Rabu, 08 April 2015

Asal usul Desa Berutallasa, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten. Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara didunia ini yang sangat kaya, baik dari sumber daya alamnya, budayanya, maupun adat istiadat serta legendanya. Selain itu Indonesia juga merupakan negara dengan suku bangsa yang beragam ada Jawa, Makassar , Sunda, dan lain-lain, dan setiap suku atau daerah memiliki cerita, sejarah, dan asal usul masing-masing yang cukup menarik untuk dikaji dan dipelajari.
Misalnya saja asal usul penamaan kecamatan Biringbulu yang mengatakan bahwa, Biringbulu berasal dari kata Biringbulu (pinggir gunung) alasannya karena daerah Biringbulu dulunya adalah daerah bergunung-gunung.


Kecamatan Biringbulu memiliki beberapa desa, salah satunya adalah Desa Berutallasa.Desa Berutallasa adalah salah satu desa di Kecamatan Biringbulu yang berbatasan dengan Kabupaten Jeneponto.
Desa Berullasa memiliki beberapa dusun, diantaranya adalah dusun Sanrangan, dusun Karamasa, dusun Batumenteng, dusun Borongnga,ra, Dusun Bungung Kanang, Dusun Kampung Beru, Dusun Borocia dan lain-lainnya.
Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2010 jumlah penduduk yang ada di Desa Berutallasaberjumlah 2.392 orang dengan rincian 1.187 orang laki-laki dan 1205 orang perempuan, 503 kepala keluarga serta 555 unit rumah tinggal.
Sebagian besar penduduk Desa Berullasa berprofesi sebagai petani baik petani sawah maupun petani kebun, selain berprofesi sebagai petani penduduk Desa Berullasa ada juga yang berprofesi sebagai pedagang, guru, pegawai baik pegawai negeri sipil maupun pegawai swasta, dan lain-lain. Selain itu juga mayoritas penduduknya adalah orang muslim yaitu sekitar 99,75 % dan 0,25 % adalah nonmuslim.
Fasilitas umum di desa ini masih minim, seperti belum adanya Puskesmas, PDAM, dan Jalan aspal. Selain itu, di desa ini juga tersedia jenjang pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai menengah atas, ada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar Negeri Sanrangan, Sekolah Dasar Inpres Karamasa, SMP 6 Biringbulu, dan ada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah yang berada diKampung Batumenteng.
Adapun mengenai makna dari kata Berutallasa, menurut analisa beberapa sumber kata Berutallasa berasal dari kata “Beru” yang artinya “Baru” dan “tallasa yang artinya” hidup”,Jadi, Berutallasa adalah baru hidup. Inilah alasan digunakan nama Desa Beruttalasa.
Adapun nama-nama yang pernah memerintah du desa Berutallasa hingga hari ini adalah sebagai berikut :

1.H.Paletteri (status kepala lingkungan di bawah naungan desa Datara sebelum tahun 1983 kebawah).

2.H.Abdul Azis.T sejak tahun 1895 _2001
(Ditunjuk sebagai Kades persiapan selama 3 tahun kemudian di Defenitifkan 8 tahun serta memenangi pemilihan umum pada tahun 1997 sebagai calon tunggal H.Azis Karimung vs H.Azis T. namun pemilihan tsb di menangkan oleh H.Azis.T).

3.Abdul Rahman 2002_2007 (Melalui Pemilihan umum dan mengungguli :Hasan Rizal, H.Azis.K, H.Azis.T, Rajamakka dan Amiruddin,SH).

4.Hasan Rijal 2007-2012 (mengungguli rivalnya :M.Ukkas, Amiruddin, SH.Abd. Rahman).

5.Hasa
n Basri,S.Pd.I dengan perolehan suara 691 (Orang Karamasa)
Mengungguli M.Jufri, Kaharuddin Tiro, Abd.Rahman, Hasan Rijal. (Orang Sanrangan)
 6. Aripin dengan perolehan 957 suara, mengungguli Abd. Latif 942 suara, disusul , Muh. Aldi Faisal 589 suara, Hasan Basri,S.Pdi 649 suara, dan Muhammad Razak 75 Suara.
 

1 komentar:

Peradaban mengatakan...

Informasi penting mengenai suatu wilayah setiap daerah baik nama kampung, dusun, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan negara itu harus diarsipkan. Salah satunya adalah mempublikasikan ataupun mengarsipkan data/penting suatu daerah melalui dunia maya itu merupakan salah satu cara mudah. Terima kasih atas publikasi mengenai informasi Desa Berutallasa, Kec. Biringbulu Kab.Gowa.