Minggu, 15 Juli 2018

Manusia Siri' na pacce



Kamu itu manusia Makassar, manusia siri' na pacce, dan sekaligus  manusia appa sulappa!

Selain itu kamu mesti bisa mengatakan dan  mengerjakan sesuatu yang menjadi kekuatan imanmu.

Dan kamu harus mampu menuliskan kata-kata untuk dinikmati oleh orang banyak, bagai secangkir minuman buat dahaga kehidupan. Kamu harus memilih kata sederhana agar tak sulit di cerna, tapi dimengerti.

Kamu harus percaya bahwa kekuatan menulis kata  sebagai bentuk kesaksian terhadap suasana batin yang bergelora, mengekspresikan kejujuran bagi kalbu dan nurani.

Memang, menulis sesuatu kata itu punya hak untuk hidup sebagai lambang kebebasan dan kesejukan dalam situasi hidup yang diwarnai konflik, kekacauan, dan kekerasan.

Mungkin kamu tidak bisa hidup 1.000 tahun lagi, tetapi tulisan Kata-katamu bisa hidup 1.000 tahun lagi dan bahkan sampai lebih dari itu. Karena tulisan Kata-katamu menjadi sangat berarti bagi dirimu dan orang lain.

Tulisan Kata-katamu ini adalah sebuah interpretasi terhadap nilai dan norma yang tumbuh dalam dirimu sebagai manusia Makassar berkarakter siri na pacce .

Terus biasakan dirimu menulis! Tak perlu alasan atau syarat yang mengharuskan kamu seorang sastrawan. Karena mungkin hanya dengan menulis pesanmu sampai, hatimu nyaman, kenanganmu tersimpan, dan 
kamu tidak usah risau dengan kata-katamu dibaca atau tidak baca, suka atau tidak disuka. Yang penting menulislah! Karena mungkin dengan menulis, kamu akan dikenang.

Sekali lagi tulisan kata-katamu harus mengajak  dirimu dan orang banyak untuk bernyanyi tentang keadilan, motivasi, renungan diri sendiri dan orang lain, menegur secara halus tentang perlawanan, dan tentang kedamaian, oh betapa indahnya hidup.

Tidak ada komentar: