Kamis, 12 Maret 2015

konsep Kewirausahaan

Secara konseptual Kewirausahaan mempunyai arti learning about entrepreneurship dimana seseorang belajar mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk menciptakan sesuatu yang baru .
Kewirausahaan tidak sama dengan berdagang, namun berdagang itu sendiri merupakan bagian dari kewirausahaan.
Ada 2 aspek yang dibutuhkan dalam kewirausahaan , yaitu :
1. Mindset (pola pikir) , maksudnya pola pikir yang kreatif , inovatif serta dapat mengembangkan atau mengubah sesuatu menjadi hal baru menjadi unik.
2. Methode ( pola tindakan) , maksudnya tindakan yang dilakukan untuk membuat sesuatu hal yang baru itu .
Isi dari mindset wirausaha , diantaranya :
a.memiliki "locus of control internal" , adalah pusat kendali kehidupan seseorang yang berasal dari kemauan atau tekad yang kuat untuk menjadi pribadi yang tidaak terparuh oleh orang lain
b.toleransi untuk ambiguitas,maksudnya menciptakan sesuatu yang unik yang dapat menjadi pusat perhatian orang banyak sehingga orang lain tertarik dengan apa yang diciptakannya
c.kesediaan untuk menggaji orang yang lebih cerdas dari dirinya
d.konsistensi untuk selalu berkreatifitas,membangun dan mengubah berbagai hal
e.Dorongan yang kuat untuk peluang dan kesempatan.

Tekad yang kuat merupakan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan.kesulitan,tantangan,halangan bukanlah penghalang untuk mencapai kesuksesan .semakin banyak halangan semakin terbiasa/kebal juga kita menghadapi hal-hal yang sulit.dan kesulitan tersebut merupakan awal dari suatau perjuangan untuk mencapai tujuan.karena semakin banyak rintangan semakin dekat jalan kita untuk mencapai kesuksesan.kuncinya jangan menyerah ,optimis dan yakin kita bisa.
untuk menjadi seorang entrepreneurship dibutuhkan untuk memiliki opportunity creator,innovator karena semakin majunya perkembangan zaman semakin tinggi pula daya saing sehingga untuk bersaing diluar sana diperlukan ide-ide yang kreatif,inovatif unik serta diterima dipasaran.
jiwa kewirausahaan bukanlah suatu kebetulan tapi jiwa kewirausahaan harus ditanam dari hati dengan modal optimis,tekad yang kuat dan yakin bisa.
"Tidak ada orang sukses yang berawal dari kesuksesan tapi orang sukses berawal dari suatu kegagalan"
 " Orang sukses bersedia melakukan hal-hal yang orang tidak sukses tidak melakukan " 

Tidak ada komentar: