Selasa, 18 Agustus 2015

MENJADI PEMBICARA YANG BAIK



Lihatlah disekeliling kita, banyak sekali orang maupun kaum yang tinggi peradabannya karena mulut, dan tidak sedikit pula yang hancur luluh lantak karena mulutnya juga.
Lalu, bagaimana cara agar kita menjadi pembicara yang baik? Pembicara yang selalu mengutamakan perkataan yang benar walaupun itu pahit, pembicara yang berbicara ada dasarnya (Al-Qur’an, Al-Hadits, Ilmu Pengetahuan), pembicara yang saat tahu ia benar ia tidak takut dicemooh oleh orang-orang yang salah.
Jadi, inilah kiat-kiat dari saya untuk menjadi pembicara yang baik, diantaranya:
1.  Jika ingin berbicara suatu ilmu, maka pelajarilah dahulu sebelum memberitahukannya kepada orang lain. Atau dengan kata lain, pelajari sebelum menyebarkan ke orang banyak. Agar tidak terjadi kesalahan fatal.
2.   Selalu berdo’a kepada Allah Yang Maha Kuasa, semoga terhindar dari perkataan yang bodoh dan sia-sia.
3.  Berkata jika mempunyai data terhadap hal yang ingin dibicarakan. jangan taklid buta (hanya membaca satu referensi) atau ikut-ikutan, tetapi gali lah lagi dari sumber-sumber terpercaya lainnya. Jika usdah menguasai, sampaikan.
4.  Biasakan untuk menjadi pendengar yang baik. karena pembicara yang baik adalah pendengar yang baik juga. Jangan berbicara sebelum selesai mendengar.
5.  Jangan pernah gugup untuk berbicara tentang kebenaran.
Itulah 5 hal dari saya untuk Anda agar menjadi Pembicara yang baik. Tidaklah semudah menuang air dalam menjadi Pembicara yang baik, butuh kejujuran, ilmu yang cukup, serta data-data yang akurat untuk menyampaikan sebuah informasi.

Tidak ada komentar: