Jumat, 21 Desember 2018

JANGAN LUSSA' ESES



Jangan "Lussa' "! Kamu harus tahu apa itu lussa'? Dalam Bahasa Makassar, “lussa” yang bisa diartikan sebagai orang mudah gelisah, bingung, gerah, khawatir, takut, gagap, galau, gugup, panik, kacau, kusut dan atau ragu-ragu.

Orang yang suka berkarakter "lussa" akan membuat semua hal tidak lebih baik, bahkan semuanya makin salah dan berantakan. Malah, orang bisa tenggelam dilaut bukan karena tidak bisa berenang tapi karena orang itu sedang suka "lussa" sehingga tidak mau bergerak berusaha agar tidak tenggelam. Makanya, kamu jangan suka "lussa" disaat menghadapi beragam situasi yang kerap Sulit diprediksi!

Ditengah situasi sulit sekalipun, kamu harus berusaha untuk menguasai diri, bersikap tenang, bahkan pancarkan sikap tenang itu disekelilingmu karena bila kamu kehilangan kendali maka kamu akan kehilangan situasi bahkan situasi mengendalikanmu.

Patut pula kamu ingat, kontrol adalah juga ukuran kepemimpinanmu. Karena seharusnya seorang pemimpin dalam situasi tegang tidak boleh kalut, kamu harus bisa tersenyum sebab kamu menguasai dirimu. Lagi pula, semua faktor telah kamu perhitungan, bahkan pengetahuan tentang character building sudah dalam benakmu.

Kalau begitu, sebagian besar dari kesalahan dalam hidup disebabkan terlalu tergesa-gesa, yang orang Makassar bilang suka, "rapa-rapa", emosional dan kontrol diri yang terabaikan.

Untuk itulah, jangan "lussa" dan jangan suka "rapa-rapa"! kamu harus senantiasa menggunakan otak dan akal sehat, segala sesuatu mesti dianalisis, kemudian bertindak, dan kontrol terakhir adalah hatimu. Bila kamu sudah yakin dan percaya 100% , maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim. Lakukan dan laksanakan!

Tidak ada komentar: