Senin, 06 April 2015

Filosofi Logo

Filosofi logo atau makna logo adalah sebuah unsur logo yang tidak boleh dihilangkan. Logo akan menjadi mahal bukan karena desainnya semata, namun juga serangkaian unsur yang ada didalamnya meliputi, desain, filosofis, maupun riset yang sebelumya telah dilakukan guna menciptakan sebuah logo. Kepandaian dan kreativitas designer logo menuangkan filosofis dalam bentuk visual yang didasarkan pada riset merupakan inti dari sebuah pembuatan logo. Fisosofi pada umumnya diaplikasikan dalam bentuk maupun warna. Itulah sebabnya logo memiliki istilah "big massages in the small object". Artinya adalah banyak pesan yang termuat dalam sebuah logo.
Pada logo perusahaan umumnya mereka membuat simbol-simbol logo sesuai dengan visi dan misi mereka. Terkadang juga dalam sebuah logo terdapat simbol-simbol tertentu yang sifatnya rahasia dan itu hanya diketahi oleh owner dan pembuatnya saja. Berikut beberapa hal yang biasanya dijadikan filosofi dari sebuah logo:
1. Corporate culture (kultur perusahaan)
2. Visi misi (tujuan dan arah kedepan perusahaan)
3. Nilai-nilai perusahaan
 
Filosofi yang paling sering diterapkan dalam logo adalah nilai-nilai. Misal: religius, profesional dan ramah lingkungan. Hal demikian sering divisualisasikan dalam warna, seperti warna biru menggambarkan profesionalitas dan warna hijau menggambarkan sebuah perusahaan yang ramah lingkungan.
 
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hendaknya urusan diserahkan pada ahlinya. Carilah jasa pembuatan logo yang profesional dan memiliki kapasitas yang baik untuk menciptakan sebuah logo. Logo tidak sesederhana desain, logo adalah desain yang memiliki detail dan makna filosofi di dalamnya. Bila perlu datanglah ke konsultan brand atau sekalian datang ke perusahaan yang melayani jasa branding. Salam, semoga artikel berikut dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan dibidang desain, filosofi logo, maupun branding.

Tidak ada komentar: