Menjangkau pasar yang luas atau pasar
yang berlipat.
Ide bisnis bisa dikatakan hebat apabila
pasarnya bisa dengan mudah diidentifikasi dan diukur. Menurut Shermak, ide
bisnis dibilang hebat jika pemilik ide bisa menggambarkan demografi pasar dan
jumlah pasar cukup besar untuk menghasilkan uang.
Ciri lain dari ide bisnis yang hebat
adalah produk atau layanan bisnis bisa berlaku di pasar lainnya. Misalnya, jika
sebuah bisnis bisa sukses di pasar Jakarta, maka bisa juga sukses di pasar
Makassar.
Berkembang dan menyebar dengan cepat
dan mudah.
Wade Gilchrist, konsultan startup dan host
TechStartRadio, menilai bahwa ide bisnis yang membutuhkan waktu satu
tahun atau lebih untuk berkembang bukan termasuk ide bisnis yang baik.
Hal ini karena lanskap teknologi masa
kini berubah dengan cepat sehingga peluang tidak bisa bertahan dalam waktu
lama. Ada pun ide bisnis yang mudah berkembang biasanya berupa consumer
product karena dibutuhkan dan mudah didapat oleh masyarakat.
Hasrat.
Ciri lain ide bisnis yang hebat adalah
kita sebagai pelaku bisnis memiliki hasrat atau passion dalam
mengerjakannya. Hasrat menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis.
Hasratlah yang dibutuhkan pada tahap awal bisnis untuk bisa melangkah lebih
jauh.
Mampu bersaing.
Menurut Shermak keberadaan kompetitor
sebenarnya pertanda bahwa sebuah ide bisnis merupakan ide bisnis yang baik.
Keberadaan kompetitor bisa jadi menandakan bahwa pasar sebuah bisnis tersedia
luas. Hanya saja yang menjadi kunci di sini adalah eksekusi, bagaimana sebuah
bisnis bisa berjalan dengan adanya kompetitor.
Kalau kamu merasa ide bisnis kamu nggak
unik, coba cek kembali apakah keempat ciri tersebut ada dalam ide bisnis kamu.
Jika ya, maka percaya dirilah bahwa bisnis kamu berpotensi untuk sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar