Tentu
tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang
Administrasi, karena setiap hari dari berbagai perusahaan membuka
lowongan untuk menduduki kesempatan sebagai tenaga administrasi.
Pada
kesempatan ini penulis akan memaparkan Teknik dan Tips sukses untuk
bisa diterima kerja sebagai Tenaga Administrasi dan menjadi tenaga
Administrasi yang Handal.
Bagian
Administrasi mempunyai kerja yang sangat penting, untuk mendukung kerja
atasan atau bagian lain. Dan pengalaman kerja di bagian Administrasi
akan memberikan peluang yang besar untuk jenjang karir yang lebih
tinggi, karena dasar kerja perusahaan ada pada bagian Administrasi.
Semakin
besar suatu perusahaan dan semakin banyak struktur organisasi dalam
perusahaan, maka semaking banyak tenaga Administrasi dibutuhkan.Seperti
bagian Gudang, Puchasing, Quality Control, Exim, Personalia, Teknologi
Produksi ( Engenering ) , atau Maintenance ( Teknisi Perusahaan ).
Pada Bagian Administrasi membutuhkan pengetahuan yang baik yang dimana semuanya bisa dipelajari asal ada kemauan seperti :
1.Dasar Komputer Excel maupun Word
2.Sedikit Bahasa English ( walaupun Pasif )
3. Ketelitian.
TIPS UNTUK SUKSES MELAMAR BAGIAN ADMINISTRASI :
1. PERSIAPAN AWAL .
A.
Cobalah untuk berlatih untuk berhitung ringan seperti perkalian,
pembagian , pengurangan , agar dapat menemukan cara cepat untuk
menghitung.
B. Untuk Persiapan melamar silahkan baca ulang untuk teknik melamar kerja.
C. Yakinkan diri anda “ BAHWA ANDA MAMPU DALAM SEGALA HAL “
2. BAHAN PERSIAPAN UNTUK WAWANCARA ADMINISTRASI
LINGKUP KERJA BAGIAN ADMINISTRASI :
- ADMINISTRASI PENJUALAN :Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi penjualan harian disertai bukti penjualan bisa berupa nota penjualan atau yang lainnya.
- ADMINISTRASI PEMBELIAN :Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi pembelian harian disertai dengan bukti pembelian bisa berupa nota pembelian atau yang lainnya.
- ADMINISTRASI KANTOR UNTUK PERUSAHAAN PERDAGANGANUntuk kerjanya tergantung dari sistem pengaturan dari manager , Ada yang mempunyai kerja hanya untuk administrasi ringan seperti pencatatan DATA atau membuat surat menyurat , tetapi ada perusahaan yang memasukkan tugas keuangan dan pencatatan stock gudang ke dalam kerja ADMINISTRASI.
Disini
tugas Administrasi menjadi lebih luas : seperti : Mencatat semua stock
gudang, bertanggung jawab terhadap keluar masuk barang ke sales, maupun
yang memberikan uang saku ke sales. Dari hasil pencatatan setelah
diketahui atasan , laporan tersebut akan disampaikan ke Accounting.
- ADMINISTRASI UNTUK PERUSAHAAN MANUFACTURE ( PABRIK )Sebenarnya prinsip kerjanya hampir sama baik perusahaan besar LOKAL atau perusahaan ASING.Pada perusahaan jenis ini kerja ADMINISTRASI menjadi sangat penting karena semua data harus dilakukan pencatatan dengan rapi , dan semua aktifitas harus dilakukan secara terschedule . Untuk menerangkannya bisa padukan dengan teknik dan tips menjadi AdmINISTRASI yang handal berikut.
TEKNIK DAN TIPS SUKSES MENJADI ADMINISTRASI YANG HANDAL :
Dua hal pokok yang perlu diperhatikan :
1. TEKNIK PENATAAN FILE baik Penyusunan Hard copy maupun Soft copy.
Hard copy : file yang disimpan dalam bentuk nyata
Soft copy : File kerja yang disimpan dalam komputer.
CATATAN PENTING :* Berfikirlah bahwa anda membuat atau menata file kerja bukan untuk diri anda sendiri tetapi untuk orang lain “.ARTINYA dimana atau siapapun yang akan mencari data yang anda sajikan untuk umum , mereka akan dengan mudah bisa dengan cepat menemukannya.
CARA PENATAAN FILE : APLIKASI DI PERUSAHAAN JAPAN.
- Kelompokkan data yang anda buat dalam urutan Adjat A ~ Z dan beri juga nomor urut dari angka 1 ~ sampai seterusnya, dengan TUJUAN bila file diambil atau hilang akan segera tahu file mana yang tidak ada di tempatnya.
2. MEMAHAMI “ HORENSO “ ( HO-REN-SO )
Horenso adalah Istilah bahasa Japan yang sering di aplikasikan dalam praktek sehari-hari.
“ HORENSO '' ADALAH SYTEM INFORMASI ATAU PELAPORAN.
ASAL PEMBENTUKAN KATA :
“HO”
dari kata HOUKOKU : Proses pelaporan “ segala sesuatu “ dari bawahan
ke atasan atau sebaliknya.“REN” dari kata RENRAKU : Menginformasikan :
menyampaikan INFORMASI sejelas-jelasnya sampai ke tingkat yang paling
bawah atau sebaliknya, sehinggal informasi dapat di terima semua untuk
diambil tindakan.
“SO” dari kata SOUDAN : yaitu system konsultasi ( diskusi ) untuk penyelesaian masalah.
Sebenarnya
hal diatas bisa anda jabarkan menjadi lebih luas , tapi yang lebih
penting , mudah-mudahan bisa membantu lolos dalam seleksi awal , dan
bisa memperluas wawasan anda.Jangan pernah dilupakan “ KESUKSESAN SELALU
MENANTI ANDA “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar