Filosofi logo atau makna logo adalah sebuah unsur logo yang tidak boleh
dihilangkan. Logo akan menjadi mahal bukan karena desainnya semata,
namun juga serangkaian unsur yang ada didalamnya meliputi, desain,
filosofis, maupun riset yang sebelumya telah dilakukan guna menciptakan
sebuah logo. Kepandaian dan kreativitas designer logo menuangkan
filosofis dalam bentuk visual yang didasarkan pada riset merupakan inti
dari sebuah pembuatan logo. Fisosofi pada umumnya diaplikasikan dalam
bentuk maupun warna. Itulah sebabnya logo memiliki istilah "big massages
in the small object". Artinya adalah banyak pesan yang termuat dalam
sebuah logo.
Pada logo perusahaan umumnya mereka membuat simbol-simbol logo sesuai
dengan visi dan misi mereka. Terkadang juga dalam sebuah logo terdapat
simbol-simbol tertentu yang sifatnya rahasia dan itu hanya diketahi oleh
owner dan pembuatnya saja. Berikut beberapa hal yang biasanya dijadikan
filosofi dari sebuah logo:
1. Corporate culture (kultur perusahaan)
2. Visi misi (tujuan dan arah kedepan perusahaan)
3. Nilai-nilai perusahaan
Filosofi yang paling sering diterapkan dalam logo adalah nilai-nilai.
Misal: religius, profesional dan ramah lingkungan. Hal demikian sering
divisualisasikan dalam warna, seperti warna biru menggambarkan
profesionalitas dan warna hijau menggambarkan sebuah perusahaan yang
ramah lingkungan.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, hendaknya urusan diserahkan pada
ahlinya. Carilah jasa pembuatan logo yang profesional dan memiliki
kapasitas yang baik untuk menciptakan sebuah logo. Logo tidak
sesederhana desain, logo adalah desain yang memiliki detail dan makna
filosofi di dalamnya. Bila perlu datanglah ke konsultan brand atau
sekalian datang ke perusahaan yang melayani jasa branding. Salam, semoga
artikel berikut dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan
dibidang desain, filosofi logo, maupun branding.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar