Selasa, 29 November 2011

Mempertahankan Profil Positif

Bila Anda masih takut kepada atasan, Anda pasti seorang pegawai. Bila Anda takut kehilangan pendapatan, mungkin Anda seorang entrepreneur. Tetapi bila Anda takut dituntut karena Anda melanggar kode etik, Anda masuk ke status profesional.

Untuk menjadi profesional, Anda tidak perlu takut akan kehilangan pekerjaan, pendapatan dan terhadap atasan Anda. Untuk menjadi profesional, Anda harus takut kehilangan kredibilitas Anda. Bila Anda seperti seorang penjaga pintu, pada setiap situasi, semua orang akan selalu melewati Anda.

Seorang profesional peduli akan profilnya. Kekuatan Anda untuk mempengaruhi berkaitan langsung dengan seperti apa Anda dilihat orang. Perilaku, penampilan, cara berpikir, bekerja dan cara Anda membawa diri merupakan atribut kompetensi, keyakinan dan kredibilitas Anda.

Beberapa kualitas dari profesional adalah dapat dipercaya, ketertarikan dengan apa yang dikerjakan, bertanggung jawab, berpengalaman, ahli, cermat, tulus, jujur, berhati-hati, kreatif, komunikator yang baik, mudah ditemui, mempunyai persiapan dan pengelolaan yang baik. Profesional sejati merupakan orang yang terhormat dan menjunjung tinggi etika.

Seorang profesional tidak pernah
1. melebih-lebihkan sesuatu
2. menginginkan reputasi dengan cara paksa
3. pamer
4. mencari perhatian
5. meminta tanda terima kasih atau promosi

Tidak ada komentar: