Rabu, 12 Oktober 2016

APA SIH TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MAHASISWA YANG SEBENARNYA ??

Hasil gambar untuk Supardi saminja
Mahasiswa dikenal dengan “Agent Of Change and Sosial Control”  
artinya Agen pembawa perubahan dan kontrol Sosial.
Ciri-ciri Mahasiswa yaitu, Kritis,Analisis,Rasional,sistematis dan Mempunyai wawasan yang luas.
Saya akan bercerita sedikit tentang perjuangan dan pengorbanan Mahasiswa dimasa lalu.
 Pada tahun 1928 para pemuda berkumpul mengucapkan satu lebel simbol sebuah kelahiran bangsa indonesia yang kita kenal moment itu dengan sebutan sumpah pemuda.
            Pada tahun 1945 golongan muda bertikai dengan golongan tua untuk kemudian menculik bung Karno untuk kemudian bisa memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemudian waktu berjalan negara berkembang lagi-lagi pemuda berkumpul ketika itu sudah dikenal dengan sebutan mahasiswa, Berkumpul untuk apa?? Berkumpul untuk menumbangkan sebuah rezim yang zolim mahasiswa membuktikan kekutanya Bung Karno di Lengserkan. Kemudian berkembang menuju tahun 1998 lagi-lagi negeri ini dipimpin oleh orang-orang yang zolim kemudian mahasiswa muncul lagi kepermukaan bagaimana bisa menumbangkan orang-orang zolim dan lagi-lagi mahasiswa membuktikan kekuatanya Soeharto dilengserkan.
            Tapi sekarang banyak orang-orang yang mengatakan mahasiswa tugasnya hanya kuliah, mahsiswa hanya boleh melakukan penelitian mahasiswa tidah boleh melakukan menyuarakan kebenran dihadapan Pemerintah. Hari ini kita katakan “mereka salah,mereka salah,mereka salah“. Ini sebenarnya menjadi tanggung jawab kita selaku mahasiswa untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang telah lama hilang.
            Tapi mahasiswa sekarang, apalagi mahasiswa dari kampus Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci adakah yang seperti yang disebutkan diatas??
Adakah yang diantara kita yang sebenar-benarnya yang mengemban tugas,fungsi,dan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa??
            Ayo bangkitlah wahai kaum-kaum intelektual muda penerus bangsa, arah bangsa ini tergenggam ditangan kita. Kalau kita terus menerus dilenakan oleh modernisasi dan glamor kehidupan yang begitu mewah yang melekat didalam kehidupan kita apa yang bisa kita persembahkan buat bangsa ini. Kita sekarang tidak perlu berjuang seperti pahlawan-pahlawan kita yang mana mereka berperang dan menaruhkan nyawa mereka demi memperoleh sebuah kemerdekaan buat bangsa ini tapi kita hanya diminta untuk mengisi kemerdekaan itu dan melanjutkan amanah-amanah para pahlawan kita.
            Kuliah ini bukan tempat untuk unjuk kekayaan, unjuk kemewehan, unjuk kecantikan ataupun kegantengan akan tetapi disini tempat kita menempa ilmu dan wawasan yang cukup luas namun kemudian kita juga berjuang melawan para Rezi-Rezim yang Zolim. Dan wawasan tersebut kita implemensasikan terhadap masyarakat awam dan itu lah tanggung jawab kita beban yang terpikul dipundak kita.
            Jangan anda hanya menyandang status Mahasiswa tetapi anda tidak bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab anda selaku seorang mahasiswa.
            Dan perlu rekan-rekan ingat seorang mahasiswa itu mempunyai sumpah mahasiswa dan tolong rekan-rekan semua baca, yang mana sumpah mahasiswa yaitu :
“Sumpah Mahasiswa Indonesia”
Kami mahasiswa Indonesia Bersumpah Bertanah air satu tanah air tanpa penindasan
Kami mahasiswa Indonesia Bersumpah Berbangsa satu bangsa yang mencintai keadilan
Kami mahasiswa Indonesia Bersumpah Berbahasa satu bahasa tanpa kebohongan
Jika ada sepuluh ribu orang yang memperjuangkan kebenaran maka pastikan aku satu diantaranya
Jika ada seribu orang yang memperjuangkan kebenaran maka pastikan aku satu diantaranya
Jika ada seratus orang yang memperjuangkan kebenaran maka pastikan aku satu diantaranya
Jika hanya ada satu orang yang memperjuangkan kebenaran maka pastikan,maka saksikan, maka pastikan dan saksikan itu lah aku.
Hidup Mahasiswa Indonesia !!!     
                                                                  

Tidak ada komentar: