Jumat, 02 Januari 2015

Resep membangun KARAKTER KUAT

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperkuat karakter kita. Tentu saja kita akan memperkuat karakter baik yang kita miliki. ini adalah tips untuk membentuk karakter baik yang kuat;
TIPS #1: MEMAHAMI ASALMU
Hidup itu bisa bagaikan roller coaster, naik turun, jungkir balik. Mungkin kamu pernah merasakan sakit, kecewa, sedih, patah dan apapun namanya. Seringkali bila saat itu muncul kita menjadi kecil, rendah diri dan mundur. Kemudian berapa banyakkah darimu yang kemudian terus terpuruk dan tak bangkit lagi? Bila itu berlaku dalam hidupmu, sudah berapa lama kah kamu biarkan dirimu jatuh?.
Kita semua datang dari Yang Maha Indah, Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Kita terlahir dari orang tua yang mencintai kita. Jadi artinya bahwa pada dasarnya kita berasal dari keindahan. Maka tetaplah untuk terus indah. Pengalaman ataupun kejadian apapun bisa menimpa dirimu, tetapi jangan ijinkan hal itu merusak inti keindahan yang adalah merupakan asalmu. Orang yang harus selalu kamu jaga di saat sulit adalah dirimu sendiri. Menjaga keindahan yang kamu miliki yaitu sumber dirimu.
TIPS #2: KUASAI PERASAANMU
Pernah dengar kan bahwa Hidup ini tidak adil! Nah, kalau itu benar, lalu kenapa mesti kaget bila kemudian kamu merasakan ketidak adilan. Bila kamu katakan bahwa hal itu salah, dan kamu percaya bahwa hidup ini adil, apakah kamu sudah menikmati apa yang kamu mau? bila semuanya sudah…Selamat untukmu. Kebahagiaan adalah pilihan. Kitalah yang menentukan apa yang ingin kita rasakan. Seburuk apapun kejadian yang kita hadapi, kita bisa tetap tenang dan bahagia. Lihatlah di sekeliling kita, berapa banyak orang yag murung di mana seharusnya mereka bisa bahagia. Jadi kita sendirilah yang menentukan perasaan itu.
Bila kamu bertanya bagaimana supaya saya tetap bahagia disaat sedang terpuruk. Pernah melihat orang memanah kan? Lihatlah bahwa semakin kencang dia menarik busurnya, maka akan semakin jauh panah itu akan pergi. Jadi pikirkan bahwa saat kita mundur adalah sebuah persiapan bahwa kita akan menghadapi kemajuan yang pesat di masa depan. Tergantung kemana arah panah kamu tujukan. Bila arahnya salah maka akan salah pula bidikannya. Arah panah hidupmu ditentukan oleh tujuanmu dan cara berpikirmu. Sudah lah nikmati saja setiap saat yang kamu lewati yaaaaa….*smile
TIPS #3: BERSABAR
Bagi saya bersabar adalah tentang keuletan. Yaitu saya tidak akan berhenti sebelum saya mendapatkan apa yang saya impikan. Sabar adalah tentang tidak pernah menyerah. Bila jatuh maka cepat bangun lagi, bila gagal, cepat bangkit usaha lagi, bila salah, cepat perbaiki. Jangan terburu untuk berhenti, berpindah dan menyerah. Sebelum kamu berhenti, cobalah sekali lagi, namun kali ini lakukan dengan seluruh 100% kesungguhan dan keyakinan doa. Bila kemudian kamu mau berhenti lagi, maka cobalah sekali lagi dengan usaha yang jauh lebih pintar dan lebih keras….demikian seterusnya. Sepanjang kamu tidak pernah berhenti, maka kamu tidak akan pernah gagal.
TIPS #4: BERTANGGUNG JAWAB

Apapun yang kamu hadapi saat ini adalah bagian dari pilihan yang kamu buat sebelumnya. Bila yang kamu rasakan tidak enak, maka itu adalah bagian dari paket sebuah pilihan. Pada saat memilih maka saat itu adalah tentang mengambil keputusan untuk sebuah paket atas apapun pilihan yang kamu ambil. Paket itu adalah tentang enaknya dan tidak enaknya atas piihan yang kamu ambil. Saat yang tidak enank datang, maka hadapi dan selesaikan. Karena ini hanyalah sebuah konsekuensi bukan sebuah hukuman. Bertanggung jawab atas tindakan yang kita lakukan akan membuat kita kuat. Hadiah terbesar atas sebuah tanggung jawab adalah kepercayaan. Kepercayaan pada diri sendiri dan kepercayaan orang lain terhadap kita.
TIPS #5: BERSYUKUR
Ini adalah resep yang paling mujarab dari apapun resep di dunia. Pada saat kita bersyukur, saat kita bisa merasakan keindahan dan kelimpahan hidup. Bersyukur adalah tentang menerima dan menikmati, setelah melakukan sekeras apapun usaha yang kita buat. Bersyukur adalah tentang berterima kasih bahwa kita bisa saja mendapatkan 100 kali  lebih buruk dari yang kita hadapi saat ini. Bersyukur adalah tentang menambah kekuatan, karena kita bergerak dari titik yang paling tinggi. Titik itu bernama Ikhlas. Ikhlas dalam berusaha yang terbaik yang bisa kita lakukan dan ikhlas dalam menerima hasilnya untuk kemudian kita perbaiki/tingkatkan.

Tidak ada komentar: