Senin, 16 Maret 2015

Tips Hemat Jadi Mahasiswa Perantauan agar Tetap Jadi Mahasiswa Gaul

1. Hemat. Di mana-mana yang namanya ngerantau itu nggak boleh jauh-jauh ama yang namanya hidup hemat. Oke, pergunakan uang elu sebijak mungkin, jangan terlalu dibuat foya-foya. Jadi, sebisa mungkin elu harus pantau pengeluaran elu. Kalo perlu, pangkas semua kebutuhan yang kiranya nggak penting buat elu.  Uang bulanan juga gitu, kalo bisa elu gunain setiap hari secara konstan, Jangan elu hambur-hamburin di awal bulan, nah trus akhir bulannya elu kere.

2. Makan. Hemat boleh, makan sehari 3 kali harus. Yang namanya urusan makan emang nggak boleh diganggu gugat. Jangan jadi bego dengan ngirit uang makan hanya untuk nonton film 3D pas malem minggu. Nonsense!. Nggak lucu juga kan kalo tiba-tiba elu masuk UGD cuma gara-gara elu telat makan atau yang lebih parahnya lagi elu opname karena malnutrisi. Itu nggak KEREN!!!!

3.  Masak. Biar hemat aja, kadangkala kita emang butuh ni softskill. Walaupun cuma sekadar masak mie instant. Tapi bener, masak itu 2 kali lebih hemat daripada beli makanan di warung. Dan, cowok itu suka cewek yang jago masak. Dan, gua tambahin nih, cewek itu paling menghargai ama cowok yang walapun nggak bisa masak, tapi dia tetep nyoba masak. Swearrrrrrrrr....its true. 
:kiss

4.  Laundry. Hindari yang namanya LAUNDRY!!. Emang zaman udah canggih, saking canggihnya sampe nyuci baju aja ada mesinnya. Jangan sampe elu ngaku anak kost-an kalo elu belum pernah yang namanya nyuci baju elu sendiri. Emang sih laundry itu nolong banget, apalagi buat mahasiswa sibuk. Tapi hello???sesibuk apa sih loe, sampe nyuci baju sejam dalam seminggu sekali aja nggak sempet, giliran online internet 3 jam dalam tiap hari aja bisa. 
:cd

5.  Pulang Kampung. Jangan keseringan pulang kampung. Nah, kalo yang ini sifatnya conditional. Maksud gua, tergantung ama jarak kampus ama kampung elu. Kalo kampung elu jauh, gua saranin elu jarang pulang. Karen sebenernya dengan elu pulang itu adalah suatu pemborosan. Emang sih enak, bisa ketemu keluarga plus perbaikan gizi. Tapi ya liat-liat keadaan men. Jangan sampe jarak kampus-kampung 6 jam trus elu tiap minggu pulang kampung. Bayangin aja berapa duit elu pake buat transport, belum lagi uang jajan selama elu perjalanan, dan yang lebih fatal lagi, waktu yang udah elu buang. Coba deh, gunain teknologi buat penghilang rasa kangen elu ke keluarga. Telpon kek, SMS, BBM, webcam. At least ini bisa sedikit ngurangin rasa kangen elu ama keluarga di kampung.

6. Pulsa. Oke, pulsa ini emang penting banget buat kita. Tapi, siapa yang kira kalo pulsa ini bisa jadi pisau bermata dua buat kita??. Biasanya mahasiswa paling banter itu punya modem, ama HP 2 biji, alhamdulillah kalo dia pake BB. Saran gua, kalo elu pake BB, elu jangan isi paket full, isi cuma buat social network aja. Masalah browsing internet elu andalin internet pake modem di laptop elu. Kalo perlu, dan ini wajib hukumnya, elu harus manfaatin fasilitas kampus kayak wi-fi. Jangan bilang elu nggak pernah make wi-fi kampus gara-gara males ngangkat laptop ke kampus. :cd. Kalo HP, gua saranin elu punya 2 sim card. Meskipun  jadi banyak ngisi pulsanya, tapi gua yakin itu manfaat. Karena kita berhubungan nggak sama satu atau dua orang. Iya kalo providernya sama, kalo nggak?? Pikir aja sendiri. Yah, trick aja sih ini sebenernya.

7. Shopping. Shopping atau belanja sesuatu yang dirasa bakalan mahal mendingan dilakuin di akhir bulan aja. Beda ama orang-orang yang udah punya penghasilan, mereka pasti bakalan shopping di awal bulan, karena pas itu mereka lagi kaya. Nah kita????kaya????emak loe kaya??.hahaha. Shopping buat mahasiswa kost emang paling efektif di akhir bulan, jadi kita bisa ngontrol pengeluaran kita, karena yang pasti uang kita pasti bakalan pas karena inget, ini akhir bulan...hahaha
:ngakak 


8. Hedon. Jadi mahasiswa rantau juga perlu hedon. Nah, tanemin prinsip ini di benak elu. Jangan sampe elu nggak pernah nginjek ama yang namanya Mall, Bioskop, dll cuma karena elu mahasiswa rantau. Ingett men, kita masuk bangku kuliah aja susah, cari IP susah, masak elu juga mau ngejalanin hidup yang penuh peperangan di kampus tanpa ada refreshingnya???? Bisa-bisa elu depresi masuk rumah sakit jiwa.
      Hedon perlu elu lakuin. Tapi, jangan selalu. Emang sih yang namanya hedon itu pasti adiktif banget. Misalnya, sekali elu blanja di Mall, makan di food court ato nonton, elu pasti bakalan ketagihan. Tapi, di sini gua nggak ngajarin elu jadi mahasiswa goblok yang cuma hambur-hamburin duit buat kesenangan sesaat. Jadi, hedon minimal elu lakuin itu sebulan ato 2 bulan sekali aja. Di luar itu elu masih bisa keluar ato hangout tapi nggak perlu pake keluar duit banyak, just refreshing aja. Biasanya, gua hedon itu kalo abis UTS ato UAS. Buat ngilangin rasa jengkel gua selama bertempur melawan ujian. Dan, saran gua mending elu hedon di akhir bulan juga. sama kayak shopping. So, siapin uang elu agak berlebih di akhir bulan untuk hedon itu tadi.

9. Nabung. Seaman-amannya hidup elu, pasti ada saat di mana elu kena masalah. Apalagi kalo masalah finansial. Jadi solusi yang tepat adalah nabung. Jadi, kalo ada pengeluaran yang nggak terduga, elu ada simpanan yang bisa elu keluarin sewaktu-waktu.

10. Kerja. Oke, ini adalah final action kita sebagai mahasiswa rantau yang masih pengen hidup gaul. Jangan ngaku anak gaul alo elu belum pernah makan donat J Co. #oke ini nggak nyambung#. Jadi, selain elu nabung, elu juga bisa kerja. ah, kerjanya di sini tergantung waktu elu aja. Jangan elu prioritaskan kerja di atas kuliah elu. Nggak lucu juga kan tiba-tiba nilai elu jeblok karena elu lembur kerja. Jadi cari kerja yang waktunya bisa disesuaikan ama jadwal kuliah. Misalnya ngajar les, jadi penyiar radio, atau jaga warnet waktu weekend. Nggak ada salahnya kan???? Yang penting kerja kita halal dan nggak bikin rugi orang lain.

Tidak ada komentar: