Selasa, 21 April 2015

Karakteristik Umum Pengusaha Sukses


Berikut ini 10 karakteritik umum pengusaha sukses :
1. Lakukan apa yang Anda Sukai
Apa yang Anda dapatkan dari bisnis dalam bentuk kepuasan pribadi , keuntungan finansial , stabilitas dan kenikmatan akan menjadi jumlah apa yang Anda masukkan ke dalam bisnis Anda . Jadi, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan besar itu akan membuat anda sulit untuk mengerjakan apa yang anda tekuni, dan tentu saja akan berpengaruh pada keberhasilan berikutnya . Bahkan , jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan Anda tidak akan berhasil .
2. Serius dalam Mengerjakan Sesuatu
Keseriusan adalah salah satu kunci dalam mencapai kesuksesan, terutama dalam bisnis. Kecuali anda hanya ingin merasakan menjadi pengusaha yang biasa biasa saja, tanpa adanya perubahan besar. Terlalu banyak pemilik usaha gagal untuk membawa bisnis mereka mencapai kesuksesan karena kurangnya motivasi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis, meskipun bisnis tersebut masih kecil. Keseriusan bisa dimulai dari sebuah rencana atau ide yang disampaikan, hingga perencanaan, pelaksanaan, hingga akhirnya pengelolaannya. Tidak mudah memang menjaga konsistensi dalam menjalankan usaha, terlebih ketika ada pengaruh lain dari luar. Namun ketika anda bisa menjaga keseriusan anda dalam menjalankan sesuatu, maka usaha anda akan sukses.
3. Selalu Merencanakan Segala Sesuatu
Langkah awal ketika ingin mendirikan sebuah usaha tentu saja adalah merencanakannya. Perencanaan ini bukanlah sebuah keharusan, melainkan juga menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap pemilik bisnis yang akan membangun atau mengembangkan usahanya. Tindakan perencanaan bisnis sangat penting karena mengharuskan anda untuk menganalisa setiap situasi bisnis, penelitian, pengolahan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan pada fakta – fakta yang terungkap melalui penelitian. Anda dapat menggunakan rencana yang anda buat baik sebagai peta yang akan membawa anda dari titik A ke titik Z dan juga sebagai tolak ukur untuk mengukur keberhasilan setiap program atau segmen dalam rencana anda. selalu rencanakan setiap kegiatan atau keputusan yang ingin anda laksanakan sebagai salah satu pengembangan usaha anda.
4. Mampu Mengelola Uang dengan Bijaksana
Uang mampu menjadi faktor terbesar dari kehidupan sebuah usaha. Karena setiap usaha pasti melakukan pembelian, pembayaran, promosi dan pemasaran bisnis anda, tidak ketinggalan juga yaitu pengelolaan peralatan dan perlengkapan serta membayar para karyawan berupa gaji. Oleh karena itu, pengelolaan uang sangatlah penting. Ketika sebuah rencana sudah mulai dibicarakan, masalah uang ini tidak dapat dikesampingkan. Sehingga semua pemilik usaha harus mampu menjadi manajer uang yang bijaksana untuk memastikan bahwa uang terus mengalir dan seluruh tanggungan telah dilaksanakan. Meskipun dalam usaha anda, memiliki seseorang yang mengontrol keuangan perusahaan anda, namun tidak ada salahnya anda ikut turun tangan dan juga mengelolanya.
5. Kreatif dalam Penjualan
Seorang pengusaha harus ingat bahwa pemasaran, iklan atau kegiatan promosi lainnya itu sangatlah berharga untuk bisnisnya. Terlepas dari seberapa cerdas, mahal atau sempurnanya penjualan yang mereka targetkan. Keterampilan dalam hal penjualan atau promosi sangatlah diperlukan. Bagaimana anda mampu mengajak seseorang untuk melihat produk anda, tertarik dengan penjelasan anda, hingga tertarik untuk membeli produk anda. tidak ada salahnya sebagai pemilik usaha anda juga merangkap sebagai seorang sales atau pemasar. Anda perlu memiliki banyak ide – ide unik, bukan hanya untuk produk anda, tapi juga untuk promosi produk anda.
6. Mengutamakan Pelanggan
Pelanggan adalah raja dalam usaha anda. Bisnis yang anda jalani bukan hanya tentang produk atau jasa yang anda jual. Tapi ada pelanggan yang menjadi faktor kesuksesan terbesar anda. Bisnis anda juga bukan tentang harga, pesaing dan bagaimana mengalahkan mereka. Ini semua tentang pelanggan anda. Setelah itu semua pelanggan anda adalah orang – orang yang memutuskan apakah pada akhirnya produk anda akan mencapai sukses atau malah rugi. Segala sesuatu yang anda lakukan dalam bisnis harus terfokus pada pelanggan, yang mencangkup kebijakan anda, jaminan terhadap produk anda, pilihan pembayaran, jam operasi, dan segala hal yang dibutuhkan oleh pelanggan. Biasanya pelanggan membutuhkan transaksi yang mudah dan memberikan dirinya kenyamanan dalam bertransaksi dengan anda.
7. Mengenal Pelanggan dengan Baik
Salah satu faktor terbesar dalam kesuksesan berusaha adalah kebahagiaan pelanggan. Bagaimana pelanggan mampu bertahan dan terus percaya kepada produk atau layanan anda. Pemilik usaha bukan hanya terfokus pada penciptaan produk atau layanan yang tepat guna dan terbaik, tapi juga kepada pelayanan apabila ada komplain atau keluhan, hingga akhirnya pemilik usaha mampu mengenal bagaimana pelanggan mereka. Anda bisa mulai dengan mengajak pelanggan anda berbicara langsung atau sekedar mengirim email untuk menyapa para pelanggan anda. kebanyakan pemilik usaha hanya berada dibelakang layar, cobalah untuk sekali turun ke lapangan untuk sekedar menyapa pelanggan anda. Dengan begitu bukan hanya anda yang memperoleh keuntungan karena mampu mengenal pelanggan anda, tapi juga pelanggan anda yang akan bertahan dalam usaha anda.
8. Mampu berkolaborasi dengan Siapa Saja
Setiap pemilik usaha selalu disibukkan dengan penciptaan, pengembangan dan pengelolaan usahanya. Tapi tidak ada salahnya ketika pemilik usaha mampu menyisihkan waktunya untuk berkumpul atau bergabung dengan sebuah komunitas tertentu. Banyak hal yang didapatkan dari itu, salah satunya koneksi bisnis yang banyak dan luas, ilmu baru baik tentang bisnis atau yang lainnya, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa terlibat dalam sebuah acara amal atau dalam pengorganisasisan acara sebuah komunitas. Dengan begitu anda akan mengenal lingkungan diluar lingkungan bisnis anda.
9. Memiliki Kemampuan dalam Menarik Perhatian
Pemilik usaha tidak bisa membuang – buang waktu, uang dan energi untuk memajukan usahanya, terutama untuk pemilik usaha kecil. Anda harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pelanggan anda. Bisa melalui cara promosi. Ketika usaha anda masih baru, anda harus memberikan sebuah ciri khas yang mampu menggambarkan usaha anda terlebih diri anda. Apalagi ketika anda mampu menciptakan cara yang berbeda dengan usaha yang lain, yang mampu menarik perhatian pelanggan anda.
10. Mampu Memberikan Kenyamanan
Ketika anda mampu memberikan kenyamanan kepada pelanggan anda, maka jangan melupakan kenyamanan didalam perusahaan anda. Ketika kenyamanan sudah tercipta di dalam, maka secara otomatis akan berdampak pada kenyamanan pelayanan terhadap pelanggan anda. Anda bisa mulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu mendekorasi kantor atau tempat usaha anda senyaman mungkin, sehingga setiap pekerja atau karyawan yang bekerja pada anda akan merasa nyaman dan mampu bekerja dengan baik. Desain ruangan dengan seindah mungkin, yang mampu mendorong setiap karyawan mampu menjadi produktif lebih lama. Hal ini juga akan berpengaruh kepada pelanggan anda, ketika pelanggan anda mengunjungi kantor atau tempat usaha anda, yang mereka butuhkan juga kenyamanan pada saat berkunjung. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap hal yang lainnya.

Tidak ada komentar: