Selasa, 18 Agustus 2015

Cara Membuat Barang Dagangan Anda Laku Keras



Berikut ini berbagai cara agar barang dagangan anda dapat laku keras di pasaran.
1.    Buatlah produk anda unik dan inovatif
Jika anda ingin agar produk anda laku keras di pasaran, usahakan agar produk itu tidak memiliki banyak kompetitor. Semakin unik dan inovatif akan semakin bagus. Namun harus tetap diperhatikan dari segi fungsi dan manfaat yang akan diperoleh konsumen. Jika hanya unik tapi tidak memberikan nilai tambah sama saja tidak menambah nilai jual.
2.    Produk menjadi kebutuhan konsumen
Konsep dasar dari sebuah bisnis adalah pemenuhan kebutuhan konsumen berupa produk. Jika anda berharap produk dapat laku keras di pasaran, maka pastikan bahwa produk ini dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini juga akan menentukan target pasar yang akan anda bidik sesuai dari kebutuhan penggunaan produk.
Kebutuhan setiap konsumen pun berbeda-beda. Mereka akan cenderung menggunakan skala prioritas untuk menentukan barang atau jasa mana dulu yang akan dibeli. Dalam kondisi seperti ini anda bisa memanfaatkan kekuatan mempengaruhi psikologis konsumen.
3.    Tetapkan target pasar yang jelas dan spesifik
Penentuan target pasar sangat penting untuk mengefektifkan pemasaran yang dilakukan. Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memasarkan produk pada orang yang tidak tepat. Berikan penawaran hanya pada orang-orang yang menjadi target pasar anda. Jika perlu berikan pelayanan lebih apabila calon konsumen tersebut membeli dalam jumlah banyak.
4.    Mengikuti perkembangan zaman
Kebutuhan akan produk setiap waktu akan berkembang sesuai dengan gaya hidup dan tuntutan zaman. Misalkan saat ini sedang banyak penggunaan gedget canggih, maka trend pasar juga akan condong ke sana. Semakin anda bisa mengikuti perkembangan pasar, semakin besar kemungkinan produk dan layanan anda laku dengan keras.
5.    Lakukan stretegi marketing yang jitu
Penjualan tidak akan mencapai jumlah yang diinginkan jika tidak dilengkapi dengan strategi marketing yang baik. Perhatikan juga cara memperkenalkan produk kepada konsumen. Agar bisa laku keras di pasaran, konsumen harus mengetahui fungsi dan kegunaan produk anda. Selain itu juga kelebihan yang anda tawarkan dibandingkan produk lain yang serupa.
Tentunya tidak mudah menjual barang dagangan anda dalam waktu sekejap. Selalu pelajari perilaku pasar agar anda bisa melakukan penjualan dengan cara yang tepat dan efisien. Pada dasarnya setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda dan cenderung berpola. Pola inilah yang harus anda temukan sendiri agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis.

Tidak ada komentar: