Senin, 09 Maret 2015

12 Cara Promosi di Internet Yang Efektif

Bagi pebisnis online pemula, mungkin masih mencari cara promosi di internet yang paling efektif bagi usaha yang dikelolanya. Dan untuk kalangan ini, sering melakukan semua tips yang mereka dapatkan tanpa menyaringnya terlebih dahulu tanpa menyesuaikan kebutuhan. Hal ini dapat menjadikan over budget beriklan dan menghabiskan waktu serta tenaga. Ide inilah yang menjadikan saya tertarik berbagi tips efektif metode promosi untuk bisnis internet.
Adapun 12 cara terbaik memperkenalkan bisnis dengan mudah, murah dan cepat, perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:
  1. Kenali jenis produk anda dan market bidikannya. Jika berupa aksesoris untuk wanita, cobalah bergabung pada beberapa komunitas social media yang berhubungan dengan produk tersebut. Anda bisa memanfaatkan komunitas yang bersifat umum tetapi cukup banyak diikuti wanita. Salah satu yang yang saya rekomendasikan adalah forum jomblo di google plus. Sebaiknya hindari komunitas bisnis online karena biasanya diisi sesama pengelola usaha. Kecuali jika anda mencari reseller produk.
  2. Rajin mengungkapkan ide atau komentar dan sebaiknya bukan mengkritik pada komunitas atau blog atau forum internet. Ingat, jumlah orang yang suka disanjung lebih banyak daripada yang suka dikritik. Dan sebaiknya ide anda cukup unik serta dengan gaya bahasa “ringan” saja.
  3. Jika anda ingin beriklan, sebaiknya gunakan bahasa yang lucu tetapi terlihat “sinyal” produk yang anda jual. Terlalu terang-terangan berpromosi kadang malah membuat situs jarang dikunjungi.
  4. Walaupun bisnis anda dikelola di internet, sangat disarankan “menyentuh” media offline juga. Yang sederhana adalah dengan menyebarkan kartu nama, brosur, spanduk bahkan iklan radio, koran dan TV. Jangan lupa menyebutkan alamat situs pada media periklanan tersebut.
  5. Jangan malas untuk belajar dari pihak lain atau bahkan kompetitor anda. Amati dengan cermat cara mereka berpromosi.
  6. Jika diperlukan, buatlah komunitas di media social yang terkait dengan bisnis anda. Tidak perlu berhubungan langsung, tetapi terapkan pola menjaring market yang potensial. Misalnya anda mengelola situs kosmetik, buatlah komunitas sharing cara make up wajah. Biarkan saja bila ada kompetitor yang ikut berbagi di situ. Agar terkesan forum anda lebih obyektif. Yang penting, “tunjukkan sinyal” bahwa komunitas tersebut di kelola oleh situs anda. Caranya dengan memasang banner nama situs anda (bukan nama atau jenis produk).
  7. Jika memungkinkan, cara lain dengan menggunakan jasa pihak ketiga (marketing online) yang membantu anda mempromosikan produk atau situs. Anda dapat menggunakan jasa seo, jasa iklan google, atau jasa social media. Silakan ke menu tentang saya, ada beberapa bisnis yang tertera yang dapat membantu anda
  8. Sebaiknya lakukan kegiatan promosi yang sinergi. Memasang iklan berupa banner dengan link menuju situs anda pada website yang memiliki visitors tinggi memang efektif untuk kunjungan, tetapi “bencana” bagi penampakan situs di penelusuran google. Saran terbaik, teknik ini diarahkan ke halaman khusus pada situs anda (bukan homepage).
  9. Manfaatkan jaringan pertemanan dalam dunia nyata. Misalnya membuat program “member get member” diantara para sahabat. Berkorbanlah sedikit dana fee atau hadiah untuk mereka yang berhasil mengajak calon pembeli untuk bertransaksi.
  10. Bekerja sama dengan beberapa toko atau usaha yang berbeda tetapi memiliki market yang sama dengan bisnis yang anda kelola. Atau bisa juga dengan usaha yang memiliki market lebih luas. Contoh, bisnis TV Cable sering bekerjasama dengan Supermarket.
  11. Pahami bahwa metode promosi dapat berakibat terjadi transaksi saat itu juga atau bisa juga akan terjadi transaksi di masa depan. Jadi anda perlu melakukan kombinasi, jangan terpaku pada traksaksi jangka pendek saja. Apalagi jika produk yang anda jual bukan berupa kebutuhan primer dan memiliki harga yang cukup mahal.
  12. Pastikan mencatat pola promosi yang anda lakukan, dan lakukan rotasi pengulangan model beriklan. Jangan sampai anda membuat pemirsa iklan merasa bosan dengan iklan anda.

Tidak ada komentar: