Minggu, 18 November 2012

Melakukan Hal Yang Tak Biasa


Melakukan Hal Yang Tak Biasa

Bila Anda ingin mengundang perhatian orang di dunia ini, lakukanlah hal-hal biasa tetapi dengan cara-cara yang baiknya tidak biasa.

Melakukan hal-hal yang tidak biasa membuat Anda dilihat aneh, atau dilihat melakukan hal-hal yang beresiko.

Tetapi apabila kita melakukan hal-hal biasa yang udah diterima orang, yang udah dilihat orang sebagai sesuatu yang bisa diterima tetapi dengan kualitas cara yang beda maka Anda akan mengundang perhatian mereka.

Nah orang-orang yang melakukan hal-hal biasa - baiknya tidak biasa ini, akan dibayar tidak biasa - untuk melakukan hal-hal yang biasa.

Dan sebetulnya kalo kita perhatikan tidak ada dalam hidup ini yang luar biasa kecuali dilakukan dengan cara-cara yang luar biasa...!!
 
 
Membawa Masa Depan ke Hari ini
Bab 19 dari Buku Becoming A Star ini mengenai tugas seorang pemimpin adalah mendatangkan masa depan ke masa kini, lebih cepat daripada yang mungkin bisa dicapai oleh organisasinya tanpa kepemimpinannya.

Untuk memperbesar kesempatan kita dalam upaya mendatangkan masa depan ke dalam kehidupan profesional dan pribadi kita sedini mungkin, marilah kita menjawab pertanyaan pertanyaan berikut:

“Apakah anda orang masa lalu atau orang masa depan?”

1. Orang masa depan adalah ahli kemungkinan, bila sesuatu belum dicapainya, tetapi pernah dicapai oleh orang lain, maka baginya itu mungkin.

2. Orang masa depan memang pejalan jauh, bila yang diimpikannya itu belum pernah dicapai atau dicoba orang lain, dia justru lebih bersemangat.

3. Orang masa depan melihat dengan jelas apa yang bisa dicapainya dalam gambar mental di pikirannya, itulah yang kita sebut visi.

4. Orang masa lalu adalah orang yang memiliki ingatan yang kuat mengenai kegagalan dan kesulitan di masa lalu, dan menilai kesempatan yang tersedia baginya terlalu sulit, terlalu beresiko, atau tidak mungkin.

5. Orang masa lalu berprinsip biar lambat asal selamat, dan meyakini dan menjalankan pepatah itu tanpa menyadari banyak sekali orang di sekitarnya yang melaju sangat cepat melampauinya dan selamat.

Keselamatan perjalanan hari ini tidak ditentukan oleh cepat atau lambatnya sebuat perjalanan, tetapi terutama disebabkan oleh ketepatan cara yang kita gunakan.

Para bintang di sekitar kita adalah orang orang masa depan yang mempraktekkan masa depan itu, hari ini.
Dengan kesadaran penuh menjadi lebih sederhana, lebih efisien, dan pasti lebih efektif.

Dan tugasnya sebagai pemimpin adalah menyederhanakan kompleksitas dalam proses usahanya saat ini melalui pemikiran sistem dan tindakan teratur, untuk mencapai hasil maksimal dalam batasan-batasan sumberdayanya.

Dia yang lebih tau, selalu lebih siap (dan lebih sabar..!).

 
Saat kita rindu pada orang yang kita kasihi, mungkin hanya lantunan kata kerinduan yang mampu mendesirkan perasaan sayang dan cinta kita pada sang kekasih.

Cinta andalah karunia Tuhan, yang bisa dirasakan oleh siapapun yang memiliki hati. Karena cinta datang dari hati, tumbuh dan bersemi di hati.

Cinta memberi energi kehidupan, penumbuh motivasi dan semangat. Cinta adalah hal yang terindah di dunia yang diciptakan Tuhan untuk kita. Cinta tak mampu di bunuh, cinta tak mampu di hancurkan. Dan, kata-kata romantis terindahlah yang mampu mengambarkan keindahan dan kekuatan cinta.

Saat kita merasa perlu untuk mengungkapkan kata-kata cinta untuk kekasih yang terindah, mungkin kata-kata mutiara cinta terindah berikut ini mampu memberikan inspirasi bagi anda.
 

Saat disisimu aku merasa hidup. Saat kau pergi aku merasa sunyi. Ku ingin kau selamanya disisiku... sayang.
Jika aku harus memilih untuk bernapas atau mencintaimu, maka akan ku gunakan napas terakhirku untuk mengatakan "aku mencintaimu"

Teman bisa membuatmu tertawa, sahabat bisa membuatmu bergembira, namun yang tulus mencintailah yang mampu membuatmu hidup.
Dua jiwa, dua hati berpadu bersama, dalam bahtera terindah bernama cinta.

Cintaku padamu adalah Air, yang selalu mengalir, dan tidak berpaling, yang selalu mengalir, dan tidak berubah, yang selalu mengalir, dan tidak berakhir...
Cinta adalah kerinduan untuk dipahami oleh seseorang yang benar-benar tulus untuk peduli. Ketika seseorang dimengerti, ia akan mampu bertahan terhadap apa pun di dunia ini.

Cinta adalah penderitaan terindah yang paling dicari manusia.
Malamku menjadi fajar yang indah karenamu...

Cinta adalah hal terbaik dan paling indah di dunia, tidak dapat dilihat atau bahkan disentuh. Cinta harus dirasakan dengan hati..
Kadangkala, saat kau dekat, aku kehilangan semua kata-kataku. Dan saat itulah aku berharap, mataku berbicara tentang perasaanku padamu.

Cinta mampu menghangatkan hati yang dingin, seperti matahari yang mencairkan gunung salju.
Jika mencintaimu hanyalah mimpi bagiku, maka biarkan aku tertidur selamanya.

Cinta adalah seberkas cahaya terang dalam kegelapan malam.
Cintaku padamu seperti Simponi terindah

Saat aku berada di padang pasir kehidupan, aku berharap cintamulah yang akan sejukkan jiwaku.
Jika pelukan mewakili betapa aku mencintaimu, maka aku akan memelukmu erat selamanya.

Cinta adalah misteri yang sulit dimengerti. Cinta adalah kebahagiaan yang terpancar dalam diri, meski terkadang cinta juga membawa rasa sakit.
Yang kuharap malam ini hanya tentangmu. Yang kuinginkan saat ini hanya damaimu.
Yang kupinta detik ini hanya bahagiamu. Met tidur, sayang....

Pagi yang tercerah adalah ketika bersamamu, malam yang terindah adalah ketika mendengarkan suara mu, hati yang paling bahagia adalah ketika memiliki mu selamanya
Jangan pernah menganggap hal biasa seorang yg memberi perhatian yang tulus padamu, karena akan menjadi sangat luar biasa disaat kamu rapuh dan terjatuh.

biarkan cinta mengalir apa adanya, terdengar indah bagai nada, menjadi obat bagi yang terluka, menjadi penguat yang putus asa, menjadi penerang saat gulita, hadirkan tawa ditengah duka.
Cinta ibarat menggenggam sekuntum mawar, semakin keras kau menggegam, semakin duri menusuk tajam, namun semakin lembut kau memegang, maka semakin mudah sang mawar terbang terbawa angin.

Cinta ibarat api, jika kau jaga dengan indah, maka cinta akan menghangatkanmu, namun jika kau siram dengan cemburu, maka cinta akan membakar dirimu.
Cinta hanyalah tumbuh di taman hati. Hanya hati yang suci yang mampu memupuk cinta sejati, sebagaimana cinta dihatiku... padamu.

Hanyalah para kesatria yang mampu mencintai. Karena cinta adalah melindungi, menaungi, menghargai dan, kesetiaan dan pengorbanan, dan semua itu semua hanya mampu dihadirkan oleh para kesatria.
Pengorbanan cinta seperti indahnya pelangi yang menghiasi langit kehidupan.

Beginilah cinta, deritanya tiada akhir (by Pat Kai)


 
Masalah
Setiap masalah adalah alat untuk menaikkan kelas kita.
Dengan adanya masalah kita tertantang untuk menemukan solusi, untuk menyelesaikannya.

Dan apabila penyelesaian telah dicapai untuk masalah itu, maka sebetulnya kegunaan dari masalah itu sudah habis, sehingga masalah itu bisa dilupakan.
Banyak orang mempunyai masalah yang bahkan sudah diselesaikan, tetapi tetap menyimpannya bertahun-tahun, sebagai cara untuk merendahkan diri, sebagai cara untuk menghukum diri sendiri, sebagai cara untuk membuat dirinya tidak yakin untuk menghadapi masalah-masalah selanjutnya.

Jadi segera setelah masalah itu terselesaikan maka kegunaan dari masalah itu tidak ada lagi, lupakanlah.
Karena memang tujuan dari masalah adalah untuk meningkatkan kelas kita.
 
Saat terpisah, imajinasi adalah penghubung antara dua jiwa yang saling mencintai.
Itu sebabnya, kerinduan menghasilkan janji-janji untuk memuliakan satu sama lain, yang belum tentu dipenuhi saat bertemu.
Cinta yang sedang terpisah, biasanya memang lebih mesra daripada yang dekat.
Karena,
Imajinasi cenderung membesarkan hanya yang indah dan membutakan diri dari yang akan mengecewakan.
Cinta yang dekat dan mesra, sering terbukti hambar setelah pernikahan.
Maka lebih berhati-hatilah saat cintamu terpisah jarak.
Imajinasi cinta cenderung melebih-lebihkan keindahan.
Mario Teguh – Loving you all as alwaysSaat terpisah, imajinasi adalah penghubung antara dua jiwa yang saling mencintai.
Itu sebabnya, kerinduan menghasilkan janji-janji untuk memuliakan satu sama lain, yang belum tentu dipenuhi saat bertemu.
Cinta yang sedang terpisah, biasanya memang lebih mesra daripada yang dekat.
Karena,
Imajinasi cenderung membesarkan hanya yang indah dan membutakan diri dari yang akan mengecewakan.
Cinta yang dekat dan mesra, sering terbukti hambar setelah pernikahan.
Maka lebih berhati-hatilah saat cintamu terpisah jarak.
Imajinasi cinta cenderung melebih-lebihkan keindahan.
Mario Teguh – Loving you all as always
Engkau yang cintanya tak berbalas,
kudengar senandung lirihmu …
Aku melihatmu berjalan dengan dia yang bukan aku,
bertaut jemari dalam senyum dan tawa kecil yang menyayat hatiku.
Aku berharap itu aku …,
yang bergetar hatinya karena sentuhan jemarimu yang anggun.
Ooh .. betapa aku berharap itu terjadi.
Aku melihatnya bergelayut manja dan bersender lembut ke tubuhmu yang damai dan wangi.
Aku berharap itu aku …,
yang luruh hatinya dalam syahdu karena menghirup udara beraroma kesurgaan yang mengitarimu.
Ooh … betapa aku berharap itu terjadi.
Aku melihatmu merapihkan rambutnya sambil membisikkan rencana keindahan penyatuan jiwamu dengannya.
Aku berharap itu aku …,
yang menggenang matanya dengan air mata haru, karena keindahan dari janji pernikahan yang jujur dan setia.
Ooh … betapa aku berharap itu terjadi.
Tuhanku Yang Maha Lembut,
Temukanlah aku dengan belahan jiwaku,
yang mengobati pedihnya cinta yang terabaikan ini,
yang mengisi palung kehidupanku yang dalam dan kosong karena kesendirian yang sunyi ini.
Aku berharap itu aku …,
yang berbahagia dalam pernikahan yang memanjakanku dalam kemesraan dan kesetiaan.
Wahai Yang Maha Cinta,
Ooh … betapa aku berharap itu terjadi.
Aamiin
Dalam pedih hatimu,
engkau menyenandungkan
… memang lucu, aku masih mencintaimu
walau ku menangis dalam penelantaran
… dan masih mengharap kesetiaanmu
ini memang lucu, tapi tak lucu bagiku
… memang lucu, aku masih merindukanmu
memimpikanmu sebagai mempelaiku
walau ku tahu hatimu telah mati
ini memang lucu, tapi tak lucu bagiku
tapi ku berdoa agar Tuhan tak tertawa
dan menyelamatkan hatiku yang piatu ini
Aamiin
 
Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil
Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju
kegagalan
Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu
Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru
Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah
Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda
Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani
Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat
Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan
Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat
Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai
Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan
Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.
Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang
Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri
Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan
Orang-orang yang minta gaji lebih biasanya tidak dapat lebih, tapi yang melakukan lebih dan berkualitas akan mendapat lebih. Jangan takar tenaga yang Anda keluarkan berdasarkan gaji yang Anda dapatkan tetapi berdasarkan hasil yang dapat Anda kontribusikan bagi kelangsungan dan keuntungan perusahaan Anda.
Siapa bilang untuk menjadi kaya dan sejahtera harus punya modal yang banyak? Kalau saja Anda cermat melihat peluang yang ada, ada banyak celah yang bisa menjadi jalan untuk meraih kesejahteraan yang diinginkan. Yang dibutuhkan cuma kemauan untuk menjadi sukses
Meskipun termasuk kategori mitos namun banyak sekali yang percaya, dan memang sebagian besar orang akan mengakui bahwa sifatnya cocok dengan data tabel sifat manusia berdasar bulan lahir dibawah. Mungkin karena memang sudah diamati dari kecenderungan manusia oleh para leluhur dulu. Selain itu pengelompokan sifat juga dianalisa berdasarkan zodiak yang tentu saja juga berdasar tanggal kelahiran.
Dari sifat-sifat ini pulalah dibuat ramalan perjodohan, karena diharapkan sifat bertentangan antara pria dan wanita bisa diminimalkan dan diharapkan sifat-sifatnya bisa saling mengisi. Coba saja Anda bandingkan dengan yang ada di hasil Ramalan Perjodohan Online.
Untuk lebih menyelami penggolongan sifat ini ada baiknya menggunakan referensi data tambahan yang ada di Ramalan Bintang Zodiak, Penjelasan Zodiak (Zodiac), atau menggunakan Ramalan Shio.
Baiklah mari kita simak dan cocokkan dengan sifat kita sendiri atau dengan sifat pasangan tabel sifat manusia berdasar bulan kelahiran berikut ini:
JANUARI
FEBRUARI
  • Mudah mencintai
  • Mudah melupakan saat dikhianati
  • Pandai mengoda
  • Romantis tetapi kaku
  • Mudah cemburu
  • Mudah bergaul & pemalu
  • Sukar jatuh cinta
  • Menghargai pasangan
  • Jujur & transparan
  • Nekad
  • Sangat romantis
  • Modis
MARET
APRIL
  • Mudah menarik simpati lawan jenis
  • Tidak mandiri
  • Pemalu
  • Mudah cemburu
  • Manja
  • Mudah menyintai
  • Penuntut
  • Sulit jatuh cinta
  • Tidak berani berterus terang
  • Pemalu
  • Butuh perhatian
  • Pencemburu
  • Setia
  • Mudah emosi
  • Ngak romantis
  • Sukar melupakan pasangan walaupun dikhianati
MEI
JUNI
  • Mudah jatuh cinta
  • Baik & jujur
  • Romantis
  • Suka mengatur
  • Suka berkhayal
  • Tidak bisa menyenangkan pasangan
  • Mudah menyintai tetapi terlalu memilih
  • Cerewet
  • Mudah emosi
  • Mudah ngambek
  • Pelindung sejati
  • Gila pujian
JULI
AGUSTUS
  • Pandai menjaga diri
  • Suka didampingi
  • Sukar dimengerti
  • Suka & senang berterus terang
  • Mudah terluka & lama pulih
  • Mudah ngambek
  • Setia
  • Pendengar yang baik
  • Mudah cemburu
  • Suka menilai & menjaga hubungan
  • Suka memimpin
  • Romantis
  • Penuh kasih sayang & penyayang
  • Sangat sensitif
  • Mudah curhat
SEPTEMBER
OKTOBER
  • Sopan
  • Suka mengkritik
  • Sangat sensitif & emosi
  • Pandai memahami
  • Kurang menunjukan perasaannya terhadap pasangan
  • Sukar melupakan jika hatinya terluka
  • Pandai menyimpan perasaan
  • Suka berterus terang
  • Pandai berkomunikasi
  • Suka disayang & menyayangi
  • Sopan
  • Jujur & jarang berpura-pura
  • Mudah emosi
  • Pencemburu
  • Romantis
  • Memahami pasangan
NOVEMBER
DESEMBER
  • Cermat & teliti
  • Suka berahasia dengan siapapun
  • Kuat berpendirian
  • Pendendam
  • Mudah emosi
  • Moody
  • Mudah menyintai
  • Selalu tergesa-gesa
  • Tidak mandiri
  • Menyintai kebebasan
  • Pandai mempengaruhi
Konsep Diri merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan dalam komunikasi antar pribadi. Kunci keberhasilan hidup adalah konsep diri positif. Konsep Diri memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang setelah keberhasilan komunikasi, karena konsep diri dapat dianalogikan sebagai suatu operating sistem yang menjalankan suatu komputer.
Konsep Diri dapat mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Konsep diri yang jelek akan mengakibatkan rasa tidak percaya diri, tidak berani mencoba hal-hal baru, tidak berani mencoba hal yang menantang, takut gagal, takut sukses, merasa dirinya bodoh, rendah diri, merasa diri, tidak berharga, merasa tidak layak untuk sukses, pesimis, dan masih banyak perilaku inferior lainnya.

Sebaliknya orang yang konsep dirinya baik akan selalu optimis, berani mencoba hal-hal baru, berani sukses, berani gagal, percaya diri, antusias, merasa diri berharga, berani menetapkan tujuan hidup, bersikap dan berpikir positif, dan dapat menjadi seorang pemimpin yang handal.

Komunikan yang berkonsep diri positif adalah Komunikan yang Tembus Pandang (transparent).

Konsepdiri negatif: peka pada kritik, responsif sekali pada pujian, hiperkritis, cenderung merasa tidak disenangi orang lain, bersikap pesimitis pada kompetensi.

Konsepdiri positif: yakin akan kemampuan mengatasi masalah, merasa setara dengan orang lain, menerima pujian tanpa rasa malu, sadar akan keinginan, mampu memperbaiki diri.

Hal-hal yang perlu dipahami tentang konsep diri adalah :

* Dipelajari melalui pengalaman dan interaksi individu dengan orang lain.
* Berkembang secara bertahap.
* Ditandai dengan kemampuan intelektual dan penguasaan lingkungan (positif).
* Ditandai dengan hubungan individu dan sosial yang mal adaptif (negatif).
* Merupakan aspek kritikal yang mendasar dan pembentukan perilaku individu.

Hal-hal yang penting dalam konsep diri adalah :

* Nama dan panggilan anak. (nama panggilan dari kecil).
* Pandangan individu terhadap orang lain.
* Suasana keluarga yang harmonis.
* Penerimaan keluarga. (kedudukan kita di keluarga).

Komponen Konsep diri adalah:

* Gambaran diri adalah sikap individu terhadap tubuhnya, baik sadar maupun tidak sadar. Meliputi : performance, potensi tubuh, persepsi dan perasaan tentang ukuran dan bentuk tubuh.

* Ideal diri adalah persepsi individu tentang perilakunya yang disesuaikan dengan standar pribadi yang terkait dengan cita-cita.

* Harga diri adalah penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan cara menganalisis seberapa jauh perilaku individu tersebut.

* Peran diri adalah pola perilaku sikap nilai dan aspirasi yang diharapkan individu berdasarkan posisinya dimasyarakat.

* Identitas diri adalah kesadaran akan diri pribadi yang bersumber dari pengamatan dan penilaian sebagai sintesis semua aspek konsep diri sebagai sesuatu yang utuh.

Dengan membuat konsep diri, ada sedikit manfaat untuk kita yaitu:

1. Open Area adalah informasi tentang diri kita yang diketahui oleh orang lain seperti nama, kota asal, status, lulusan, dll. Ketika memulai sebuah hubungan, kita akan menginformasikan sesuatu yang ringan tentang diri kita. Makin lama maka informasi tentang diri kita akan terus bertambah secara vertikal sehingga mengurangi hidden area. Makin besar open area, makin produktif dan menguntungkan hubungan interpersonal kita.
2. Hidden area berisi informasi yang kita tahu tentang diri kita tapi tertutup bagi orang lain. Informasi ini meliputi perhatian kita mengenai atasan, pekerjaan, keuangan, keluarga, kesehatan, dll. Dengan tidak berbagi mengenai hidden area, biasanya akan menjadi penghambat dalam bersosialisasi. Hal ini akan membuat orang lain miss komunikasi tentang kita, yang kalau dalam hubungan kerja akan mengurangi tingkat kepercayaan orang.
3. Blind area yang menentukan bahwa orang lain sadar akan sesuatu tapi kita tidak. Misalnya bagaimana cara mengurangi gerogi, bagaimana caranya menghadapi dosen A yang dalam catatan sejarahnya memang ganas melebihi buaya. :D Sehingga dengan mendapatkan masukan dari orang lain, blind area akan berkurang. Makin kita memahami kekuatan dan kelemahan diri kita yang diketahui orang lain, maka akan bagus dalam bekerja tim.
4. Unknown area adalah informasi yang tidak diketahui oleh orang lain dan diri kita. Sampai kita dapat pengalaman tentang sesuatu hal atau orang lain melihat sesuatu akan diri kita bagaimana kita bertingkah laku atau berperasaan. Misalnya ketika pertama kali jatuh cinta, kita tidak pernah bisa langsung mengatakan perasaan “cinta”. Jendela ini akan mengecil sampai kita tumbuh dewasa, mulai mengembangkan diri atau belajar dari pengalaman.

Setelah seseorang melakukan upaya mengenali kekuatan dan kelemahan diri, orang lain akan menyadari siapa aku? Mengenal diri bukanlah tujuan terpenting tetapi pengenalan diri adalah sebagai wahana (sarana) untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya, setelah seseorang dapat menjawab pertanyaan siapa aku? maka pertanyaan selanjutnya adalah aku ingin menjadi siapa? ;) ;)

Jawaban atas pertanyaan tersebut tentunya beragam, sesuai dengan peran-peran yang dimainkannya karena manusia memiliki kemampuan untuk mengubah atau mengembangkan diri.
 
Membangun Hubungan yang Harmonis Membutuhkan Keahlian dan Latihan
'Bila Anda ingin seseorang berpihak pada Anda, pertama-tama yakinkan bahwa Anda merupakan teman yang tulus.' Abraham Lincoln.

Pernahkah Anda berada dalam situasi dimana Anda bertemu dengan seseorang untuk pertama kali dan dalam beberapa saat kemudian Anda merasa sudah menjadi teman, bukan berhadapan dengan orang asing? Bila Anda memiliki pandangan yang sama tentang berbagai isu, latar belakang dan hal-hal yang umum, maka Anda sedang membangun hubungan yang harmonis.

Hubungan yang harmonis adalah kemampuan untuk memberikan sesuatu yang benar untuk orang lain. Hal ini merupakan kemampuan memasuki kehidupan dan pandangan orang lain dan membuat mereka merasa dimengerti. Hubungan ini ini merupakan bagaimana menciptakan suasana kepercayaan dan responsif.
Anda dapat menekankan perbedaan atau memilih menekankan kesamaan. Menciptakan hubungan harmonis sangat sulit diciptakan jika hanya menekankan perbedaan.

Seseorang dengan interpersonal yang baik menciptakan hubungan harmonis dan hubungan harmonis membangun kepercayaan.

Berikut beberapa tips:
1. Dengar jenis kata dan frasa yang digunakan orang lain dan usahakan untuk mempersatukan ke pembicaraan Anda.
2. Sensitiflah terhadap kosa kata yang digunakan.
3. Hindari menggunakan jargon yang hanya Anda ketahui.
4. Coba untuk mencocokkan bahasa tubuh orang lain dengan sensitif dan sopan.
5. Tempatkan posisi tubuh Anda sama dengan posisi tubuh lawan bicara.
- Tekankan kesamaan bukan perbedaan
- Ketahui bagaimana merespons secara efektif dalam berbagai situasi
Kekuatan Pribadi: Kunci Kesuksesan
Semua orang ingin mencapai kesuksesan, akan tetapi hanya sedikit yang tahu bagaimana caranya untuk sampai ke sana. Salah satu kunci untuk mencapainya adalah kekuatan pribadi (personality power). Bekal pertama yang harus Anda miliki dalam rangka membangkitkan kekuatan untuk dipergunakan menapaki perjalanan mencapai kesuksesan adalah keterampilan teknis, agar Anda mampu melaksanakan pekerjaan pada bidang-bidang tertentu.

Setelah itu Anda harus memiliki keterampilan manajerial, yaitu keterampilan konseptual untuk memanfaatkan berbagai macam sarana dan fasilitas yang menjadi pendukung bidang pekerjaan Anda. Jangan lupakan pula keterampilan interpersonal, yang dapat diperlihatkan secara nyata dalam mengadakan kerjasama, bernegosiasi, melobi, membangun jaringan kerja, dan sebagainya.

Keterampilan-keterampilan di atas barangkali sudah diketahui dengan baik. Namun ada dua hal yang acap kali dilupakan; yaitu hadir dengan citra diri yang benar (right image) dan kekuatan pribadi secara optimal. Kekuatan pribadi berkaitan dengan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Langkah pertama adalah bagaimana mempengaruhi orang lain langsung pada pandangan pertama. Perlihatkan perhatian yang tulus kepada orang-orang dan lingkungan di sekitar Anda. Hal ini dapat menjadi pendorong timbulnya kekuatan untuk selalu bersikap positif dan tampil dengan kesan yang menyenangkan.

Arahkan orang lain agar betul-betul memperhatikan Anda, sehingga mereka berkeinginan untuk mengenal dan mengetahui diri Anda lebih jauh. Hilangkan kesan bahwa Anda berada di bawah orang lain, walaupun secara struktural barangkali Anda memang berada di bawah orang-orang tertentu. Gunakan teknik penyamarataan (leveler technique) yang meminimalkan "kepatuhan". Pada dasarnya kepatuhan tidak dapat hilang sama sekali, dan kenyataannya Anda memang perlu memiliki kepatuhan terhadap beberapa orang pada posisi-posisi tertentu. Namun Anda selalu siap dengan berbagai usulan dan inisiatif membuat Anda dapat meminimalkan kepatuhan. Perlihatkan kemampuan untuk mengajukan pemikiran sendiri, sehingga membuat Anda mampu menempatkan diri sejajar dengan orang lain.

Buat orang lain ingin melakukan sesuatu untuk Anda. Untuk dapat memiliki kekuatan ini, taruh kepercayaan kepada orang lain, dan perlihatkan secara nyata bahwa Anda yakin mereka mampu melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Gunakan teknik melihat dan menjadi. 'Melihat' adalah melihat kekuatan diri sendiri yang hasilnya dapat digunakan untuk menjadikan diri sebagaimana yang Anda inginkan. Cara untuk 'menjadi' adalah katakan pada diri Anda sendiri, "Saya akan membangkitkan kekuatan diri saya sendiri". Perkataan positif yang demikian secara sadar maupun tidak sadar dapat mempengaruhi kondisi internal Anda, yang menjadi pendorong untuk mendapatkan kekuatan pribadi yang lebih berkualitas.

Visualisasikan di dalam pikiran Anda kepribadian yang ingin Anda bentuk. Identifikasikan berbagai atribut dan kualitas kepribadian yang Anda butuhkan. Evaluasi diri Anda sendiri di masa sekarang dan lengkapi diri Anda dengan atribut dan kualitas kepribadian yang belum Anda miliki. Ingatlah quit being whatever you are, quit seeing what you are, but see and be only what you are going to be! Dengan melihat keseluruhan diri sendiri, Anda dituntun untuk menjadi seseorang yang melihat dunia orang lain dengan sudut pandang yang "berbeda", sehingga Anda mampu tampil secara istimewa dan dipandang secara khusus pula oleh orang lain.

Bertindaklah berdasarkan prinsip toleransi dan pengabaian yang merupakan pendukung untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain secara baik dan benar.

Berusahalah membina hubungan kerjasama mutualisma yang saling menyenangkan. Utamakan hal-hal yang menarik minat bersama, tidak melupakan kepentingan sendiri, tidak berbicara dan bertingkah laku secara otoritatif, tidak terlalu banyak berbicara, dan berusaha menjadi pendengar yang baik. Perlu diingat bahwa hubungan baik tidak dapat tercapai melalui toleransi berlebihan.

Sebaliknya, apabila Anda bertemu dengan orang-orang yang menganggu ketenteraman Anda, maka gunakan prinsip pengabaian. Jangan biarkan kekasaran atau ketidaksopanan orang-orang tersebut menjengkelkan Anda. Jangan pula biarkan mereka menarik Anda dalam suatu adu argumentasi yang tidak pada tempatnya. Berusahalah agar tidak melihat atau mendengar hal-hal yang tidak Anda sukai yang mereka perlihatkan di depan Anda.

Dengan kekuatan yang ada Anda dapat selalu memperhatikan dan diperhatikan lingkungan sekitar Anda. Dengarkan orang lain dan peduli terhadap keberadaan mereka. Untuk lebih jauh, terapkan teknik tune them in.

Kepedulian Anda terhadap orang banyak dapat mendatangkan keuntungan: Anda dan orang lain mempunyai keterikatan rasional dan keterikatan emosional, yang tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang terjadi di dalam lingkungan kerja. Dari sini Anda mampu membuat orang lain mau melakukan sesuatu untuk Anda dan selalu mengikuti Anda.
Komunikasi Penunjang Profesi
 
 
 
Kompetensi sebagai modal utama meniti tangga karir harus ‘dibungkus’ oleh ketrampilan berkomunikasi.  Banyak bukti menunjukkan orang yang ‘biasa-biasa saja’ karirnya dapat menanjak dengan cepat karena kemahirannya dalam berkomunikasi.  Sebaliknya, orang yang pandai tapi kurang trampil dalam berkomunikasi, karirnya berjalan lambat.  Ketrampilan berkomunikasi personal telah terbukti menunjang berbagai kemampuan yang dibutuhkan dalam memuluskan karir, seperti presentasi, lobbying, negosiasi, dan networking.
Berikut adalah bahasan tips-tips komunikasi verbal yang dapat menunjang karir, yang biasanya diajarkan dalam pelatihan Profesional Image yang diselenggarakan The Jakarta Consulting Group.
 
Ekspresi Suara
 
Suara Anda merupakan modal utama Anda dalam mengemukakan gagasan dan keinginan.  Perhatikan kualitas suara Anda dalam komunikasi verbal, melalui pendayagunaan intonasi, tempo, jeda, dinamika, dan ekspresi dengan baik dan benar.
Hindari pengucapan yang memperlihatkan aksen daerah yang terlampau kental.  Memang cukup sulit untuk dihilangkan, namun usahakan agar tidak terdengar terlampau dominan.  Berkomunikasilah dengan nada suara yang tidak terdengar kasar.  Gunakan dinamika suara secara tepat, perlihatkan karakter tegas namun tidak kasar dengan tutur kata yang teratur serta kerendahan suara yang tepat.  Suara Anda menunjukkan keyakinan terhadap apa yang Anda ucapkan.
Dalam berkomunikasi, usahakan suara nafas tidak terdengar.  Kontrol sirkulasi udara yang menghasilkan suara, yang mempermudah pemenggalan kalimat secara tepat dan melakukan perhentian-perhentian pada waktunya.  Kalimat-kalimat yang Anda paparkan akan menjadi jelas, tidak monoton, dan penuh ekspresi.
Tunjukkan antusiasme yang besar dalam berbicara supaya orang lain tidak malas untuk memperhatikan.  Gunakan kecepatan sedang dalam berbicara.
 
Kekuatan Kata
 
Kekuatan kata dapat dipergunakan secara maksimal untuk menunjang karakteristik suara yang Anda miliki.  Hilangkan kata-kata yang barangkali sulit untuk dilafalkan dan menggantikannya dengan kata-kata yang betul-betul "enak" untuk diucapkan.  Agar terlihat powerful, gunakan kata-kata tertentu yang ‘kuat’.
Kuasai unsur-unsur bahasa secara memadai, seperti sinonim, antonim, kata-kata penghubung, ungkapan-ungkapan (idiom) dari berbagai latar belakang sehingga Anda memiliki perbendaharaan kosa kata yang luas dan berdaya tinggi.
Pahami ragam bahasa yang ada, seperti ragam bahasa resmi/formal, bahasa pergaulan, bahasa tulisan, bahasa lisan, bahasa bisnis, bahasa jurnalistik yang berbeda satu sama lain.  Ketahui ragam bahasa dalam suatu kalangan dan gunakan kata-kata yang tepat untuk kalangan tersebut.  Gunakan fleksibilitas dalam berbahasa, tergantung situasi yang ada.
Selain berkonsentrasi pada hal yang ingin Anda ungkapkan, konsentrasikan pula diri Anda pada kualitas pengucapannya.
 
Estetika Percakapan
 
Salah satu rahasia kesuksesan Henry Ford adalah kemampuannya untuk berkomunikasi secara prima.  Ia mampu mengekspresikan kualitas dirinya melalui pernyataan-pernyataan spektakular yang membuat dunia terpukau mendengarnya.  "A bore is a fellow who opens his mouth and puts feats in it" adalah salah satu ungkapan yang begitu mengagumkan karena memuat gagasan ‘besar’ namun diungkapkan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami:
Henry Ford jelas memahami betul kekuatan kata dan mempergunakannya secara fungsional.  Ia menuangkan gagasannya melalui susunan kata-kata yang sederhana, teratur dan mudah dipahami sehingga seluruh dunia memperhatikannya.  Inilah salah satu yang mencuatkan estetika di dalam berkomunikasi: keindahan di dalam kesederhanaan.
Dalam berkomunikasi, tunjukkan empati pada waktu berbicara sehingga komunikasi menjadi lebih bermakna.  Empati memperkuat kehadiran Anda di tengah-tengah audiens, sehingga mereka akan memperhatikan apa yang Anda bicarakan.
 
Menjadi Pendengar yang Aktif
 
Komunikasi efektif terwujud karena komunikator dan komunikan dapat memperlihatkan kemampuan berbicara secara prima dan juga karena adanya pendengar yang aktif.
Untuk menjadi pendengar aktif, ajak lawan bicara Anda berbicara tentang diri mereka sendiri, dengan berfokus pada kondisi saat ini, kalau perlu kondisi pada saat komunikasi berlangsung.
Buka telinga lebar-lebar dan perlihatkan perilaku yang menyenangkan pada saat Anda mendengarkan orang lain berbicara.  Beri respon dan ajukan umpan balik serta dengarkan dengan penuh sensifitas tinggi.  Ketahui kapan saat tepat untuk berbicara, kapan melakukan interupsi, dan arahkan pembicaraan ke sasaran yang ingin dicapai.  Jangan lupa mempertahankan kontak mata dengan mereka.
Secara keseluruhan, penjabaran di atas dapat dirangkum dalam satu kata 'RISE', yaitu aktif mendengarkan dengan memperlihatkan Response (respons), Interrupt (dapat menginterupsi), Support (mendukung), Expand (mengembangkan atau membawa arah pembicaraan pada hal-hal yang ingin kita bicarakan).  Hal itu dapat dilakukan dengan menajamkan telinga, sensitif, dan menunjukkan simpati dan empati.
Stephen R. Covey dalam bukunya yang legendaris "The 7 Habits of Highly Effective People" (1993) menjelaskan bahwa seluruh aktivitas manusia dapat dibagi dalam 4 kelompok besar:
  • Penting dan Genting.
  • Penting namun Tidak Genting.
  • Tidak Penting namun Genting.
  • Tidak Penting dan Tidak Genting.
Aktifitas Anda di kantor pun dapat dikelompokkan ke dalam 4 kelompok di atas. Kelompok atau kuadran pertama, begitu Covey menyebutnya, adalah hal-hal yang penting dan genting sehingga harus segera dilakukan. Meeting yang terjadwal sebelumnya, tugas mendadak dari bos, deadline yang sudah mendesak, adalah sebagian contoh kegiatan kuadran I ini.
 
Berikutnya adalah kegiatan-kegiatan pada kuadran II: hal-hal penting namun tidak harus segera dikerjakan. Contohnya adalah pembuatan budget, manpower planning, telepon kepada klien atau pelanggan untuk sekedar menjalin hubungan, dan sebagainya.
 
Kuadran III adalah kegiatan yang sebenarnya tidak penting namun mendesak untuk dilakukan. Misalnya tamu yang tiba-tiba datang hanya untuk mengobrol, telepon dari salesman, maupun appointment tidak penting namun terlanjur Anda janjikan.
 
Yang terakhir adalah aktivitas kuadran IV, sesuatu yang tidak penting dan juga tidak harus Anda lakukan segera. Misalnya mengobrol, bermain game, membaca dan membalas e-mail-email yang tidak penting, atau bahkan melakukan chatting selama jam kerja
 
Kunci dari penggunaan waktu yang efektif adalah memfokuskan waktu Anda untuk melakukan kegiatan-kegiatan pada kuadran II. Sebagai seorang manajer, perencanaan, identifikasi dan antisipasi masalah, pengerjaan proyek secara bertahap dan progresif, delegasi dan follow up maupun evaluasi haruslah menjadi sebagian besar kegiatan Anda. Kadang-kadang aktifitas kuadran I terpaksa tidak bisa dihindari. Apabila bos besar tiba-tiba memanggil Anda dan memberikan tugas yang harus segera diselesaikan, tentu tidak pada tempatnya Anda menolak dengan dalih apapun. Kecelakaan kerja yang terjadi wajib segera ditangani. Telepon dari klien penting harus segera dilayani. Yang penting adalah mencegah agar seluruh tugas penting Anda menjadi urgent untuk diselesaikan karena sifat menunda-nunda, tidak antisipatif atau bahkan hanya karena lupa untuk mengerjakannya.
 
Kuadran II sedapat mungkin dihindari, walaupun tidak mungkin untuk menghilangkannya sama sekali. Telepon dari si kecil di rumah tetap harus dilayani kalau Anda tidak ingin dimusuhi buah hati Anda. Yang betul-betul harus dijauhi adalah kegiatan di kuadran IV. Hargai waktu Anda sendiri dengan tidak mengerjakan hal-hal yang tidak produktif, yang akhirnya membuat prestasi dan hasil kerja Anda di mata atasan menjadi buruk.
 
Perlu diingat bahwa untuk menilai apakah kegiatan Anda termasuk pada kuadran tertentu, Anda harus melihat "sikon" (situasi dan kondisi-red) dan waktu pelaksanaannya. Satu contoh: membalas e-mail seorang sahabat lama bisa jadi masuk dalam kategori IV bila ia sudah sering mengirim e-mail kepada Anda, dan Anda harus melakukannya di saat Anda juga harus menyelesaikan satu tugas penting. Namun kegiatan yang sama bisa masuk dalam kategori kuadran II jika Anda melakukannya disaat yang lebih senggang dan baru kali ini ia memberi kabar setelah sekian tahun. Menjalin network juga merupakan kegiatan yang penting bagi Anda bukan?
 
Yang penting adalah kemampuan Anda untuk menilai hal-hal yang penting. Apa yang menjadi prioritas. Sekali lagi, kuncinya adalah identifikasi prioritas. Dahulukan yang utama. First Things First. Jadi, yang harus Anda lalukan adalah bukan do the things right, tetapi do the right things
. A. Kepekaan Atas Diri Sendiri
  • Kepekaan emosi: Mengenali emosi sendiri dan berbagai dampaknya.
  • Penilaian diri secara akurat: Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri.
  • Kepercayaan diri: Percaya akan kemampuan dan harga diri.
B. Kontrol Atas Diri Sendiri
  • Kontrol diri: Mengatur dorongan yang mengganggu.
  • Layak dipercaya: Menetapkan standar dari kejujuran dan kelemahan diri.
  • Hati nurani: Bertanggung jawab terhadap kinerja diri sendiri.
  • Penyesuaian: Fleksibel dalam menangani perubahan.
  • Inovasi: Terbuka terhadap ide-ide baru.
C. Motivasi
  • Motivasi berprestasi: Bekerja keras untuk meningkatkan/memenuhi standar yang terbaik.
  • Komitmen: Menyelaraskan diri dengan tujuan kelompok dan organisasi.
  • Inisiatif: Kesiapan untuk bertindak pada setiap kesempatan.
  • Optimisme: Ketekunan dalam pencapaian tujuan.
KOMPETENSI INTERPERSONAL
 
A. Empati
  • Mengerti orang lain: Mengenali perasaan dan sudut pandang orang lain, dan berusaha memahaminya.
  • Mengembangkan orang lain: Mengenali apa yang diperlukan untuk pengembangan dan mendukung kemampuan mereka.
  • Orientasi pelayanan: Antisipasi, pengenalan dan pertemuan kebutuhan pelanggan.
  • Menghargai perbedaan: Membantu setiap kesempatan berkembang bagi setiap orang.
  • Kesadaran politik: Membaca suasana terkini kelompok dan berkekuatan untuk menyatukannya.
B. Ketrampilan Sosial
  • Pengaruh: Melakukan persuasi dan mempengaruhi orang lain.
  • Komunikasi: Mendengar secara aktif dan menyampaikan pesan dengan jelas.
  • Manajemen konflik: Negosiasi dan pemecahan ulang terhadap ketidaksetujuan.
  • Kepemimpinan: Inspirasi, mengarahkan group dan orang.
  • Agen Perubahan: Inisiator atau pengelola perubahan.
  • Memeliharan hubungan: Memelihara hubungan yang harmonis.
  • Kolaborasi dan kerjasama: Bekerja dengan pihak lain dan berbagi tujuan.
  • Kerjasama tim: Menciptakan sinergi dan pencapaian tujuan bersama.
Jika Anda merasa bahwa belum seluruh kompetensi di atas Anda miliki, jangan berkecil hati. Berbeda dengan IQ, Kompetensi Emosional adalah sesuatu yang didapat melalui proses belajar. Karena itu, segeralah berlatih sejak sekarang agar Anda sukses dalam karir Anda. Selamat mencoba.
1. Semakin Tercabar, Semakin Kuat
Seseorang yang positif berperibadi kuat seumpama besi waja; semakin dibakar oleh keadaan, semakin menghadapi cabaran hidup, semakin teguh melayari kehidupan. Seseorang yang berperibadi lemah, laksana timah atau lilin; apabila terkena api, hancur lebur. Apabila terketuk oleh cabaran, berkecai!
 
Dr. Mahathir Mohamad banyak memberi contoh yang cemerlang kepada kita semua. Lagi banyak masalah yang dihadapi, lagi bertambah kuat beliau. Seperti gam "exhaust pipe", semakin kepanasan, semakin keras mencengkam! Orang lain sudah habis dan gawat idea, beliau keluar pula dengan idea (pencetus penyelesaian masalah) yang mengejutkan! Itulah yang amat kita kagumi mengenai YABhg Tun Dr. Mahathir Mohamad yang bersifat semakin tercabar, semakin gagah!
 
Dunia amat mengkagumi keperibadian dan idea-idea beliau. Dunia juga amat mengharapkan pandangan-pandangan dan fikiran-fikiran tajam Dr. Mahathir.
 
2. Melihat Peluang Dalam Kegawatan
Orang yang negatif melihat kegawatan sebagai penghalang kemajuan. Tetapi, orang yang positif dapat melihat peluang keemasan dalam kegawatan!
Kisah hidup Onassis amat menarik perhatian saya. Aristotle Onassis, seorang jutawan Greek di Argentina, asalnya adalah seorang budak miskin. Ia pindah ke Argentina dari Greek untuk membina satu penghidupan baru di sana. Umurnya waktu itu hanya 17 tahun.
Lepas Perang Dunia Kedua, dunia menghadapi kemelesetan ekonomi yang sangat teruk; banyak syarikat muflis; ramai orang yang jadi miskin dan papa; ramai juga orang yang hilang harapan. Tetapi, Onassis tidak membiarkan dirinya menjadi gagal. Ia tekad mencari peluang dalam kekemelutan itu. Ia telah nampak suatu peluang. Ia sedar yang tentera-tentera Amerika Syarikat sedang menghadapi masalah kelebihan kapal perang; kapal-kapal tidak lagi digunakan untuk berperang. Ia telah membeli kapal-kapal kecil tentera Amerika Syarikat itu dengan harga yang murah. Setelah membuat sedikit-sedikit pindaan, kapal-kapal tersebut sudah boleh digunakan bagi mengangkut barang-barang dagangan.
Onassis yang positif telah dapat melihat peluang dalam kegawatan, manakala, orang lain lebih melihat halangan-halangan dalam kegawatan.
3. Sentiasa Berusaha Bersungguh-sungguh
Seseorang yang positif berpegang kepada falsafah: kalau tidak dipecahkan ruyung manakan dapat sagunya. Fokusnya ialah untuk mencapai kejayaan; mencapai matlamat yang telah ditetapkannya dengan penuh kesungguhan dan keberanian.
Sesuai dengan kata-kata nasihat Paul Getty, seorang bilionaire Amerika bahawa untuk mencapai kejayaan dalam perniagaan, seseorang itu hendaklah membuat dua perkara ini:
 
Pertama: TETAPKAN SATU MATLAMAT BESAR
Kedua: MENCAPAINYA DENGAN PENUH KEBERANIAN! - Penjelasan
4. Tidak Menyalahkan Keadaan
Seseorang yang positif tidak mengeluh atau mengecam bila ditimpa musibah atau terdapat kekurangan pada dirinya. Sebaliknya ia menggunakan kekurangan-kekurangan itu untuk kebaikan kepada dirinya serta orang lain.
Napoleon yang kecil dan rendah iaitu 5 kaki 1 inci sahaja, selalu dipermain-mainkan oleh rakan-rakannya di Maktab Tentera tempat ia belajar. Tambahan pula, Napoleon ialah seseorang yang berasal dari Pulau Corsica, pulau yang dipandang tidak begitu penting oleh orang-orang Perancis.
Kerana itu, Napoleon telah berazam untuk menunjukkan / membuktikan kepada rakan-rakannya yang selalu mengejek-ejeknya itu bahawa ia lebih baik daripada mereka. Ia telah belajar ilmu ketenteraan dengan bersungguh-sungguh. Akhirnya, beliau telah menjadi Maharaja Perancis - menakluki tiga suku Benua Eropah.
Kekurangannya serta ejekan-ejekan dari rakan-rakannya itulah yang mendorongnya menjadi panglima terkenal.
5. Mendengar Dahulu Pendapat Orang Lain
Orang-orang yang positif tidak mengenepikan kecaman-kecaman musuhnya misalnya dengan terus mengatakan orang itu salah. Tetapi, ia akan mendengar kecaman-kecaman tadi dan memikirkan betulkah ia salah atau tidak. Perlu diingat, bahawa, bila orang mengecam, tentulah ada sebab-sebabnya. Kadang-kadang daripada kecaman orang lain, kita boleh dapat petunjuk untuk membaiki diri dan kerja kita.
Presiden Abraham Lincoln pernah dikecam oleh Menteri Pertahanannya, Edward Stanton. Ia telah digelar oleh Stanton sebagai seorang dungu. Adakah Lincoln marah dan memecat Menteri Pertahanan itu? Tidak! Sebaliknya, ia telah bertanya kepada Stanton mengapa ia berkata demikian? Stanton telah menerangkan bahawa langkah Lincoln memindahkan beberapa batalion tentera ke suatu tempat itu hanya akan merugikan kerajaan Amerika Syarikat. Presiden Lincoln yakin terhadap penjelasan Stanton itu, lalu menarik balik rancangannya tadi.
Sebaliknya, pemimpin-pemimpin yang tidak mengindahkan kecaman orang bahawa dasar pentadbiran dan ekonominya tidak dapat membawa keadilan sosial kepada rakyatnya, akhirnya, terpaksa meletakkan jawatan atau kalah di piliharaya dalam keadaan yang mengaibkan.
Inilah yang perlu diberi perhatian oleh pemimpin-pemimpin termasuk di negara kita. Mereka bukan sahaja perlu mendengar dengan telinga tetapi juga dengan mata, hati, dan minda terhadap setiap rintihan rakyat (pengundi) sama ada yang tersurat atau tersirat. Jika ini dapat diamalkan, insya-Allah, rakyat akan merasa sentiasa terbela dan terus memberi sokongan. Jika tidak, rakyat boleh bertindak balas! Rakyat adalah pelanggan yang mesti diberi layanan yang cemerlang dan kepuasan oleh pemimpin-pemimpin (wakil rakyat-wakil rakyat).
6. Sentiasa Mencari Jalan Memperbaiki Diri
Orang yang positif sedar bahawa apa yang dilihat sebagai terbaik pada hari ini mungkin hanya dinilai sebagai sederhana saja sepuluh tahun akan datang. Oleh kerana itu, orang yang positif tidak henti-henti mencari jalan untuk membaiki kehidupannya.
Peter Drucker, seorang profesor ilmu pengurusan Amerika Syarikat ada berkata: "Pengurus yang berjaya sentiasa bertanya kepada dirinya apakah yang boleh ia buat, bukan apa yang orang lain patut buat untuk dia."
7. Sentiasa Bangun Apabila Terjatuh
Orang yang positif tidak gemar dengan sikap suka berputus asa.
Orang yang positif memandang sesuatu kegagalan itu pada sudut positif. Mereka memandang kegagalan sebagai guru terbaik dalam konteks mencapai kejayaan.
Oleh kerana itu, orang-orang yang positif walau betapa teruk pun mereka jatuh akan terus berusaha untuk bangun semula serta berusaha mengukir kejayaan yang lebih besar daripada sebelum mereka mengalami kegagalan / kejatuhan.
Oleh itu, janganlah sekali-kali berputus asa. Sikap berputus asa adalah amalan syaitan. Allah mencintai makhluk-makhlukNya yang positif dan cekal serta sentiasa memohon keredaanNya. Insya-Allah.
Orang yang berjaya bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi mereka adalah orang yang mampu bangkit kembali dari kegagalannya hingga mampu mencapai keberhasilan.
Orang yang berjaya dalam hidupnya bukan orang tanpa kekurangan tapi dia gigih memperbaiki diri.
Orang yang berjaya tidak akan menganggap remeh sesuatu termasuk dosa sekecil apapun.
Orang yang berjaya adalah mereka yang berhasil mendapatkan petolongan Allah dari setiap urusannya.
Kejayaan hanya dapat dicapai apabila ada rintangan, kegagalan hanya dapat terjadi jika kita berhenti berusaha dan berputus asa. Tidak ada putus asa dalam Islam.
Kejayaan yang hakiki hanya dimiliki oleh orang-orang yang kembali kepada Allah dengan husnul khatimah.
 
 
 
 
 
Analis SWOT merupakan singkatan yaitu


S: Strengths (kekuatan)
W: weaknesses (kelemahan)
O: opportunities(kesempatan)
T: threats (ancaman)


Analisis SWOT bisa kita terapkan untuk mengevaluasi diri sendiri. Dalam analisis SWOT terdapat 2 faktor yaitu factor internel dan factor eksternal.

Mengenali diri sendiri, memang merupakan hal yang cukup sulit karena biasanya yang dapat melihat diri kita adalah orang lain. Tetapi, kita dapat belajar untuk bisa memahami dan mengenali diri sendiri. Memang tidak semua orang mampu mengenali diri sendiri dan memahami maksud dan apa sebeneranya tujuan dari kita memahami dan mengenal diri. Maanfaat yang diterima setelah memahami diri sendiri adalah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. disini saya akan menguraikan siapa diri saya, bagaimana pribadi saya.

SIAPA SAYA?

Saya bernama SUPARDI, Teman-teman biasa memanggil saya FARDHI. Saya PUTRA pertama dari 3 bersaudara. . Saya bertempat tinggal di JL.SYEKH YUSUF III NO 20 MAKASSAR dengan ke 2 orang tua dan adik saya. Saya seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah makassar, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi.

Cita-cita saya sebenarnya adalah menjadi seorang PENGUSAHA YANG SUKSES sama seperti BAPAK YUSUF KALLA ATAU AKSA MAHMUD, Tetapi saya ingin mencoba hal-hal baru oleh karena itu saya memilih jurusan akuntansi dan cita- cita saya sekarang adalah menjadi MENJADI AHLI AKUNTAN YANG BISA Bekerja di sebuah bank milik negara salah satunya ( Bank Indonesia), menjadi salah satu pegawai dari instansi tersebut. Jadi saya akan terus bermimpi untuk mencapai cita-cita tersebut dengan berusaha dan bekerja keras.

Keep your heart open to dreams. For as long as there’s a dream, there is hope, and as long as there is hope, there is joy in living.

Bukalah hatimu untuk bermimpi. Selama ada impian, harapan akan selalu ada. Dan selama ada harapan, akan ada kegembiraan dalam hidup

Selama ini saya selalu belajar untuk mengenali apa kekuatan dan kelemahan yang ada pada pribadi saya.

Saat ini Kelebihan saya :

Saya mempunyai pribadi yang hangat hingga dapat mempunyai teman-teman yang baik dan bisa menjadi tempat berbagi untuk teman dan sanak keluarga. Dan saya mempunyai keahlian berinteraksi dengan orang yang cukup baik.

Adapun kelemahan saya adalah:

kelemahan saya senang menunda-nuda waktu,BELUM MEMPUNYAI FASILITAS YANG MENNJANG TENTANG JURUSANKU INI,Saya sadari ini tidak baik, namun saat ini saya sedang belajar untuk menjadi sosok yang displin waktu DAN MENCOBA MENABUNG UANGKU SEKARANG UNTUK DAPAT MEMENUHI FASILITAS ,SEPERTI LAPTOP SERTA belajar agar kelemahan saya nantinya bias menjadi kelebihi saya,AMIIN

setelah saya mengetahui dimana kekuatan dan kelemahan saya, saya akan menguraikan ada beberapa peluang atau kesempatan:

1.Saya dapat berkomunikasi dengan orang yang cukup baik sehingga saya dapat mempunyai kesempatan mempunyai jaringan teman yang cukup luas dan ndapat menambah pengalaman dan belajar dengan berbagai jenis sifat manusia DAN SAYA SANGAT HOBBY DENGAN TEKNOLOGI SERTA SENANG DENGAN HAL -HAL BARU.

2.SAYA JUGA SUKA SERING LATIHAN BAGAIMANA KALAU BEKERJA  JAD PEGAWAI BANK

Adapun ancaman yang saya peroleh:

Nantinya dapat mempunyai saingan yang banyak untuk memperoleh pekerjaan karena terbatasnya lapangan kerja yang tersedia.

Demikianlah sekilas tentang diri saya.. Saya pun masih terus belajar mengenali dan memahami siapa diri saya ini. Raih cita-cita kita dengan jalan mengenal diri kita sendiri. Jadi ingat lah:

Kemajuan tidak diciptakan oleh keahlian, tetapi kemauan.

Jadi teruslah berusaha untuk bisa menjadi yang tebaik dan mulai lah dengan kemauan yang kuat agar dapat menjadi seseorang yang berhasil.

MENURUT SAYA ARTI SEBUAH KESUKSESAN ITU ADALAH :

Kesuksesan sering kali dipasangangkan oleh kata gagal. Perjalanan setiap orang untuk mencapai kesuksesan tidaklah sama. Ada orang mencapai kesuksesan dengan jalan yang berliku dengan penuh rintangan dan sering mengalami kegagalan. Adapun orang mencapai kesuksesan dengan mudah.

Sukses bukan berarti mendapat uang yang banyak atau menjadi orang terkaya. Kata sukses itu cukup luas. Sukses dapat berarti menjadi orang yang sukses di keluarganya. Misalnya menjadi sosok ayah yang baik dan menjadi teladan bagi anak istrinya.Makna kata sukses pun bukan berarti di duniawai saja tetapi sukses di akhirat. Maksudnya, adalah dengan menjalani ibadah dan sedekah sehingga kita dapat menjadi seorang yang sukses di dunia maupun diakhirat.Untuk mencapai kesuksesan tidak lah mudah biasanya orang mencapai kesuksesan dengan jatuh bangun. Kesuksesan yang akan kita gapai tentunya butuh pengorbanan yang egitu besar. Tetapi janganlah kita mudah menyerah begitu saja, disaat kita sedang menghadapi semua tantangan itu, teruslah berjuang.

Success is not the key to happiness.Happiness is the key to success.If you love what you are doing, you will be successful

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, tapi sebaliknya kebahagiaan adalah kunci kesuksesan.Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda akan menjadi orang sukses.

Hasrat adalah kunci bagi motivasi, tetapi hasrat juga merupakan penentuan dan komitmen bagi pencarian yang tiada henti akan tujuan anda, yakni komitmen untuk unggul atau hebat, yang akan memungkinkan Anda mencapai kesuksesan yang Anda cari

Desire is the key to motivation, but it’s the determination and commitment to an unrelenting pursuit of your goal “a commitment to excellence” that will enable you to attain the success you seek

Bagi saya arti sukses adalah Harapan awal atau cita-cita yang di impikan sudah tercapai dengan baik. Tetapi kegagalan pun bisa berarti kesuksesan awal karena dengan kegagalan kita dapat terus belajar untuk mencapai kesuksesan yang kita mau dengan tidak berpuas diri, makna berpuas diri bukan berarti sombong tetapi belajar dan terus belajar agar menjadi panutan bagi semua orang

jadi definisi dari SUKSES itu sendiri relatif, oleh karena itu teruslah berusaha, berdoa dan tidak putus asa untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan.

Cara mengatasi sikap Malu

Rasa malu adalah sebuah kombinasi dari kegugupan sosial dan pengkondisian sosial. Untuk mengatasi rasa malu ini, yang Anda butuhkan adalah belajar bersikap rileks dalam pergaulan sosial. Untuk memulai mengurangi rasa malu, bagi Anda yang pemalu, ada beberapa hal di bawah ini yang mungkin dapat Anda praktekan. 1. Buat pertanyaan terbuka pada semua orang. Banyak orang yang lebih senang bicara tentang diri mereka sendiri, dan temukan sebuah topik yang membuat orang lain tertarik. Apa yang membuat mereka tertarik akan membuat perbicangan berjalan menyenangkan bagi semua orang. Selalu ajukan pertanyaan yang memungkinkan jawaban lebih dari ya/tidak. 2. Pikirkan tentang cara Anda merasa dan bertindak di sekitar orang-orang yang telah Anda kenal, dimana Anda bisa merasa nyaman dan bersikap spontan. Alihkan perasaan itu saat Anda bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang membuat rasa percaya diri Anda memudar. 3. Hindari terlalu memperhatikan diri Anda sendiri. Tentu saja, Anda boleh sedikit memikirkan tentang bagaimana Anda akan melewatkan perbicangan dengan orang banyak, tapi jika seluruh fokus Anda tercurah pada kata-kata sendiri dan perasaan Anda, selanjutnya Anda akan mulai merasa gugup sendiri. Ingat-ingat apa yang dikenakan oleh orang lain dan buat catatan tersendiri, dengarkan apa yang mereka perbincangkan, bayangkan dimana mereka tinggal, buat sebuah garis besar atau ingat-ingat nama mereka. 4. Nikmati waktu Anda. Hindari mengatakan hal-hal tanpa berpikir terlebih dulu. Ajukan pertanyaan, dan jika mendapat pertanyaa. Anda dapat mempertimbangkan jawaban terlebih dahulu sebagai tanggapan Anda, jangan asal menjawab tanpa berpikir. Jawaban yang diluncurkan dengan perlahan merupakan cara bersikap santai. 5. Berhentilah percaya pada imajinasi Anda. Mungkin Anda pernah membuat gambaran tentang sebuah liburan yang menyenangkan dan pada kenyataanya jauh berbeda dari yang Anda bayangkan. Itu menunjukan beatapa tak dapat dipercayanya bayangan kita sendiri. Berhentilah memikirkan apa yang dipikirkan orang lain. 6. Berhentilah memikirkan ''segalanya atau bukan apa-apa.'' Pemikiran ''pasti begini/pasti begitu'' tertuang saat Anda mengalami emosi. Orang-orang yang sedang depresi, marah dan gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dengan perbedaan yang ektrim. Bagi orang yang sedang marah ''Anda salah'' dan ''mereka benar,'' orang yang marah akan melihat dirinya ''gagal'', sedang yang lain ''berhasil. 7. Akhirnya, gunakan latihan hipnotis. Hipnotis merupakan cara tercepat untuk mengubah tanggapan instink/emosi Anda dalam setiap situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran dan tubuh Anda dalam keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru. Sebenarnya, sewaktu Anda merasa santai seringkali Anda akan menemukan saat yang tepat untuk menerapkan hipnotis agar merasa lebih percaya dirisaat berhadapan dengan orang-orang baru, dan tentu saja pada titik ini rasa malu akan tersingkir dengan sendirinya.

 

 

Tidak ada komentar: