Kamis, 12 Maret 2015

Konsep Bisnis Kreatif di Dunia

Berikut adalah contoh beberapa perusahaan yang memiliki konsep bisnis yang kreatif.
Union Kitchen
Union Kitchen berlokasi di Washington D. C. Perusahaan berupa dapur sewa bagi calon pengusaha ini memiliki konsep unik dalam menjalankan usahanya, yakni dengan menyediakan dapur raksasa yang beroperasi 24 jam penuh. Tujuan bisnis ini ialah membantu para pengusaha kecil yang baru memulai bisnis makanan. Jonas Singer, pemiliknya, melahirkan konsep “Food Incubator” saat mendirikan Union Kitchen ini. Layanan yang disediakan Union Kitchen antara lain menyediakan lokasi produksi, tempat penyimpanan, dan berbagai aspek bisnis lainnya. Selain menyediakan tempat bagi pengusaha, Union Kitchen juga memberikan layanan konsultasi bisnis agar produk mereka dapat dikenal dan disukai pasar.
AirBnB
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu AirBnB, tepatnya perusahaan seperti apa itu? Suatu hari Brian Chesky menghadiri sebuah konferensi desain industri pada Oktober 2007. Kala itu, ia memiliki gagasan untuk mengakomodasi kebutuhan peserta konferensi yang terlihat bingung mencari tempat menginap dengan biaya terjangkau dan fasilitas yang memadai. Ide kreatif pun segera terlintas. Brian Chesky meluncurkan situs pertama AirBnb yang merupakan singkatan dari AirBed and Breakfast. Terbentuknya layanan jasa ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah sekaligus menampung para peserta yang kesulitan memesan kamar hotel. Uniknya, layanan jasa penginapan ini tidak menggunakan bangunan pribadi untuk menampung kebutuhan konsumen. Tapi, layanan jasa ini mempertemukan konsumen dengan pemilik rumah yang bersedia untuk menyewakan rumah pribadi mereka. Layanan jasa ini makin diminati karena melibatkan banyak pihak dan mereka pun akan mendapatkan keuntungan.
Virgin Group
Virgin Group merupakan perusahaan multinasional Inggris, yang bergerak di bidang traveling, hiburan, dan gaya hidup. Perusahaan ini terdiri dari lebih dari 400 perusahaan di seluruh dunia. Sosok sukses di balik perusahaan ini adalah Richard Branson. Pada awal bisnisnya ia sangat yakin kalau sebuah bisnis yang memiliki karyawan sebanyak 100 orang maka harus dilakukan ‘pemecatan’. Bukan pemecatan dalam arti sebenarnya, tetapi mendirikan sebuah usaha baru dan memindahkan sebagian karyawan tersebut. Menurut Branson, karyawan yang terlalu banyak tidak akan menumbuhkan kreativitas dan hanya memperlambat proses pengambilan keputusan. Pola pikir kreatif inilah yang menjadikan usahanya terus berkembang.
Cat Cafe
Ide kreatif dapat datang dari mana pun, termasuk di Jepang. Beberapa orang di Jepang mengatakan bahwa menghabiskan waktu dengan binatang atau hewan adalah pengalaman yang menakjubkan. Di kota-kota seperti Tokyo dan Osaka, terdapat kafe kucing atau Cat Cafe yang memperbolehkan customer menikmati minuman sambil mengelus kucing. Cat Cafe menjadi salah satu tempat paling terkenal di Jepang. Saking terkenalnya, kafe tersebut merekomendasikan para konsumen untuk melakukan pemesanan tempat terlebih dulu di hari libur.

Tidak ada komentar: