Senin, 15 Desember 2014

Rahasia dibalik rahasia makna Akuntansi


Berdasarkan realita yang terjadi dewasa ini, makin banyak manusia pandai dalam bidang akuntansi namun mereka justru menjadi orang yang hancur karena ulah mereka sendiri yang menyalahgunakan kepandaiannya. Lain dari itu, ada tinjauan mendasar argumentasi perilaku mereka tersebut yakni belum adanya pemahaman mengenai makna akuntansi seutuhnya. Selama ini, yang dikedepankan hanyalah definisi akuntansi secara apa adanya yang diambil dari buku-buku teks belaka. Hasilnya pun mentah karena makna yang terkandung menjadi apa adanya bukan ada apanya. Sesungguhnya banyak makna tersirat dibalik makna akuntansi yang dapat diambil fungsi yang mendidik, baik secara harfiah maupun semantik.

Dalam bahasa yang antik dan unik, wawasan akuntansi memiliki pengertian sebagai suatu seni pencatatan maju masa depan. Jika kita bongkar per kata, maka kita hasilkan:
Seni = keindahan cipta, rafsa, dan karsa.
Pencatatan = Disiplin Perhatian
Maju = Konsisten Taat, Semangat Potensial
Masa depan  = Pemetik buah masa sekarang
                Sedangkan dalam bahasa karakter, kita temukan lautan makna dari akuntansi secara harfiah per suku kata. Yakni:
A = Agung (Besar). Seorang yang berhati besar dengan kata lain dingin kepala, lapang dada. Kuncinya ialah 3M : Mau, Mampu, dan Menyempatkan.
Kun = Kuncoro (Termahsyur). Seorang yang dikenal karena pribadi utama sebagai kebanggaan seluruh lapisan masyarakat atau dengan kata lain seorang mahal yang dipertimbangkan kawan maupun lawan. Kuncinya 3P : Perhatian, Pengambil hati, dan Penarik Orientasi.
Tan = Tanggung jawab. Seorang yang sanggup mikul duwur, mendem jero. Maksudnya dipercaya mampu menutup kekurangan orang tua, masyarakat sekitar, bangsa dan negara seraya menjunjung tinggi kelebihan mereka. Kuncinya 3…i : Ahli, Rendah hati, dan Berprestasi.
Si = Siap menjadi berlian masa depan. Seorang yang memiliki cita-cita tinggi dan mulia yakni menghancurkan langit kebodohan dan bukit ketertinggalan seraya memfokuskan pandangan dalam usaha menggapainya. Kuncinya 3…tas : Identitas, Moralitas, dan Kualitas.
                Demikian rumusan global yang saya tawarkan tuk direnungkan dan ditanamkan dalam hati setiap orang yang sedang menggeluti profesi, belajar maupun mengajar akuntansi. Semoga berguna meskipun keluar dari orang yang sangat hina ini. Akuntansi merupakan ilmu ruang samudera fungsi yang memberikan lautan makna bagi penikmatnya tuk menjadi orang yang sukses. Semoga kita termasuk orang didalamnya. Amin.  

Tidak ada komentar: