BERIKUT
KARAKTER PENGUSAHA SUKSES:
1. Lakukan apa
yang Anda nikmati
Apa yang Anda dapatkan dari bisnis dalam bentuk
kepuasan pribadi, pendapatan finansial, stabilitas dan kenikmatan adalah nilai
yang akan Anda tempatkan dalam bisnis Anda. Jadi, jika Anda tidak menikmati apa
yang Anda kerjakan, maka kemungkinan akan tercermin dalam keberhasilan bisnis
Anda –atau kesuksesan Anda berikutnya. Nyatanya, jika Anda tidak menikmati apa
yang Anda kerjakan, peluangnya Anda tidak akan sukses.
2. Bekerja
dengan serius
Anda tidak bisa berharap untuk efektif dan sukses
dalam bisnis kecuali Anda benar-benar yakin dengan bisnis dan produk atau jasa
yang Anda jual. Terlalu banyak pengusaha rumahan yang gagal menjalankan
bisnisnya dengan cukup serius, mudah beralih dan tidak termotivasi dan
mempertajam indera penciuman mereka. Mereka juga menjadi santapan mereka yang
memandang bisnis rumahan dengan sebelah mata karena mereka tidak bekerja di
gedung perkantoran, toko, atau pabrik. Sedikit yang melakukan dengan skeptis,
tahu bahwa sejumlah orang yang bekerja dari rumah, dan menghasilkan pendapatan
tahunan yang bagus, telah melonjak di beberapa tahun terakhir ini.
3. Merencanakan
segala sesuatunya
Merencanakan setiap aspek bisnis rumahan Anda bukan
saja merupakan suatu keharusan, tapi juga membangun kebiasaan yang harus
dikembangkan, diterapkan, dan dipelihara oleh pengusaha. Perencanaan bisnis
sangat penting karena mengharuskan Anda menganalisa setiap situasi bisnis,
melakukan riset dan mengumpulkan data, serta membuat kesimpulan yang
berdasarkan fakta yang didapatkan dari riset. Perencanaan bisnis juga sebagai
fungsi kedua, dimana tujuan Anda dan bagaimana mencapainya, diatas kertas. Anda
bisa menggunakan rencana yang Anda buat baik sebagai peta yang Akan membawa
Anda dari titik A ke Z serta sebagai pengukur kesuksesan masing-masing rencana
individu atau segmen dalam rencana.
4. Mengelola
uang dengan bijak
Alur kas adalah denyut nadi setiap bisnis apapun. Anda
membutuhkannya untuk membeli inventori, membayar jasa, mempromosikan dan
memasarkan bisnis Anda, memperbaiki dan menempatkan alat dan perlengkapan, dan
menggaji diri Anda sendiri sehingga Anda bisa tetap melanjutkan pekerjaan.
Karena itu, semua pengusaha rumahan harus menjadi manajer keuangan yang bijak
untuk memastikan alur kas tetap berjalan dan tagihan terbayarkan. Ada dua aspek
manajemen keuangan yang bijak:
- Uang yang Anda terima dari klien sebagai pertukaran barang atau jasa yang Anda sediakan (pendapatan)
- Uang yang Anda keluarkan untuk inventori, supplai, upah, dan item lain yang dibutuhkan untuk operasional bisnis Anda.(pengeluaran)
5. Meminta
penjualan
Pengusaha rumahan harus selalu ingat bahwa kegiatan
pemasaran, periklanan, atau promosi tidak bermanfaat, terlepas dari seberapa
cerdas, mahal, atau dibidik dengan tepatnya mereka, kecuali satu hal sederhana
yang diselesaikan – meminta penjualan. Ini tidak menjelaskan bahwa menjadi
sales yang hebat, advertising copywriting atau ahli hubungan masyarakat bukan
aset yang besar dalam bisnis Anda. Namun, keterampilan ini tidak ada artinya
jika Anda tidak secara aktif meminta orang membeli apa yang Anda jual.
6. Ingatlah
pelanggan
Bisnis rumahan Anda bukanlah produk atau jasa yang
Anda jual. Bisnis rumahan bukanlah harga yang Anda kenakan untuk barang dan
jasa. Bisnis rumahan bukanlah soal persaingan dan bagaimana Anda
mengalahkannya. Bisnis Anda adalah pelanggan, atau klien, periode.
Bagaimanapun, pelanggan Anda adalah mereka yang memutuskan apakah bisnis Anda
akan booming atau hancur. Apapun yang Anda lakukan dalam bisnis harus fokus
pada pelanggan, termasuk kebijakan, garansi, pembayaran, jam kerja, presentasi,
iklan dan promosi dan website. Sebagai tambahan, Anda harus tahu dengan baik
siapa pelanggan Anda.
7. Menjadi
pendorong-diri
Salah satu mitos terbesar mengenai kesuksesan personal
atau bisnis, adalah kemampuan personal, produk atau jasa yang akan ditemukan
dan diakui oleh masyarakat yang mungkin menghalangi orang lain untuk membeli
apa yang Anda jual. Tapi bagaimana ini bisa terjadi jika tidak seorangpun yang
tahu siapa Anda, apa yang Anda jual dan mengapa mereka harus membelinya?
Promosi-diri adalah salah satu alat marketing yang
paling penting, tapi paling gagal dipakai dimana mayoritas pengusaha langsung
mengabaikannya.
8. Rancangan
citra bisnis yang positif
Semua Anda miliki kecuali momen yang terlewatkan untuk
membuat kesan yang positif dan diingat oleh orang yang Anda ajak berbisnis.
Pengusaha rumahan harus keluar dari cara mereka dan selalu berupaya merancang
citra bisnis yang paling profesional. Mayoritas pengusaha rumahan merasa tidak
perlu membuat kantor atau toko atau showroom yang elegan untuk membuat prospek
dan pelanggan kagum dan terkesan. Alih-alih, mereka harus mengandalkan
pencintraan, kreatifitas dan memperhatikan detil terkecil saat membuat dan
memelihara citra yang positif bisnis rumahan mereka.
9. Kenali
pelanggan Anda
Salah satu fitur terbesar dan
competitive edge yang paling signifikan dari pengusaha rumahan yang bisa
mengalahkan pesaing besar adalah dia mampu memberikan perhatian yang personal.
Anda bisa menyebutnya dengan reaksi teknologi tinggi, tapi pelanggan bosan dan
jenuh mendengarkan informasi mereka ada di suatu tempat di komputer dan harus
di retrieve, atau diharuskan memasukkan sederet angka yang pada akhirnya sampai
di departemen yang tepat hanya untuk mendengarkan voice mail—dimana mereka
tidak pernah ditelpon kembali.
Pengusaha rumahan bisa menjawab
telepon, kenal dengan pelanggan mreka, memberikan perhatian personal dan
memenangkan bisnis dengan melakukan hal tersebut. Ini adalah fakta yang
diteliti dimana kebanyakan bisnis (80 %) datang dari pelanggan yang kembali
daripada pelanggan baru. Karena itu, bersamaan dengan menarik pendatang baru,
semakin banyak yang Anda lakukan untuk mendekati pelanggan, Anda akan
melakukannya dengan lebih baik di jangka panjang dan memberikan perhatian
personal adalah hal yang paling dihargai dan diingat di dunia dengan teknologi
yang canggih ini.
10. Tingkatan
lahan permainan dengan teknologi
Anda harus
menghindari untuk terjebak lebih jauh dalam dunia teknologi, tapi Anda juga
harus tahu bagaimana memanfaatkannya. Salah satu aspek internet yang paling
mengagumkan adalah satu atau dua orang yang menjalankannya dari basement bisa
memiliki website yang hebat seperti layaknya perusahaan bernilai $50 juta, dan
tidak seorangpun yang tahu perbedaannya. Pastikan Anda terus mengejar teknologi
tinggi selama itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Teknologi terbaik adalah yang
membantu Anda, bukan untuk membuat orang lain terkesan.
11. Membangun
tim bisnis jempolan
Tidak seorangpun yang bisa membangun bisnis yang
sukses seorang diri. Ini adalah tugas yang membutuhkan tim yang memiliki
komitmen seperti Anda terhadap bisnis dan kesuksesannya. Tim bisnis Anda bisa
mencakup anggota keluarga, teman, supplier, aliansi bisnis, karyawan,
sub-kontraktor, industri dan asosiasi bisnis, pemerintahan lokal dan komunitas.
Tentu anggota tim yang paling penting adalah pelanggan atau klien Anda.
Beberapa atau banyak dari mereka yang akan mengatakan bagaimana bisnis Anda
akan berjalan dan mempertaruhkan masa depan bisnis Anda.
12. Dikenal
sebagai ahli
Saat Anda memiliki masalah yang harus dipecahkan, Anda
mencari nasehat orang lain atau mencari seorang ahli di bidangnya untuk
membantu memecahkan masalah Anda? Tentu saja, Anda menginginkan informasi yang
paling akurat dan mendapatkan pendampingan. Anda biasanya mencari bantuan ahli
untuk memecahkan masalah. Anda memanggil tukang ledeng saat keran air panas
bocor, agen real estate ketika menjual rumah atau dokter gigi jika gigi Anda
sakit. Karena itu, ini hanya mengarah pada alasan dimana Anda dikenal sebagai
ahli dalam bisnis Anda, semakin banyak orang yang mencari Anda untuk
mendapatkan keahlian Anda, menciptakan lebih banyak penjualan dan peluang
referral. Dampaknya, dikenal sebagai ahli adalah memiliki gaya lain untuk
mendapatkan prospek bisnis baru, begitu juga sebaliknya. Alih-alih menemukan
orang baru dan berkwalitas untuk menjual, orang-orang ini mencari keahlian
Anda.
13. Menciptakan
keuntungan kompetitif
Bisnis rumahan harusnya memiliki proposisi penjualan
yang unik. Ini lebih dari sekedar pertanyaan basa-basi menanyakan pertanyaan
penting ,"Mengapa orang memilih berbisnis dengan Anda atau membeli produk
atau jasa Anda dibandingkan berbisnis dengan kompetitor dan membeli produk atau
jasanya?" Dengan kata lain, aspek atau kombinasi aspek apa yang memisahkan
bisnis Anda dari persaingan? Apakah layanan yang lebih baik, garansi yang lebih
lama, pemilihan yang lebih baik, pilihan pembayaran yang lebih fleksibel, harga
terendah, layanan personal, layanan pelanggan yang lebih baik, pengembalian
yang lebih baik dan kebijakan pengembalian atau gabungan dari beberapa hal
tersebut ?
14.
Investasikan dalam diri Anda
Pengusaha papan atas membeli dan membaca buku-buku,
majalah bisnis dan marketing, laporan, jurnal, newsletter, website dan
publikasi industri, menyadari bahwa sumber-sumber ini akan meningkatkan
pemahaman bisnis mereka serta fungsi dan ketrampilan marketing. Mereka
bergabung dengan asosiasi bisnis, dan menjalin jaringan dengan pebisnis lain
yang terampil untuk belajar rahasia sukses mereka dan membantu mereka menentukan
tujuan dan sasaran mereka. Pebisnis top menghadiri seminar bisnis dan
marketing, workshop dan pelatihan, meski mereka sudah menguasai masalah
tersebut. Mereka melakukannya karena mereka tahu bahwa pendidikan adalah proses
yang berkelanjutan. Selalu ada cara untuk melakukan dengan lebih baik, waktu
yang sedikit, dengan upaya yang lebih sedikit. Pendeknya, pengusaha papan atas
tidak pernah berhenti menginvestasikan alat pemasaran yang paling ampuh,
efektif, dan terbaik untuk dirinya.
15. Bisa
diakses
Kita hidup dalam waktu dimana kita mengharapkan makan
siang siap saji di drive-thru siap dalam beberapa menit, laundry siap diambil
di hari yang sama, uang yang ada di ATM dan pizza diantar dalam waktu 30 menit
atau gratis. Anda melihat pola yang berkembang-Anda harus membuatnya semudah
mungkin bagi orang yang berbisnis dengan Anda, terlepas dari bisnis rumahan
yang Anda jalankan.
Anda harus menyadari kenyataan bahwa hanya sedikit
orang yang mau bekerja keras, keluar dari jalur, atau merasa tidak nyaman demi
memberikan Anda uang yang mereka dapatkand dengan susah-payah. Mempermudah
orang lain untuk berbisnis dengan Anda artinya Anda harus bisa diakses dan
memiliki pengetahuan terhadap produk atau jasa Anda. Anda harus bisa memberikan
apa yang diinginkan pelanggan, ketika mereka menginginkannya.
16. Membangun
reputasi yang kokoh
Tidak diragukan lagi, reputasi yang baik adalah salah
satu aset yang paling tangible dan bisa dijual oleh pengusaha rumahan. Anda
tidak bisa hanya sekedar membeli reputasi yang baik; ini adalah sesuatu yang
Anda hasilkan dengan memenuhi janji Anda. Jika Anda berjanji mengirimkan barang
ke pelanggan hari Rabu, tidak alasan bagi Anda untuk tidak mengirimkannya. Jika
Anda menawarkan untuk memperbaiki sesuatu, Anda harus melakukannya dengan baik.
Konsistensi atas apa yang Anda tawarkan adalah faktor kunci lainnya. Jika Anda
tidak bisa memberikan jasa (dan produk) dengan level yang sama pada klien
secara teratur, mereka tidak punya alasan untuk mempercayai Anda…dan tanpa
kepercayaan, Anda tidak akan memiliki reputasi yang baik.
17. Menjual
benefit
Memaksakan fitur produk untuk pengusahaa yang tidak
berpengalaman atau calon pengusaha. Menjual benefit terkait dengan memiliki dan
menggunakan produk atau jasa yang Anda bawakan adalah fokus bagi sales professional
dimanapun untuk menciptakan keinginan membeli dan menjual, menjual lebih
banyak, dan lebih sering menjual lebih banyak pada pelanggannya. Iklan,
presentasi sales, dan material marketing yang dicetak, kemasan produk, website,
newsletter, pameran dagang adalah hal penting. Setiap waktu dan media yang
digunakan untuk berkomunikasi dengan target audien harus menjual benefit yang
terkait dengan memiliki produk atau menggunakan jasa Anda.
18.
Keterlibatan
Selalu keluar dari jalan Anda untuk terlibat dalam
komunitas yang mendukung bisnis Anda. Anda bisa melakukan ini dengan banyak
cara, seperti terjun dalam kegiatan amal lokal atau food bank, terlibat dalam
mengorganisir event komunitas, dan politik lokal. Anda bisa bergabung dengan
kumpulam dan kelompok yang berkonsentrasi pada program dan kebijakan yang
disusun untuk meningkatkan komunitas lokal. Ini adalah fakta dimana orang
senang berbisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai dan respek, dan dengan
orang yang melakukan banyak hal untuk membantu mereka sebagai anggota
komunitas.
19. Menarik
perhatian
Pengusaha kecil tidak bisa membuang waktu, uang dan
energi untuk kegiatan promosi yang ditujukan untuk membangun kesadaran melalui
jangka panjang, pembukaan yang berulang. Jika Anda melakukannya, peluangnya
adalah Anda akan bangkrut jauh sebelum tujuan ini tercapai. Alih-alih, setiap
kegiatan promosi yang Anda lakukan, harus bisa menghasilkan uang untuk kantong
Anda sehingga Anda bisa meneruskan untuk menarik perhatian yang lebih banyak
dan membuat bisnis Anda tumbuh.
20. Menguasai
seni negosiasi
Kemampuan untuk bernegosiasi secara efektif merupakan
ketrampilan yang harus dikuasai oleh setiap pengusaha. Mungkin ini hal
terpenting nomor dua yang harus dimiliki oleh bisnis rumahan. Dalam bisnis,
ketrampilan negosiasi digunakan setiap hari. Selalu ingat bahwa menguasai seni
negosiasi artinya ketrampilan Anda diterapkan untuk mendapatkan kondisi
win-win. Pengaturan win-win berarti setiap orang yang terlibat merasa mereka
telah menjadi pemenang, yang merupakan dasar untuk membangun hubungan jangka
panjang dan bisnis yang lebih menguntungkan.
21. Mendesain
tempat kerja untuk sukses
Rencanakan dan desain tempat kerja Anda di rumah
dengan seksama untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitas personal, dan jika
dibutuhkan, untuk menunjukkan profesionalisme bagi klien yang datang. Jika
memungkinkan, tahan keinginan untuk mengubah sudut ruang tamu atau tempat tidur
Anda menjadi kantor. Idealnya, Anda menginginkan ruang yang terpisah dengan
pintu tertutup yang memisahkan kegiatan bisnis dan anggota keluarga, setidaknya
saat jam kerja. Teras, basement atau garasi biasanya digunakan sebagai kantor
dalam rumah. Jika ini tidak memungkinkan, Anda harus menemukan cara untuk
mengubah ruangan dengan partisi atau mengerjakan pekerjaan Anda saat tidak ada
orang dirumah.
22. Menjaga
keteraturan
Kunci untuk tetap terorganisir bukanlah jenis file apa
yang Anda miliki atau apakah Anda menumpuk kertas di atas meja, tapi tentang
mengelola bisnis Anda. Memiliki sistem untuk melakukan banyak hal. Karena itu,
Anda ingin membuat rutinitas dimana Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak
mungkin, atau selama tiga jam untuk bisnis part-time atau tujuh hingga sembilan
jam untuk full-timer. Faktanya, Anda harus mengembangkan sistem dan rutinitas
untuksetiap kegiatan bisnis. Hal-hal kecil seperti membuat to-do list di akhir
hari kerja dalam sehari, atau dalam seminggu, akan membantu Anda mendahulukan
tugas terpenting. Menciptakan kalender tunggal untuk memulai kerja, bukan tugas
untuk menggandakan tugas atau pekerjaan, juga akan memastikan tugas
terselesaikan sesuai jadwal dan janji yang dipenuhi. Memasukkan keluarga dan
aktivitas personal kedalam kalender Anda jiga penting sehingga Anda bisa
bekerja dan merencanakan dari kalender tunggal.
23. Waktu luang
Godaan untuk bekerja disepanjang waktu adalah hal
nyata bagi beberapa pengusaha rumahan. Namun, Anda tidak punya manajer yang
mengingatkan saatnya Anda pulang karena mereka tidak mampu membayar lembur.
Setiap orang yang bekerja dari rumah harus meluangkan waktu untuk menetapkan
jadwal kerja yang meliputi waktu untuk meregangkan kaki Anda dan beristirahat
makan siang, serta beberapa hari kerja dan menjadwalkan liburan. Membuat jadwal
setelah Anda membuat komitmen untuk memulai bisnis rumahan. Tentu saja, jadwal
Anda haruslah fleksibel. Sediakan waktu bagi diri Anda selama satu atau dua
jam. Bekerja sepanjang waktu dan tidak beristirahat akan membuat Anda kelelahan
dan layanan pelanggan yang buruk tidaklah diinginkan pelanggan.
24. Membatasi
jumlah usaha
Sulit bagi kebanyakan pengusaha untuk tidak melakukan
pendekatan yang ditawarkan. Mereka ingin melakukan dan menangani tugas sebanyak
mungkin dalam bisnis mereka. Kemampuan untuk multitasking, nyatanya, adalah
ciri umum yang dibagi oleh pengusaha sukses. Namun, sesekali Anda harus
berhenti dan mereview hari itu untuk menentukan apa yang menjadi minat terbaik
dalam bisnis dan diri Anda untuk jangka waktu yang lama. Kebanyakan pengusaha
sukses akan mengatakan pada Anda pada saat mereka memulainya, mereka tahu
dimana kelebihan mereka dan tugas apa yang didelegasikan ke orang lain.
25. Tindak
lanjut secara konstan
Kontak yang konstan, tindak lanjut dengan pelanggan,
prospek dan aliansi bisnis merupakan mantra bagi setiap pengusaha rumahan yang
baru atau sudah mapan. Tindak-lanjut yang konstan dan konsisten memungkinkan
Anda untuk merubah prospek menjadi pelanggan, meningkatkan nilai penjualan dan
frekwensi membeli dari pelanggan yang sudah ada, dan membangun hubungan bisnis
yang lebih kuat dengan supplier dan tim bisnis inti. Tindak-lanjut penting
untuk daftar pelanggan Anda, seperti pekerjaan real yang dimulai setelah
penjualan. Mudah untuk menjual produk atau jasa, tapi diperlukan kerja keras
untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka kembali lagi..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar