1. TIDAK “MENAMPAKKAN
DIRI”
Perlihatkan
pada dunia, siapa diri anda? Tidak menampakkan diri adalah hal yang sangat
tidak efektif yang harus di hindari. Menampakkan diri ini sangat penting
apalagi dalam dunia bisnis. Orang mengenal produk anda setelah mengenal anda.
Jadi, bila anda ingin dagangan anda laku. Maka perlihatkan diri anda.
Buktikanlah eksistensi anda dalam bidang yang ingin anda geluti. Bukannya sebaliknya.
Misalnya anda ingin menjadi penulis, maka langkah anda adalah menulis
sebanyak-banyaknya di blog, forum, facebook, hal itu akan membuat anda dikenal
sebagai penulis sehingga akan mendatangkan peluang besar bagi anda. Contoh lain
adalah jika anda adalah seorang pedagang bunga, namun, kerjaan anda hanya
sembunyi di balik pot bunga, bagaimana mungkin orang bisa melihat anda?
2. MENUNDA
PEKERJAAN
Menunda
pekerjaan jelas sangat tidak efektif. Ini akan membuang waktu anda saja. Anda
harus segera melakukan sesuatu dan segera bertindak. Pikirkan kalau anda
menunda pekerjaan maka anda akan kehilangan waktu. Pikirkan juga manfaat
–manfaat jika anda segera mengerjakan pekerjaan itu. Anda jelas telah
kehilangan waktu dari hasil menunda pekerjaan anda. Menunda pekerjaan juga
berarti anda memiliki sikap malas dalam memulai sesuatu. Sikap malas sangat
berbahaya dan tidak produktif.
3. ANDA
MELAKUKAN SESUATU YANG SEBETULNYA TIDAK PENTING
Banyak
sekali orang yang suka melakukan sesuatu yang tidak penting. Sebagai contoh
adalah melamun. Melamun adalah contoh hal yang tidak penting yang harus anda
hindari. Melamun beda dengan visualisasi atau membayangkan sesuatu hal positif.
Kalau melamun, kita biasanya memikirkan sesuatu yang tidak penting atau
memikirkan sesuatu yang tidak berakibat positif bagi anda. Hal tidak penting
lainnya adalah menonton TV secara berlebihan. Menonton TV boleh-boleh saja,
tetapi jika dilakukan secara berlebihan misalnya seharian penuh, maka anda
telah membuang waktu sia-sia. Sebagai contoh lagi adalah menggunakan facebook
secara berlebihan hanya untuk menulis status “galau”. Saat ini, banyak sekali
orang yang menggunakan facebook untuk berbisnis, jadi dari pada anda menulis
status galau di facebook alangkah baiknya anda menggunakan facebook untuk
berbisnis.
4.BERPIKIR
TERLALU LAMA
Terkadang
untuk memulai sesuatu kita terlalu banyak berpikir dulu baru mengerjakannya.
Segeralah lakukan, jangan terlalu banyak berpikir. Jika anda ingin memulai
sesuatu, maka ingatlah manfaat yang didapat dari apa yang ingin anda lakukan
tersebut. Dengan mengingat manfaat maka anda akan lebih cepat bertindak dari
pada berpikir terlalu lama. Anda juga perlu motivasi agar bertindak cepat, jadi
carilah motivasi yang cocok untuk anda. dengan motivasi yang tinggi, maka anda
akan lebih cepat bertindak, dan tidak perlu lagi terlalu banyak berpikir.
5 .MELIHAT
SISI NEGATIF DARI SETIAP HAL
Manusia
memang tidak ada yang sempurna. Terkadang kita menyalahkan orang lain dan
selalu melihat sisi negatif pada orang lain. Memandang orang lain dari sisi
negatif itu sebenarnya merugikan kita, bukan merugikan orang lain yang kita
pandang negatif . Jika orang lain itu memang salah. Maka sikap kita yang lebih
baik adalah membiarkannya saja. Pikirkan saja diri kita dan terus menerus
berpikir positif. Lebih baik anda memperbaiki diri sendiri daripada anda harus
memperbaiki orang lain. Tidak hanya kepada orang lain, tetapi juga pada apapun
yang terjadi pada kita.
6.KERAS
KEPALA PADA PENDIRIAN ANDA SENDIRI DAN MENOLAK PENDAPAT ORANG LAIN
Terkadang manusia
itu selalu mau menang sendiri. Padahal, tidak hanya dia yang punya pendapat,
orang lain juga punya hak memiliki pendapat dan ingin pendapatnya di dengar.
Keras kepala akan membuat anda lebih egois dan menolak pendapat orang lain,
sehingga akan membuat anda tidak pernah memperhatikan orang lain. Jadi, cobalah
untuk mengakui keberadaan orang lain dengan cara menerima pendapat orang lain.
Menerima pendapat orang lain bukan berarti anda setuju dengan pendapat orang
lain tersebut, hanya saja anda harus membiarkan orang lain berpendapat terlebih
dahulu.
7.
MEMBIARKAN INFORMASI MEMBANJIRI OTAK ANDA
Kebanyakan
informasi membuat otak anda kelebihan informasi sehingga menyebabkan stress.
Ini sama sekali kurang efektif dan harus anda hindari. Informasi yang berlebihan
membuat anda akan bingung harus memakai informasi mana terlebih dahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar