Sabtu, 15 April 2017

ESES Hargailah semua orang



Bagi MANUSIA MAKASSAR yang sudah memahami dan sudah biasa mengamalkan prinsip hidup "ASSI PANGALIKKI", yang maknanya saling menghormati, sama membahasakan seperti orang lain kita harapkan hormat seperti itu kepada kita.

BAJIMI KA BAJIKI, KODIMI KA KODIKI, artinya dari Bahasa Makassar ke Bahasa Indonesia, "orang lain berbuat baik kepadamu karena kamu baik, orang lain berbuat jahat kepadamu karena kamu jahat".

"Iyaji antu karaeng tau biasayya akkaraeng", artinya "Kalau mau lihat raja adalah orang yang biasa merajakan orang lain".

Kalau begitu cara bicara atau tutur kata kita adalah simbol kehormatan kita. Jaga kata-kata kita! karena kalau sudah diucapkan itu akan jadi harga diri kita. Bahkan itu jadi komitmen kita pada publik yang wajib kita pegang teguh dan laksanakan.

Kata-kata kita sebagai ksatria ulung haruslah kata-kata bijak, yang tidak menyakitkan ataua, sebaiknya tawadduh, rendah hati, Do'nt sombong, dan jangan mau serba mentang-mentang sok kuasa karena sudah PENGUSAHA sekaligus PENGUASA.

Kata-kata kita kepada ORANG TUA harus terasa terhormat, jangan coba-coba mengeluarkan kata kata jorok seperti" kata SUNDALA' " jika seorang anak marah kepada IBU atau kepada AYAH kita sendiri, dan atau pada yang ORANG MUDA harus bertabur kasih sayang yang tulus dengan menghidupkan budaya "IYE", bukan "IYO" ketika berbicara kepada siapa saja, mengajarkan kearifan lokal "TABE' " (permisi) disaat lewat didepan orang apalagi diera yang penuh teknologi, dan memperingatkan kepada yang suka pakai "BAJU BODO" (baju pendek) bukan baju adat yang di maksud disini. 

Maksud "BAJU BODO" atau "Baju pendek" adalah baju yang melanggar etika dan ajaran syariah Islam, jangan BERJILBAB tapi seperti orang TELANJANG, jangan tertutup diatas terbuka dibawah, serta masih banyak lagi ajaran orang dulu yang harus dipelajari dan diamalkan selama tidak bertentangan dengan syari'ah Islam.

Begitu pun, jika kita punya kelebihan sama sekali tidak boleh jadi alasan untuk meremehkan orang lain, terlebih pada orang tua kita sendiri atau yang lebih tua dari kita, dan sekaligus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan contoh yang baik-baik kepada adik-adik atau yang lebih muda dari kita.

Ingat PANGKAT, HARTA, KEGAGAHAN/KECANTIKAN, KECERDASAN, KESHALEHAN, dan GELAR kita adalah titipan Dari Allah Swt, yang orang Makassar bilang "RAKI-RAKI RAKKI", artinya daki daki yang melekat yang tidak akan mengutuhkan harga diri kita kalau sombong dan menyakitkan hati orang lain atau orang banyak.

Terakhir.. 
Bersama Allah, jangan sedih
Bersama Allah, jangan rusuh 
Bersama Allah, jangan marah

Bersama Allah, jangan pasrah
Bersama Allah, jangan menyerah

Bersama Allah, ayo berubah
Bersama Allah, ayo berbenah
Bersama Allah, ayo melangkah

Dan mungkin kita harus ucapkan selamat berjuang untuk terus memperbaiki diri, mau "akkaresoko nampa angnganreko" arti dari Bahasa Makassar kedalam bahasa Indonesia "kerjalah dulu lalu makan", selamat bertahan pada baik-baik, meskipun kita tahu kita bukanlah Tuhan yang selalu baik, setidaknya kita sudah berusaha, dan semoga Ridho dan hidayah Allah bersama kita semua.

Ayo hadirkan semangat ESES !
semangat ESES, semangat jalan proses!
semangat ESES, semangat menuju sukses!
Mau cetak tanya admin 081338567456 ESES!

Tidak ada komentar: