Berikut ini 10 karakteritik umum
pengusaha sukses :
1. Lakukan apa yang Anda Sukai
Apa yang Anda dapatkan dari bisnis
dalam bentuk kepuasan pribadi , keuntungan finansial , stabilitas dan
kenikmatan akan menjadi jumlah apa yang Anda masukkan ke dalam bisnis Anda .
Jadi, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan besar itu
akan membuat anda sulit untuk mengerjakan apa yang anda tekuni, dan tentu saja
akan berpengaruh pada keberhasilan berikutnya . Bahkan , jika Anda tidak
menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan Anda tidak akan berhasil .
2. Serius dalam Mengerjakan Sesuatu
Keseriusan adalah salah satu kunci
dalam mencapai kesuksesan, terutama dalam bisnis. Kecuali anda hanya ingin
merasakan menjadi pengusaha yang biasa biasa saja, tanpa adanya perubahan
besar. Terlalu banyak pemilik usaha gagal untuk membawa bisnis mereka mencapai
kesuksesan karena kurangnya motivasi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis,
meskipun bisnis tersebut masih kecil. Keseriusan bisa dimulai dari sebuah
rencana atau ide yang disampaikan, hingga perencanaan, pelaksanaan, hingga
akhirnya pengelolaannya. Tidak mudah memang menjaga konsistensi dalam
menjalankan usaha, terlebih ketika ada pengaruh lain dari luar. Namun ketika
anda bisa menjaga keseriusan anda dalam menjalankan sesuatu, maka usaha anda
akan sukses.
3. Selalu Merencanakan Segala Sesuatu
Langkah awal ketika ingin mendirikan
sebuah usaha tentu saja adalah merencanakannya. Perencanaan ini bukanlah sebuah
keharusan, melainkan juga menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap pemilik bisnis
yang akan membangun atau mengembangkan usahanya. Tindakan perencanaan bisnis
sangat penting karena mengharuskan anda untuk menganalisa setiap situasi
bisnis, penelitian, pengolahan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan pada
fakta – fakta yang terungkap melalui penelitian. Anda dapat menggunakan rencana
yang anda buat baik sebagai peta yang akan membawa anda dari titik A ke titik Z
dan juga sebagai tolak ukur untuk mengukur keberhasilan setiap program atau
segmen dalam rencana anda. selalu rencanakan setiap kegiatan atau keputusan
yang ingin anda laksanakan sebagai salah satu pengembangan usaha anda.
4. Mampu Mengelola Uang dengan
Bijaksana
Uang mampu menjadi faktor terbesar
dari kehidupan sebuah usaha. Karena setiap usaha pasti melakukan pembelian,
pembayaran, promosi dan pemasaran bisnis anda, tidak ketinggalan juga yaitu
pengelolaan peralatan dan perlengkapan serta membayar para karyawan berupa
gaji. Oleh karena itu, pengelolaan uang sangatlah penting. Ketika sebuah
rencana sudah mulai dibicarakan, masalah uang ini tidak dapat dikesampingkan.
Sehingga semua pemilik usaha harus mampu menjadi manajer uang yang bijaksana
untuk memastikan bahwa uang terus mengalir dan seluruh tanggungan telah
dilaksanakan. Meskipun dalam usaha anda, memiliki seseorang yang mengontrol
keuangan perusahaan anda, namun tidak ada salahnya anda ikut turun tangan dan
juga mengelolanya.
5. Kreatif dalam Penjualan
Seorang pengusaha harus ingat bahwa
pemasaran, iklan atau kegiatan promosi lainnya itu sangatlah berharga untuk
bisnisnya. Terlepas dari seberapa cerdas, mahal atau sempurnanya penjualan yang
mereka targetkan. Keterampilan dalam hal penjualan atau promosi sangatlah
diperlukan. Bagaimana anda mampu mengajak seseorang untuk melihat produk anda,
tertarik dengan penjelasan anda, hingga tertarik untuk membeli produk anda.
tidak ada salahnya sebagai pemilik usaha anda juga merangkap sebagai seorang
sales atau pemasar. Anda perlu memiliki banyak ide – ide unik, bukan hanya
untuk produk anda, tapi juga untuk promosi produk anda.
6. Mengutamakan Pelanggan
Pelanggan adalah raja dalam usaha
anda. Bisnis yang anda jalani bukan hanya tentang produk atau jasa yang anda
jual. Tapi ada pelanggan yang menjadi faktor kesuksesan terbesar anda. Bisnis
anda juga bukan tentang harga, pesaing dan bagaimana mengalahkan mereka. Ini
semua tentang pelanggan anda. Setelah itu semua pelanggan anda adalah orang –
orang yang memutuskan apakah pada akhirnya produk anda akan mencapai sukses
atau malah rugi. Segala sesuatu yang anda lakukan dalam bisnis harus terfokus pada
pelanggan, yang mencangkup kebijakan anda, jaminan terhadap produk anda,
pilihan pembayaran, jam operasi, dan segala hal yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Biasanya pelanggan membutuhkan transaksi yang mudah dan memberikan dirinya
kenyamanan dalam bertransaksi dengan anda.
7. Mengenal Pelanggan dengan Baik
Salah satu faktor terbesar dalam
kesuksesan berusaha adalah kebahagiaan pelanggan. Bagaimana pelanggan mampu
bertahan dan terus percaya kepada produk atau layanan anda. Pemilik usaha bukan
hanya terfokus pada penciptaan produk atau layanan yang tepat guna dan terbaik,
tapi juga kepada pelayanan apabila ada komplain atau keluhan, hingga akhirnya
pemilik usaha mampu mengenal bagaimana pelanggan mereka. Anda bisa mulai dengan
mengajak pelanggan anda berbicara langsung atau sekedar mengirim email untuk
menyapa para pelanggan anda. kebanyakan pemilik usaha hanya berada dibelakang
layar, cobalah untuk sekali turun ke lapangan untuk sekedar menyapa pelanggan
anda. Dengan begitu bukan hanya anda yang memperoleh keuntungan karena mampu
mengenal pelanggan anda, tapi juga pelanggan anda yang akan bertahan dalam
usaha anda.
8. Mampu berkolaborasi dengan Siapa
Saja
Setiap pemilik usaha selalu disibukkan
dengan penciptaan, pengembangan dan pengelolaan usahanya. Tapi tidak ada
salahnya ketika pemilik usaha mampu menyisihkan waktunya untuk berkumpul atau
bergabung dengan sebuah komunitas tertentu. Banyak hal yang didapatkan dari
itu, salah satunya koneksi bisnis yang banyak dan luas, ilmu baru baik tentang
bisnis atau yang lainnya, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa terlibat dalam
sebuah acara amal atau dalam pengorganisasisan acara sebuah komunitas. Dengan
begitu anda akan mengenal lingkungan diluar lingkungan bisnis anda.
9. Memiliki Kemampuan dalam Menarik
Perhatian
Pemilik usaha tidak bisa membuang –
buang waktu, uang dan energi untuk memajukan usahanya, terutama untuk pemilik
usaha kecil. Anda harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian calon
pelanggan atau pelanggan anda. Bisa melalui cara promosi. Ketika usaha anda
masih baru, anda harus memberikan sebuah ciri khas yang mampu menggambarkan
usaha anda terlebih diri anda. Apalagi ketika anda mampu menciptakan cara yang
berbeda dengan usaha yang lain, yang mampu menarik perhatian pelanggan anda.
10. Mampu Memberikan Kenyamanan
Ketika anda mampu memberikan
kenyamanan kepada pelanggan anda, maka jangan melupakan kenyamanan didalam
perusahaan anda. Ketika kenyamanan sudah tercipta di dalam, maka secara
otomatis akan berdampak pada kenyamanan pelayanan terhadap pelanggan anda. Anda
bisa mulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu mendekorasi kantor atau
tempat usaha anda senyaman mungkin, sehingga setiap pekerja atau karyawan yang
bekerja pada anda akan merasa nyaman dan mampu bekerja dengan baik. Desain
ruangan dengan seindah mungkin, yang mampu mendorong setiap karyawan mampu
menjadi produktif lebih lama. Hal ini juga akan berpengaruh kepada pelanggan
anda, ketika pelanggan anda mengunjungi kantor atau tempat usaha anda, yang
mereka butuhkan juga kenyamanan pada saat berkunjung. Hal ini akan sangat
berpengaruh terhadap hal yang lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar