Kamis, 12 Maret 2015

Cara Mengenali Karakter Pengusaha Sukses

Inilah cara mengenali karakter pengusaha sukses;
1. Pantang Menyerah
Menjadi pengusaha bukanlah sebuah usaha instan untuk cepat kaya semisal babi ngepet. Kegagalan semacam cemilan ringan bagi pengusaha. Akumulasi dari kegagalan-kegagalan tersebutlah yang membentuk karakter seorang pengusaha. Pasar mempekerjakan dan memberhentikan Anda setiap detiknya. Hanya pengusaha sejati yang membersihkan debu para pengangguran tersebut dan mempekerjakannya kembali secara layak.
2. Daya Fokus
Bahkan kekuatan fotosintesis matahari untuk membakar tumbuhan memerlukan fokus. Fokus acapkali disingkat menjadi Follow One Course Until Sucsesful! Tentukan fokus jauh-jauh hari dan canangkan target yang realistis. Kita tidak bisa mencapai apapun, jika kita belum menentukan titik fokus mana yang hendak kita capai.
3. Diferensiansi (Pembeda)
Untuk dapat dikenali dan diingat oleh pasar, Anda harus menemukan pembeda Anda dengan pengusaha lainnya. Pembeda tersebut akan menjadi merek Anda. Dan merek tersebutlah yang akan menjadi nilai jual Anda pada pasar.
4. Kekuatan Relasi
Anda tidak dapat melakukan kesepakatan yang baik dengan mitra yang buruk. Seperti memilih pasangan, pilihlah mitra bisnis yang memiliki kapabilitas yang unggul. Tidak semua pengusaha membutuhkan mitra. Dan tidak semua orang dapat dijadikan mitra bisnis. Carilah mitra bisnis yang satu visi dengan Anda, namun memiliki kemampuan berbeda yang membuat bisnis Anda saling melengkapi.
5. Menghargai Setiap Detail
Cobalah temukan hal-hal kecil dalam bisnis Anda yang bisa saja menjadi hal besar bagi pelanggan. Ciri paling khas dari seorang pengusaha sejati adalah menghargai setiap detail demi pengembangan usahanya. Jangan biarkan nila yang setitik, merusak susu Anda yang sebelanga itu. Tidak ada pelanggan yang ingin mengomsumsi susu yang tidak steril. Kecuali jika Anda bukan pengusaha tulen. Kecuali jika Anda seorang penipu yang hanya ingin untung sendiri tanpa mempertimbangkan kesehatan dan kenyamanan pelanggan Anda.

Tidak ada komentar: