Sabtu, 14 Oktober 2017

Tanpa teman kita bukan siapa-siapa

 Foto Supardi Saminja.

Kangen pada teman-teman adalah kondisi di mana kenangan indah terpanggil kembali dan membuat diri kita ingin merasakan hal yang sama.
Seperti saat kita kangen pada teman-teman dimasa-masa indah sewaktu di TK, SD, SMP, SMA, dan tentunya juga kangen di masa-masa kuliah, atau kangen dimasa-masa apa saja.
Memang ada berpendapat bahwa tujuan berteman dengan berbagai kararakter teman disegala masa yaitu :
1. Ada TEMAN yang bersifat sangat KERAS, dialah sebetulnya teman yang mendidik kita untuk berani mewujudkan impian dan bersikap tegas pada yang kita yakini.
2. Ada TEMAN yang sangat LEMBUT, dialah teman yang mengajarkan kepada kita bahwa betapa pentingnya cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
3. Ada TEMAN yang sangat CUEK dan suka bermasa bodoh, dialah sebetulnya yang membuat kita berpikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.
4. Ada TEMAN yang tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya, sebetulnya dialah yang membuat kita berpikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati, maka belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.
5. Ada TEMAN yg jahat dan hanya memanfaatkan kebaikan orang lain, sebenarnya dia adalah orang yg membuat kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.
Jadi begitulah, setiap karakter teman-teman yang akan ada selalu hal baik yang secara tidak langsung mendidik kita, seperti perumpamaan besi menajamkan besi, teman menajamkan sesama temannya.
Tanpa teman-teman seperti itu kita bukan siapa-siapa, kita akan selalu terlena dalam zona nyaman di kehidupan kita sendiri dan tentu kita tidak maju berkembang didalam kesuksesan.
Marilah kita bersyukur selalu dalam setiap keadaan dan terimalah setiap teman-teman dalam hidup kita. Selama teman itu tidak membahayakan nyawa kita, tidak mengajak kita untuk melanggar hukum Allah, tidak merusak etika dan estetika, dan tidak mendekatkan kita pada neraka.
Karena setiap keinginan Allah tidak pernah keliru mempertemukan kita dengan teman-teman siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya.
Karena karakter teman-teman seperti diatas tadi secara tidak langsung selain melatih kesabaran dan potensi diri kita, juga membuat kita semakin DEWASA dan BIJAKSANA
Kalau begitu, kesimpulannya adalah Ketika ada teman-teman membicarakan mengenai diri kita di belakang, itu adalah tandanya bahwa kita sudah ada di garis nomor pertama paling depan untuk mengalahkan teman-teman.
Saat teman-teman bicara merendahkan diri kita, itu adalah tanda bahwa kita sudah berada di tempat yg lebih tinggi diurutan terbaik diantara teman-teman.
Saat orang teman-teman bicara dengan nada iri mengenai kita, itu adalah tanda bahwa kita sudah jauh lebih berbeda dan jauh lebih baik pada kebaikan dan kemanfaatan dibandingkan dengan teman-teman.
Saat teman-teman bicara buruk mengenai kita, padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan teman-teman, itu adalah tanda bahwa kehidupan kita sebenarnya lebih indah dari teman-teman.
Ingatlah selalu teman-teman! "Payung tidak dapat menghentikan hujan tapi membuat kita bisa berjalan menembus hujan untuk mencapai Tujuan".
Teman-teman pintar bisa gagal,
Teman-teman hebat bisa jatuh,
Tetapi teman-teman yg RENDAH HATI dan SABAR dalam segala hal akan selalu mendapatkan jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang karena kokoh pijakannya.


Tidak ada komentar: