Sabtu, 14 Maret 2015

Pola Hidup Sehat dan Teratur

Banyak hal penting yang sering dilewatkan dalam menjalani hidup. Banyak pula akibat buruk yang akan datang menganggu kesehatan kita.
Hal tersebut bisa  terjadi hanya karena kebiasaan hidup yang tidak teratur. Kebiasaan buruk tersebut adalah antara lain melewatkan sarapan pagi, kurang minum banyak air putih, kurang olahraga atau gerak serta mengkonsumsi cemilan yang mengandung kalori tinggi.
Tapi kebiasaan buruk itu dapat diatasi. Apa caranya? Cara yang paling ampuh adalah mengganti kebiasaan buruk dengan membiasakan kebiasaan yang baik, tetapi diperlukan waktu 20-30 hari pengulangan kebiasaan baik untuk kemudian menjadi kebiasaan baru.
Apakah semudah itu untuk merubah kebiasaan buruk tersebut? Mengapa ketika kita melakukannya hal tersebut sangatlah berat?
Jawabannya adalah bagi sebagian orang yang benar-benar ingin merubah pola hidupnya hal tersebut sangatlah mudah dan pasti bias mereka lakukan, tapi untuk sebagian orang lagi hal tersebut sangatlah sulit karena mereka telah membiasakan pola hidup yang tidak baik menjadi hal yang biasa untuk dilakukan.
Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjalani pola hidup yang baik dan sehat :
1.    Minum air putih 8 gelas per hari
Mengapa demikian? Karena tubuh manusia tidak akan merespon rasa haus sampai tubuh benar-benar telah kehabisan cairan atau yang kita sering dengar adalah dehidrasi.
Mengapa air putih? Karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air, oleh karena itu air merupakan unsure terpenting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air 8 gelas per hari kita akan terhindar dari kelelahan, bad mood, sakit kepala, bibir kering dan kulit kusam.
2.  Sarapan pagi setiap hari
Mengapa harus sarapan? Karena jika sarapan terlewatkan, maka akan menggangu produktivitas kerja kita. Tetapi Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi pada sarapan Anda.
Maksudnya adalah Anda harus memilih sarapan yang sehat. Apa itu sarapan sehat? Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi seperti segelas susu, segelas jus buah, menu sarapan siap saji yang kaya akan gizi dan rendah lemak.
3.    Makan siang dengan menu yang bergizi
Mengapa demikian? Karena kelebihan karbonhidrat sering terjadi saat makan siang atau tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagai sumber energy.
Bagaimana cara memilih makan siang yang bergizi? Dengan cara menambah lauk, memakan sepotong buah, dan mengkonsumsi segelas yoghurt.
4.    Siasati makan malam
Mengapa harus disiasati? Karena setelah seharian bekerja dan menguras otak, tubuh kita membutuhkan makanan yang bergizi, tetapi ingat untuk tetap menjaga fisik tubuh Anda, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, karena memakan makanan yang banyak mengandung lemak pada malam hari akan membuat Anda menjadi gemuk.
Jadi, kesimpulannya adalah kita harus tetap menjaga pola hidup sehat walaupun sibuk bekerja, karena kesehatan mempunyai nilai yang sangat berharga dan tinggi. J


Tidak ada komentar: