluar negeripun sekarang bukanlah hal yang sulit dilakukan. Bisnis travel sangat berpeluang untuk menghasilkan sehingga ini dapat dikategorikan sebagai bisnis yang menjanjikan.
  6. Bisnis Modifikasi Motor – motor lebih terlihat trendy adalah impian sebagian pemilik motor, dengan modifikasi motor, tentunya motor hingga pemiliknya lebih terlihat gagah naik kisaran 15% << menurut gue :D . Bisnis ini cukup dianjurkan bagi anda yang berminat dan untuk memodifikasi sendiri anda dapat belajar dari situs youtube.com .
  7. Bisnis Properti – rumah akan terus dibutuhkan. Peralatan rumah juga terus dibutuhkan, ini saatnya kita untuk memanfaatkan peluang bisnis ini. Untuk dari bisnis properti ini dapat dibilang cukup besar.
  8. Internet Marketing – Bukan hal yang mustahil lagi bagi kita bisa mendapatkan hingga puluhan juta rupiah, telah banyak internet marketer yang membuktikan bahwa bisnis online (interet marketing) dapat menghasilkan uang.
  9. Laundry  – tak butuh keahlian khusus untuk bisnis ini, cukup dengan memiliki mesin cuci dan gosokan kita sudah dapat untuk berbisnis laundry.
  10. Katering – kesibukan yang mungkin dialami oleh sebagian keluarga di Indonesia membuat  bisnis katering cukup diincar. Bisnis katering tersebut cukup langganan dengan pesta perkawinan, hari raya, dan pesta ulang tahun. Peluang bisnis besar bagi anda yang bemrinat bisnis di bidang kuliner.
  11. Membangun Game Station – warnet dan penyewaan PlayStation adalah hal yang selalu ramai oleh konsumen, terutama anak – anak. Mari manfaatkan peluang ini untuk membangun suatu bisnis yang sukses cepat.
  12. Menjadi Blogger – Buatlah sebuah blog, lalu isi dengan konten yang berkualitas, dan datangkan trafik yang banyak.  Bila blog anda telah mendapatkan banyak visitor dan blog anda telah sukses, cobalah untuk menjadi publisher online.
  13. Menjadi Freelancer Musik di berbagai caf̩ Рcaf̩ yang yang sudah banyak hadir pada saat ini dapat anda jadikan sebagai suatu bisnis yang cukup menjanjikan untuk menghasilkan penghasilan. Memiliki bakat bermain gitar atau piano, anda dapat mengajukan penawaran untuk menjadi pengisi acara musik di caf̩ Рcaf̩ tersebut.