Kamis, 12 Maret 2015

Langkah Awal Membentuk Karakter Pengusaha dalam Diri

berikut ini beberapa cara pemikiran dalam menjadi pengusaha yang lebih bisa mandiri.;
1. Hargai mahal produk orang lain
Dengan menghargai produk orang lain, maka anda akan bisa menempatkan situasi yang sama bilamana suatu saat ada orang lain yang membutuhkan produk anda. Hormati karya dari orang lain atau bahkan teman. Bukanlah sifat pengusaha yang baik bila sebenarnya bisa membayar layak (pantas) atas karya/produk teman sendiri namun berusaha mendapatkan harga semurah mungkin dengan alasan “pertemanan”. Kejadian ini sudah banyak terjadi di banyak komunitas. Bila memang anda adalah seorang teman, maka berilah lebih.
2. Menyenangi kritik
Teruslah berusaha untuk menerima kritik. Kekuatan kritik akan sangat menjadi membangun bila kita sebagai pengusaha mampu menerimanya. Kritik itu madu yang memang disemprotkan keras-keras, setelah reda biasanya manis madunya akan lebih bisa dirasa. Sedangkan pujian, itu sebuah bentuk pembunuhan dengan cara menyayat leher pelan-pelan tanpa kita sadari.
3. Bicara sesuai Ahli
Pengusaha yang baik, akan membicarakan apa yang dirinya sendiri tahu dengan pasti. Tidak sekedar mengedepankan asumsi. Karena asumsi adalah hasil perkiraan atau terkaan bukan kajian. Termasuk ketika memandang sebuah produk yang akan dijual, lakukanlah kajian secara mendalam dan tidak asal berdasarkan asumsi teman atau tetangga.
4. Fokus dan konsisten
Tidak ada yang lebih lagi dari ini. Kefokusan dalam berusaha akan menjadikan diri sendiri lebih tahu akan apa yang dikerjakan. Konsistensi dalam berusaha akan menjadikan diri sendiri menjadi ahli. Teruslah fokus dan lakukan terus apa yang sudah menjadi pilihan dalam berusaha, jangan tergiur dengan rumput tetangga karena rumput tetangga itu haram untuk dimakan.
Berbuatlah yang terbaik (minimal) untuk diri sendiri, sehingga akan memudahkan kita untuk mempelajari yang terbaik untuk orang lain. Itulah karakter pengusaha. Sikap dan sifat pengusaha tidak akan pernah merugikan orang lain apalagi teman sendiri. Pengusaha tetap akan menapakkan kakinya ke bumi sesukses apapun dirinya. Selamat terus belajar dan belajar yang sudah pasti akan membuat kita berkeringat.
Salam kreatif.

Tidak ada komentar: